Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Samakah Efek Berbagi Sikat Gigi dengan Berciuman?

Pasalnya, banyak orang beranggapan bahwa sikat gigi adalah barang yang sangat pribadi dan tidak seharusnya berbagi dengan orang lain.

Tapi, sebagian orang lainnya ada juga yang terlalu baik, sehingga mengizinkan sikat gigi miliknya dipakai orang lain.

Sikat gigi membantu membersihkan mulut, menghilangkan plak, karang gigi, dan sisa makanan dari gigi, gusi, dan lidah.

Tetapi, karena ini untuk kebersihan mulut, apakah benar berbagi sikat gigi adalah ide yang buruk?

Memang terdengar menjijikan, tapi jawabannya bisa iya atau tidak. Pertama, alasan mengapa kamu tidak harus melakukannya dan selalu menyimpannya untukmu sendiri.

John Grbic, seorang profesor kedokteran gigi di Universitas Columbia mengatakan, setelah membersihkan gigi, sikat gigi yang dipakai mungkin mengandung 100 juta bakteri. Dan tentu saja, memakai sikat gigi seseorang berisiko menyebarkan plak atau bakteri dari penyakit periodontal.

"Ketika kamu menyikat gigi, sebenarnya kamu mengganggu bakteri di mulut," kata Grbic.

Namun Grbic mencatat, ada kemungkinan kecil bahwa memakai sikat gigi orang lain bisa membuatmu sakit.

Dia mengatakan, penyakit periodontal, seperti gingivitis dapat ditularkan, meski penularan jarang terjadi melalui sikat gigi yang dipakai bergantian.

"Bakteri dari orang lain mungkin berjuang di lingkungan baru di dalam mulutmu. Inilah yang kemudian dapat mencegah mereka menyebar dan kemudian menyebabkan bakteri itu mati," jelasnya.

Meski demikian, masih ada kemungkinan tertular penyakit tertentu. Grbic mengatakan, infeksi virus, seperti herpes dapat berpindah dari satu mulut ke mulut lainnya dengan berbagi satu sikat gigi.

Perbedaan ciuman dan berbagi sikat gigi

Saat kamu berbagi sikat gigi, kamu bertukar air liur dengan cara yang sama saat kamu berciuman. Tetapi, bermesraan memengaruhi tubuh secara berbeda.

Satu studi menunjukkan, bahwa berciuman dapat membantu meningkatkan gairah seks wanita. Ini bekerja ketika pria melepaskan testosteron melalui air liur mereka pada wanita.

"Ada bukti bahwa air liur mengandung testosteron di dalamnya," kata Helen Fisher, seorang antropolog dan salah satu peneliti.

"Dan ada bukti bahwa pria menyukai ciuman dengan mulut lebih terbuka. Itu menunjukkan, bahwa mereka secara tidak sadar mencoba untuk mentransfer testosteron untuk membangkitkan gairah seksual pada wanita," lanjutnya.

Cara berbagi sikat gigi dengan aman

Ya, kamu bisa berbagi sikat gigi. Tetapi, menurut Grbic, hal itu harus dilakukan dengan benar.

Dia mengatakan, membersihkannya terlebih dulu akan membantu mengurangi kemungkinan mendapatkan bakteri asing. Kamu juga dapat menggunakan obat kumur untuk membersihkan selama 15 hingga 30 detik sebelum sikat gigi digunakan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/08/11/131500520/samakah-efek-berbagi-sikat-gigi-dengan-berciuman-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke