Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menyiapkan Diri agar Bugar di Masa Tua

Oleh karena itu, banyak orang menganggap masa tua adalah hal mengerikan. Padahal, dengan kombinasi yang baik antara olahraga, diet bahkan cara berpikir, melewati masa tua dengan tubuh bugar dan bahagia bukan hal mustahil.

Bertambahnya usia memang mempengaruhi hampir setiap bagian dalam tubuh, termasuk rambut, kulit, jantung, otot dan masih banyak lagi.

Namun, memiliki gaya hidup yang baik mampu menghambat dan menangkal efek negatif dari penuaan tersebut. Berikut tujuh kebiasaan demi masa tua yang lebih baik.

1. Biasakan bersikap positif

Pikiran sangat menentukan diri kita, termasuk tentang penuaan yang terjadi dalam diri kita.

Menurut sebuah studi, orang lanjut usia yang menganggap usia tua sebagai sarana untuk menambah kebijaksanaan dan kepuasan hidup, lebih mungkin memiliki masa tua yang sehat dan bugar daripada mereka yang berpikir negatif tentang masa tua.

2. Perhatikan pola makan

Nutrisi memainkan peran utama bagaimana tubuh kita menua nantinya. Menurut Dr Jeffrey Benabio, riset terbaru menunjukan, diet rendah glikemik (mengurangi karbohidrat dan sumber gula lain) dengan memperbanyak sayur, biji-bijian dan protein tanpa lemak adalah cara paling sehat untuk menjaga pola makan.

Salah satu contoh yang bagus adalah diet Mediterania, yang menerapkan pola makan kaya akan nabati, biji-bijian, dan konsumsi anggur merah dalam jumlah sedang.

Pola makan ini juga mencakup konsumsi ikan dua kali seminggu dan mengurangi garam. Diet ini dapat membantu kita menua lebih baik dengan menangkal serangan jantung, stroke, dan kematian dini.

"Sebaliknya, makanan kaya gula dan karbohudrat serta lemak — seperti, keripik, soda, dan roti tawar — dapat mempercepat proses penuaan," kata Benabio.

3. Perhatikan porsi makanan

Menurut National Institute on Aging, makan berlebihan dapat menyebabkan tingginya risiko kematian dini, penyakit kardiovaskular, dan diabetes tipe 2.

4. Olahraga teratur

Menjaga tubuh tetap aktif adalah hal penting untuk menjadi tua dengan baik. Menurut Fabio Comana, dosen di the National Academy of Sports Medicine, rata-rata wanita dapat kehilangan 23 persen massa otot saat berusia 30 hingga 70.

"Kita kehilangan otot lebih cepat seiring bertambahnya usia, tetapi olahraga — khususnya latihan ketahanan — dapat meningkatkan massa dan kekuatan, bahkan hingga usia 90-an," kata Comana.

Menjaga kebugaran tubuh juga dapat mengurangi hilangnya memori yang berkaitan dengan usia.

Oleh karena itu, ia menyarankan untuk meningkatkan aktivitas fisik demi menurunkan risiko alzheimer atau demensia hingga 25 persen, karena olahraga memperkuat hippocampus, wilayah otak yang terkait dengan pengetahuan.

5. Tetap bersosialisasi

Teman dan kerabat yang suportif dapat membantu kita hidup lebih lama. Menurut riset dalam jurnal PLoS Medicine, memiliki ikatan sosial yang kuat terbukti menambah peluang untuk hidup lebih lama daripada mereka yang memiliki hubungan yang buruk.

6. Lindungi kulit dari sinar matahari

Kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari akan mudah keriput dan berisiko tinggi terkena kanker. Oleh karena itu, pakailah tabir surya untuk membantu mencegah penuaan kulit.

Sinar UV memang memicu produksi vitamin D, yang sangat penting untuk kesehatan tulang. Namun, terlalu sering berada di bawah sinar matahari juga berefek negatif.

"Faktanya, setelah beberapa menit berjemur, kulit berhenti memproduksi vitamin D dan mulai menumbuhkan sel kanker," kata Benabio.

7. Tidur yang cukup

Durasi tidur yang baik adalah tujuh hingga sembilan jam semalam. Kurang tidur bisa meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

Apalagi, tidur siang dapat meningkatkan memori dan bahkan membantu mengatasi efek tidur malam yang kurang.

Menurut Benabio, tidur nyenyak membuat tubuh melepaskan hormon pertumbuhan yang membantu memulihkan kolagen dan elastin, yang membantu menjaga keshetaan kulit dan membuat kulit awet muda.

Di sisi lain kurang tidur berdampak buruk pada fungsi otak dan mempercepat proses penuaan.

"Banyak orang yangmenganggap tidur sebagai suatu kemewahan bukan kebutuhan. Jika saya bisa mendorong orang melakukan satu perubahan sehat tahun ini, saya menyarankan mereka agar lebih banyak tidur," kata Benabio.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/03/18/104000520/menyiapkan-diri-agar-bugar-di-masa-tua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke