Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

NBA Bebaskan Pemain Pilih Sepatu Paling Keren Saat Pertandingan

KOMPAS.com - NBA boleh dibilang kini menjelma menjadi pusat perhatian soal gaya busana. Beberapa pemain dari liga basket terbesar di dunia itu pun menjadi trendsetter, melahirkan beberapa koleksi ikonis yang digemari orang banyak.

Sebut saja Michael Jordan, Kobe Bryant, Russel Westbrook hingga James Harden. Para bintang NBA itu menjadi role model berbusana, bukan saja untuk penggemar, juga banyak orang lainnya.

Di sisi lain, sejak dulu NBA ketat soal busana, terutama sepatu yang dikenakan pemain di lapangan.

Jordan pernah mendapat sanksi --yang dendanya selalu dibayar Nike-- karena mengenakan sepatu di luar aturan, yakni Air Jordan, karena waktu itu hanya diperbolehkan hitam dan putih.

Setelah itu NBA mengubah aturan dengan memperbolehkan pemain menambah aksen kecil warna di sepatunya.

Pada tahun 2000-an NBA melunak dengan mengizinkan pemain menggunakan sepatu sesuai dengan warna tim. Namun itu tak membuat pemain patuh, karena Kyrie Irving pernah didenda oleh NBA setelah mengenakan sepatu yang tidak menjadi warna timnya pada tahun 2015.

Dilansir dari GQ, baru pada tahun ini Komisioner NBA Adam Silver, membuat aturan yang lebih longgar, di mana para pemain bebas mengenakan sepatu warna apa pun, sesuai dengan yang mereka pilih.

Aturan ini tak lepas dari fakta bahwa NBA kini dianggap sebagai liga olahraga paling bergaya di dunia.

Kehadiran acuan baru ini tentu dianggap positif bagi para stylist yang bekerjasama dengan para pemain. Mereka menganggap ini momen untuk mengembangkan tampilan para pemain di lapangan.

"Ini adalah saluran lain bagi pemain untuk mengekspresikan gaya pribadi mereka di lapangan dan menjadi berita utama yang beda, selain permainan," kata Calyann Barnett, yang bekerja dengan Dwyane Wade.

Beberapa stylist lain, seperti Barnett; Marcus Paul, yang bekerja dengan LeBron James dan Tristan Thompson, lalu ada Megan Ann Wilson, stylist pemain Detroit Piston Andre Drummond, setuju menganggap aturan ini akan membuka peluang bagi mereka untuk bekerja dengan pemain dalam merencanakan apa yang akan dikenakan selama pertandingan.

"Ini akan memungkinkan saya untuk membantu klien memilih sepatu mana yang akan dikenakan ke permainan," kata Paul.

Sementara itu Wilson mengungkapkan akan ada ragam sepatu, mulai dari terbaik hingga terburuk.

"Saya bisa membayangkan akan ada berapa banyak kreasi Off-White dan custom Supreme yang akan kita lihat."

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/08/31/141218420/nba-bebaskan-pemain-pilih-sepatu-paling-keren-saat-pertandingan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke