Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jogja Fashion Week 2024 Digelar 22-25 Agustus, Ada Karya Lebih dari 100 Desainer

Kompas.com - 02/05/2024, 23:02 WIB
Wijaya Kusuma,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 64 desainer pilihan se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan 48 desainer dari berbagai wilayah Indonesia bakal meramaikan Jogja Fashion Week (JFW) 2024.

Gelaran mode yang sudah digelar sejak 2006 ini akan kembali hadir pada 22-25 Agustus 2024 di Jogja Expo Center (JEC). 

"Pada 2024 ini merupakan penyelanggaraan yang ke-19," ujar Kepala Disperindag DIY Syam Arjayanti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (2/5/2024). 

Baca juga: 5 Tempat Belanja Batik di Yogyakarta, Murah dan Beragam 

Dalam rangkaian Jogja Fashion Week akan digelar peragaan busana, pameran, edukasi, lomba, dan Hiburan. Acara ini juga menjadi media komunikasi dan interaksi antara pelaku usaha dibidang fashion. 

Selaras dengan peta jalan Jogja Fashion Dunia tahun 2024 yaitu Conscious Fashion in Archipelago, tahun ini Jogja Fashion Week mengangkat tema Fusion Fashion.

Preview Jogja Fashion Week 2024 yang akan digelar pada 22-25 Agustus 2024.DOK JOGJA FASHION WEEK Preview Jogja Fashion Week 2024 yang akan digelar pada 22-25 Agustus 2024.

Tema ini mencoba menggambarkan konsep penyatuan atau perpaduan elemen-elemen yang berbeda dalam dunia fesyen. 

Mencerminkan ide bahwa fesyen tidak terbatas pada satu gaya atau satu budaya saja, tetapi merupakan kolaborasi berbagai inspirasi, tradisi, dan tren. 

"Makna dari Fusion Fashion ini dapat dijabarkan secara selaras dengan peta jalan Jogja Fashion Dunia sebagai perpaduan integrasi budaya, kreativitas tanpa batas, harmoni visual dan sentuhan modern," pungkasnya.

Baca juga: Aroma-aroma Unik yang Terinspirasi dari Kota Yogyakarta hingga Bali

Dikutip dari Tribun Jogja, jika sebelumnya Jogja Fashion Week berfokus pada batik, mulai 2023 gelaran ini lebih memadukan budaya dan kerajinan, serta menonjolkan fesyen yang siap pakai alias ready to wear.

“Tahun ini seleksi kami lebih ketat lagi. Tahun kemarin masih lokal, nah tahun ini sudah mulai merambah nasional. Kami menghadirkan desainer nasional. Kami undang buyer nasional juga. Dan harapannya ke depan bisa go international,” kata Syam.

@kompas.lifestyle Kamis (26/04/2024) kemarin, mimin berkesempatan datang untuk meliput karya dari berbagai desainer tanah air di acara Kelana Wastra Fashion Fest 2024. Penasaran gak sih gimana rasanya liputan fashion show, tonton video ini sampai habis ya! Kreatif : Via Furgativa Gumilar Produser : Nabilla Tashandra #fashionshow #wastrakelana #fashionindonesia ? love maybe nightcore - kpop speed up songs
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com