Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

16 Sumber Protein untuk Mereka yang Menjalani Diet Vegetarian

KOMPAS.com - Menjaga kesehatan merupakan investasi untuk masa depan yang perlu dilakukan sejak dini. Cara menjaga kesehatan agar tetap prima dapat dilakukan dengan menerapkan pola makan yang sehat.

Salah satu pola makan sehat yang bisa dilakukan adalah diet vegetarian atau diet vegan. Namun mereka yang menjalaninya mungkin mengalami kesulitan dalam mencari sumber protein selain daging dan produk susu yang bisa dikonsumsi.

Bagi kamu yang sedang menjalani diet vegetarian tidak perlu pusing karena sebenarnya sumber protein yang non-hewani bisa didapatkan dengan mudah dan tersedia di mana saja.

Sumber protein bagi orang yang menjalani diet vegetarian tidak hanya tahu dan tempe, tetapi ada berbagai macam. Penasaran dengan sumber protein lainnya? Ketahui daftarnya di bawah ini!

Brokoli

Tidak hanya menjadi sumber protein, brokoli dapat menjadi salah satu menu makanan yang rendah kalori serta tinggi antioksidan untuk menyokong pola makan sehat.

Mengonsumsi brokoli mampu menjaga kesehatan dengan menurunkan kolesterol dan membantu kinerja ginjal untuk mendetoksifikasi racun dalam tubuh.

Bayam

Seitan

Seitan terbuat dari gluten yang berasal dari gandum dan dapat dicampur ataupun dikonsumsi sebagai hidangan utama.

Namun, bagi yang memiliki penyakit celiac, alergi gluten, ataupun menderita intoleransi gluten, sebaiknya memilih sumber protein lainnya, karena seitan berbahan dasar gluten.

Produk berbahan dasar kacang kedelai

Tahu maupun tempe dapat dicampurkan ke dalam berbagai masakan atau bisa dijadikan hidangan utama untuk dikonsumsi.

Bila kamu sedang menjaga kesehatan dengan mengurangi konsumsi gula, maka pilihlah susu kedelai yang tidak diberikan tambahan gula.

Kentang

Biji chia (chia seed)

Khasiat biji chia tidak hanya terletak pada kandungan protein, tetapi juga pada kandungan asam amino omega-3 dan serat yang berperan dalam menjaga kesehatan.

Kacang-kacangan

Selain menjadi sumber protein, kacang-kacangan dapat menjadi sumber lemak dan serat bagi tubuh.

Kacang-kacangan yang bisa dimasukkan ke dalam pola makan sehat diet vegetarian adalah kacang tanah, kacang almond, dan sebagainya.

Asparagus

Tidak hanya sebagai sumber protein, asparagus dapat menjadi makanan prebiotik yang berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Jamur

Jamur biasanya digunakan sebagai pengganti daging karena memiliki rasa dan tekstur yang serupa dengan daging.

Akan tetapi, bila dibandingkan dengan sumber protein pengganti daging lainnya, kandungan protein dalam jamur tergolong rendah.

Quinoa

Sawi hijau

Bok choy

Bok choy merupakan salah satu sayuran yang tinggi antioksidan, terutama pada daun bagian luarnya. Kita bisa mencoba menumis, merebus, atau menambah jumlah bok choy yang dicampur bersama makanan lainnya.

Kembang kol

Spirulina

Spirulina terbuat dari ganggang laut yang berwarna biru kehijauan serta dianggap sebagai salah satu makanan superfood yang sangat bernutrisi.

Spirulina tidak hanya bernutrisi tetapi bisa menjadi sumber protein tambahan untuk orang-orang yang mengikuti diet vegetarian. Kita bisa menjumpai spirulina dalam bentuk bubuk maupun dalam bentuk tablet atau pil sebagai suplemen.

Kacang polong

Hal yang lebih mengejutkan lagi, satu cangkir kacang polong (250 ml) memiliki 9 gram protein yang sedikit lebih banyak dari secangkir susu.

Oat

Meskipun oat tidak memiliki kandungan protein yang lengkap tetapi oat memiliki kandungan protein yang berkualitas.

Jadi tidak perlu pusing ataupun bosan karena mengonsumsi tahu atau tempe setiap hari, di atas adalah pilihan-pilihan sumber protein lain yang bisa mendukung diet vegetarian atau diet vegan.

Selalu semangat dalam menjaga kesehatan dan jangan bosan untuk menerapkan pola makan sehat! Selamat mencoba!

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/09/05/112031820/16-sumber-protein-untuk-mereka-yang-menjalani-diet-vegetarian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke