Salin Artikel

7 Kota di Indonesia dengan Perayaan Tahun Baru Paling Meriah

Selain bisa menyaksikan kemeriahannya, kita juga bisa merayakan tahun baru secara murah meriah di tempat tersebut.

Berikut lima kota di Indonesia dengan perayaan tahun baru paling meriah, dirangkum dari sejumlah blog marketplace, situs perjalanan, hingga situs reservasi penginapan:

1. Jakarta

Tak bisa dipungkiri bahwa ibukota bisa jadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan malam tahun baru. Artikel pada situs Panorama JTB, Airyrooms dan Bukalapak menempatkan Jakarta pada daftar kota dengan pesta tahun baru paling meriah.

Jika ingin merayakan tahun baru secara murah meriah, kamu bisa pergi ke Bundaran Hotel Indonesia dan menyaksikan detik-detik pergantian tahun di kelilingi gedung-gedung pencakar langit.

Kompleks Monumen Nasional, Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah juga seringkali menyelenggarakan pesta pergantian tahun yang meriah.

Jangan lupa untuk mengisi perut terlebih dahulu dan menyiapkan mental sebelum menghitung detik-detik pergantian tahun karena sejumlah titik di Jakarta biasanya akan dipadati banyak sekali pengunjung.

2.  Yogyakarta

Yogyakarta punya sejumlah titik perayaan tahun baru yang meriah. Sebuah artikel pada situs Traveloka menuliskan beberapa tempat di Yogyakarta yang selalu menggelar pesta kembang api meriah di malam tahun baru.

Beberapa di antaranya adalah Jalan Malioboro, Pantai Parangtritis, Alun-Alun Keraton, hingga Bukit Bintang Wonosari. Tak hanya menyaksikan pesta kembang api, pengunjung juga akan diberi suguhan pertunjukan musik dan hiburan lainnya.

Jika ingin suasana pergantian tahun yang lebih tenang dan kental akan unsur tradisional, kamu bisa menyaksikan pagelaran wayang kulit di depan Gedung DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta yang digelar semalaman suntuk.

Rasanya tidak mungkin jika tidak memasukkan Bali ke daftar kota dengan perayaan tahun baru paling meriah se-Indonesia. Bali punya banyak sekali titik wisata yang menyuguhkan acara meriah sepanjang tahun.

Pergilah ke Pantai Kuta, Legian, Seminyak, Nusa Dua, atau pantai lainnya yang selalu punya cara untuk menarik pengunjung dengan berbagai kemeriahannya. Jika ingin suasana yang lebih tenang dan romantis kamu bisa mengajak orang terkasih ke Jimbaran.

Sambil menikmati malam pergantian tahun, kamu juga bisa sekalian berlibur menikmati keindahan panorama Pulau Dewata yang memesona.

4.  Makassar

Bukanlah hal aneh jika Ibukota Sulawesi Selatan ini punya cara sendiri dalam merayakan malam pergantian tahun. Sebab warga Makassar dikenal sebagai warga yang gemar berpesta.

Perayaan pergantian tahun rutin digelar di kawasan Pantai Losari. Pengunjung bisa menikmati hidangan masakan laut sambil menyaksikan kemeriahan pesta kembang api di sana.

5. Medan

Lapangan Merdeka menjadi saksi rutin kemeriahan pesta tahun baru di Medan. Sebelum diwarnai pesta kembang api, kawasan tersebut akan memberikan beragam sajian hiburan untuk masyarakat. Seperti panggung yang diisi sejumlah hiburan musik dan bazar.

Traveloka juga menyebutkan kawasan Danau Toba sebagai salah satu titik perayaan tahun baru yang cukup meriah. Tak hanya menyaksikan kembang api yang bersahut-sahutan, pengunjung juga bisa menikmati keindahan pemandangan danau terbesar di Indonesia itu.

 6.  Bandung

Bandung menjadi salah satu kota yang juga paling banyak disasar para wisatawan, terutama dari sekitar Jakarta dan Jawa Barat. Ibukota Jawa Barat ini punya segudang tujuan wisata, mulai dari kuliner, alam, hingga wisata belanja.

Merayakan malam pergantian tahun baru bisa jadi opsi bagi kamu yang ingin mendapatkan liburan paket lengkap. Sambil menyaksikan kemeriahan malam pergantian di Alun-Alun Bandung atau Lapangan Tegalega kamu juga bisa menikmati jajanan yang memadati sekitar kawasan tersebut.

Jika ingin suasana berbeda, kamu bisa pergi ke kawasan Lembang yang menawarkan sejumlah tujuan wisata menarik atau pergi ke Bukit Bintang dan menyaksikan keindahan lampu-lampu kota dari ketinggian.

 7. Semarang

Pesta perayaan tahun baru termeriah di Semarang biasanya selalu terpusat di kawasan Simpang Lima. Situs Airyrooms menuliskan, kawasan tersebut akan ditutup mulai Pukul 19.00 di malam tahun baru oleh Pemerintah Kota untuk mempersiapkan perayaan megah bagi warga Semarang.

Persiapan pesta kembang api juga akan dibantu oleh hotel-hotel di kawasan terebut yang pastinya sangat meriah.

Selain Simpang Lima, ada beberapa opsi tempat perayaan malam tahun baru di Semarang, seperti Pantai Marina, PRPP, Tugu Muda, Tititk Nol KM, hingga Taman Tabanas Gombel.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/12/26/164000520/7-kota-di-indonesia-dengan-perayaan-tahun-baru-paling-meriah

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.