Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengukur Ukuran Celana: Panduan Langkah demi Langkah

Kompas.com - 31/05/2024, 18:19 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Salah satu hal yang paling memuaskan dalam fashion adalah mengenakan celana yang pas. Tidak ada rasa sempit di bagian pinggang, lekuk tubuh menempel dengan nyaman dan pas, dan panjangnya tepat di tempat yang seharusnya. 

Jika kamu mengetahui cara mengukur ukuran celana, kamu akan bisa mendapatkan ukuran celana yang pas setiap kali membeli celana baru. Itu berarti belanja lebih percaya diri, uang dihemat dalam jangka panjang, dan mendapatkan celana yang akan sering dipakai. 

“Jika jeans-mu pas, kamu akan merasa nyaman saat mengenakannya, dan hal ini meningkatkan peluang untuk memadupadankannya dengan pakaian berbeda,” tambah Lexy Silverstein, pakar fesyen yang berspesialisasi dalam belanja ramah lingkungan.  

Dia berkata, “Daripada membeli beberapa pasang pakaian untuk tampilan berbeda, satu pasang celana yang bagus dapat beradaptasi dengan berbagai gaya, sehingga mengurangi jumlah keseluruhan barang yang kita butuhkan. Pendekatan ini penting untuk beralih dari fast fashion menuju industri fashion yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.” 

Baca juga: 6 Cara Memilih Celana Jeans yang Pas, Jangan Asal Pilih Ukuran

Celana jeans perempuan merek Wrangler, rekomendasi celana jeans perempuanhttps://www.wrangler.com/ Celana jeans perempuan merek Wrangler, rekomendasi celana jeans perempuan

Cara mengukur celana: Langkah demi langkah 

Mempelajari cara mengukur ukuran celana cukup sederhana. Kamu hanya memerlukan beberapa item dan waktu sekitar 10 menit. 

Langkah 1: sediakan alat

Kita memerlukan barang-barang berikut untuk mengukur celana: 

  • Pita pengukur atau meteran
  • Kertas/pena atau ponsel untuk menuliskan pengukuran

Langkah 2: Ukur pinggang

“Ambil pita pengukur dan lingkarkan di pinggang tempat kamu biasanya mengenakan celana —tepat di atas tulang pinggul,” kata Silverstein. “Jaga agar ukurannya tetap pas tetapi tidak menekan.” 

Tuliskan hasil pengukuran di kertas atau ponsel. Aplikasi catatan di ponsel adalah tempat yang tepat karena kamu selalu membawa ponsel. Selembar kertas dan pena juga bisa digunakan.  

Langkah 3: Ukur pinggul   

Temukan bagian pinggul yang paling penuh dan lingkarkan pita pengukur. Pastikan pita sejajar lurus (bukan bergeser ke atas atau ke bawah) dan kencang. Cari ukuran yang tidak menekan, namun juga tidak kedodoran. 

“Sebaiknya ukur beberapa kali untuk memastikan keakuratannya,” saran Silverstein. Ulangi pengukuran masing-masing satu atau dua kali agar kamu lebih yakin dengan semua angkanya!

Langkah 4: Ukur inseam (Panjang Kaki)

Selanjutnya, ukur dari bagian paling atas salah satu kaki (tepat di bawah selangkangan) dan lurus ke bawah hingga ke bagian bawah pergelangan kaki. Silverstein mengatakan pengukuran ini mungkin perlu bantuan seorang teman. Sebagai alternatif, kamu dapat memanfaatkan celana lain yang pas untuk diukur bagian dalamnya.

Langkah 5: Gunakan ukuran ini saat memesan celana  

Gunakan pengukuran ini terutama saat berbelanja online. Bandingkan pengukuranmu dengan tabel ukuran yang disediakan oleh merek tempat kamu membeli. 

Jika size-mu berada di antara dua ukuran, Silverstein merekomendasikan untuk meihat bahannya. Jika bahannya elasti, ambil ukuran yang kecil agar “mempertahankan bentuk dan kesesuaiannya seiring waktu”. Namun jika bahannya kurang lunak, perbesar ukuran agar lebih nyaman dipakai dan memiliki fleksibilitas terhadap fluktuasi berat. 

Baca juga: Tips Mengetahui Ukuran Sepatu Sendiri dengan Tepat

Menyempurnakan ukuran: Menjahit & Trik 

Terkadang kita beruntung dan celananya pas tanpa perlu penyesuaian apa pun. Di lain waktu, sedikit penyesuaian dapat mengubah celana dari bagus menjadi luar biasa. 

“Menjahit adalah ketrampilan yang sangat berguna,” kata Silverstein. “Menyesuaikan ukuran dan mengubah ukuran celana agar pas sering kali dapat memberikan hasil yang lebih baik daripada sekadar memilih ukuran yang lebih kecil dan terlalu ketat. Penjahit yang baik dapat melakukan keajaiban, menyesuaikan pinggang, pinggul, atau panjangnya agar sesuai dengan tubuh dengan sempurna.” 

Dia menambahkan bahwa menjahit juga menjadi hal yang penting saat kita sedang berhemat dan menemukan celana bagus namun kurang pas. 

Kita dapat mengandalkan beberapa perbaikan cepat untuk mendapatkan ukuran yang lebih pas, seperti mengenakan ikat pinggang, menambahkan beberapa panel yang strategis, atau meregangkan celana yang terlalu kecil dengan memakainya dalam keadaan basah hingga kering.

Baca juga: Panduan Mengukur Lingkar Dada Sebelum Beli Bra

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com