Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Awas, 7 Makanan Ini Bisa Menurunkan Gairah Seks Pria

Oleh karena itu, jika ada masalah pada libido, penting untuk melihat apa saja menu yang disantap.

Kepada Livestrong, pakar kesehatan dan dokter Tasneem Bhatia mengungkapkan, kehilangan libido dapat terkait beberapa hal.

Mulai dari defisiensi vitamin B, memengaruhi energi; defisiensi seng, memengaruhi testosteron; hingga defisiensi asam lemak, memengaruhi produksi hormon secara umum.

Karena itu, vitamin berperan penting agar aliran darah dan fungsi organ lebih baik. Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran dengan vitamin A, E dan asam lemak omega-3--seperti stroberi organik, alpukat dan ubi jalar--dapat membantu menjaga libido yang sehat.

Sayangnya, ada makanan tertentu yang bisa memiliki efek sebaliknya.

Berikut tujuh makanan yang membunuh gairah seks pria.

1. Susu

Apakah kamu termasuk laktosa intoleran? Penting untuk diketahui, memiliki kondisi perut kembung dan berisi gas dapat mengurangi gairah seks siapa pun.

Menurut Tas, banyak pria tidak menyadari mereka tidak intoleran terhadap susu, sehingga terus mengonsumsi yang mana berdampak negatif pada dorongan seksual.

"Membatasi produk susu dapat membantu mencegah gejala-gejala mematikan gairah seks," katanya.

Susu, es krim, dan keju semuanya termasuk dalam kategori ini.

Nah, kalau berpikir mengalami intoleransi laktosa, kamu bisa mencoba beberapa alternatif non-susu untuk melihat apakah efek sampingnya bertahan.

2. Alkohol

"Berlebihan mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan disfungsi ereksi, sehingga membuat gairah seks menurun," kata Tas.

Perlu diingat bahwa, menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS, minum alkohol moderat adalah satu gelas sehari untuk perempuan, dan dua gelas sehari untuk pria.

Tapi, lebih dianjurkan untuk tidak minum alkohol agar tetap sehat!

3. Microwave Popcorn

Memang, godaan menyantap microwave popcorn sebagai camilan menonton televisi kala malam atau akhir pekan cukup lah besar.

Sayangnya, microwave popcorn asin itu dapat memiliki dampak negatif pada kehidupan seks pria.

"Kita semua suka popcorn, tetapi lapisan dalam berbagai jenis microwave popcorn mengandung asam perfluorooctanoic, pengganggu endokrin, dan dapat menurunkan kadar testosteron," kata Tas.

Selain meredam gairah seks, bahan kimia ini juga memengaruhi perempuan. Ada penelitian menunjukkan, asam perfluorooctanoic dapat berdampak negatif terhadap kesuburan perempuan.

4. Stroberi

Menurut list terbaru Dirty Dozen dari Kelompok Kerja Lingkungan tentang buah-buahan dan sayuran yang paling banyak mengandung pestisida, stroberi berada di posisi tertinggi.

Selain risiko kesehatan seperti cacat lahir, parkinson dan kanker--mengonsumsi bahan kimia potensial dalam varietas konvensional dapat berdampak negatif pada kehidupan seks.

"Ingatlah untuk membeli (buah dan sayuran) organik," kata Tas.

"Pestisida ini adalah pengganggu endokrin yang meningkatkan estrogen, menurunkan testosteron."

5. Mint

Mengonsumsi mint dapat menenangkan perut dan meringankan mulas, membantu meningkatkan fokus dan membantu dengan batuk, kemacetan dan bahkan bau mulut.

Di sisi lain, mengonsumsi mint juga bisa berdampak pada kehidupan seks.

"Mentol dalam mint dapat menurunkan testosteron," kata Tas.

Oleh karena itu, teh spearmint sebenarnya direkomendasikan bagi perempuan untuk menurunkan kadar testosteron yang tinggi, terutama jika perlu meningkatkan produksi insulin atau memiliki kondisi yang disebut sindrom ovarium polikistik (PCOS).

6. Udang

Udang tergolong rendah kalori, tinggi protein, rendah merkuri dan menawarkan banyak vitamin dan mineral.

Namun, udang bukan makanan terbaik untuk kehidupan seks.

Tas menjelaskan, udang disemprot dengan 4-hexylresorcinol--bahan kimia yang membantu menjaga warna--yang dapat meningkatkan estrogen dan menurunkan testosteron.

Menurut studi tahun 2015, hampir 20 persen udang beku (baik mentah dan dimasak) diuji positif mengandung beberapa bakteri, termasuk vibrio dan E. coli, yang dapat menyebabkan keracunan makanan dan gejala diare serta dehidrasi.

Udang mentah disebut 60 persen mengandung satu dari empat jenis bakteri.

Nah, gejala keracunan makanan tidak akan membuat kamu ingin berhubungan seks.

7. Flaxseed

Selama lebih dari 5.000 tahun, biji rami telah digunakan untuk manfaat penyembuhan dan kesehatan.

Flaxseed memiliki banyak kandungan baik, mulai dari sumber asam omega-3 asam lemak esensial alfa-linolenat, tetapi juga sumber phytochemical yang disebut lignan dan tinggi serat makanan, magnesium, potasium, mangan dan mineral fosfor, besi dan tembaga.

Namun, pria mungkin berpikir dua kali sebelum menaburkannya pada semua yang mereka makan.

"Biji rami bubuk mengandung lignin dan serat, yang membantu memetabolisme estrogen, tetapi mungkin dalam jumlah besar menurunkan testosteron," katanya.

Dia menyarankan untuk membatasi konsumsi hanya satu hingga dua sendok teh beberapa kali per pekan, untuk mendapatkan manfaat serat serta membantu mencegah risiko penyakit jantung tetapi tetap menghindari efek samping penurun testosteron.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/09/06/190300820/awas-7-makanan-ini-bisa-menurunkan-gairah-seks-pria

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke