Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Punya Saudara Perempuan Bisa Membuat Kita Jadi Sosok yang Lebih Baik

Para peneliti dari Universitas Brigham Young menemukan, bahwa memiliki saudara perempuan meningkatkan kesehatan mental dan rasa percaya diri, dan bahwa orang-orang dengan saudara perempuan menemukan diri mereka berusaha untuk melindungi saudara perempuannya dari rasa kesepian, tidak dicintai, bersalah, dan takut.

Dan tentu saja, berusaha keras untuk melindungi seseorang dari perasaan semacam itu membuat kamu menjadi orang yang lebih peduli dan berempati.

“Apa yang kita ketahui menunjukkan, bahwa saudara perempuan berperan dalam memajukan kesehatan mental yang positif,” kata asisten profesor Alex Jensen dari Universitas Brigham Young, yang telah menulis beberapa studi tentang hubungan saudara.

"Di kemudian hari mereka sering melakukan lebih banyak hal untuk menjaga keluarga tetap terhubung satu sama lain setelah orangtua mereka meninggal dunia," lanjutnya.

Dan jangan khawatir, bahkan jika kamu bertengkar dengan saudara perempuanmu - ini juga baik untuk kalian berdua.

"Mereka membantumu mengembangkan keterampilan sosial, seperti komunikasi, kompromi dan negosiasi, bahkan konflik saudara kandung, jika kecil, baik untuk perkembangan kesehatan."

Bukan hanya perempuan, saudara laki-laki juga mendapat keuntungan dari saudara perempuan.

Bahkan, penelitian telah menemukan bahwa saudara laki-laki yang tumbuh dengan saudara perempuan lebih baik dalam berkomunikasi dengan perempuan, daripada mereka yang menjadi anak tunggal atau hanya memiliki saudara laki-laki.

"Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa memiliki saudara kandung yang berbeda jenis kelamin ada manfaat nyata dalam masa remaja," kata Jensen.

"Banyak pasangan saudara kandung menjadi lebih dekat selama masa remaja, karena mereka menjadi sumber informasi yang baik tentang lawan jenis," pungkasnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/09/03/072507120/punya-saudara-perempuan-bisa-membuat-kita-jadi-sosok-yang-lebih-baik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke