Salin Artikel

7 Kesalahan Umum ketika Mendekorasi Kamar Mandi

KOMPAS.com - Kamar mandi menjadi salah satu ruangan di rumah yang paling sering kita kunjungi. Maka, penting untuk menjaganya tetap nyaman dan enak dipandang. Namun, karena luas ruangannya terbatas, mendekorasi kamar mandi memerlukan kecerdikan.

Ada beberapa kesalahan umum yang dilakukan dalam menata kamar mandinya, apa saja kesalahan tersebut?

1. Tidak memiliki tempat penyimpanan yang layak

Ketersediaan tempat penyimpanan juga memengaruhi estetika di kamar mandi. Sebab kamar mandi dengan peralatan yang berantakan akan berkurang nilai estetikanya.

Vice president of design di KB Home, Gena Kirk, mengatakan kepada Insider bahwa untuk menciptakan ruangan yang cantik dan fungsional, kita bisa menggunakan tempat penyimpanan obat yang menggabungkan pencahayaan, sumber listrik dan cermin terpadu. Dibutuhkan pula tempat penyimpanan tambahan di dekat wastafel atau toilet.

2. Tidak memiliki cukup cahaya

Pencahayaan yang baik adalah hal wajib ada di rumah kita, terutama kamar mandi. Menurut Kirk, salah satu alasannya adalah karena di kamar mandi kita banyak melakukan hal-hal yang dilakukan dari jarak dekat. Misalnya, menyikat gigi dan mengaplikasikan sesuatu.

Menurutnya, setidaknya kita memiliki tiga sumber pencahayaan di kamar mandi, yakni dari atas kepala, dari jarak dekat dan lampu yang bisa disesuaikan untuk aktivitas tertentu.

Kamu mungkin juga membutuhkan sumber pencahayaan tambahan di sudut-sudut yang gelap, misalnya di bawah pancuran air.

3. Tidak memerhatikan ukuran dengan detail

Menurut founder dan principal Jessica Lagrange Interiors, Jessica Lagrange, toilet yang terlalu rendah atau bak yang terlalu tinggi adalah contoh beberapa detail kesalahan yang bisa menimbulkan masalah di kemudian hari.

"Hal ini bisa merugikan tidak hanya anggota keluarga atau tamu yang lebih tua, tetapi juga siapapun yang tidak berhati-hati ketika menggunakan kamar mandi," ujar Lagrange.

Menurutnya, penting untuk memiliki kamar mandi yang aman dan berkelangsungan. Sebab, renovasi besar-besaran membutuhkan uang yang tidak sedikit. Jadi, ketika merancang kamar mandi, pastikan kamu menentukan pengukuran dengan detail untuk setiap bagian di kamar mandi.

4. Meletakan cermin terlalu rendah

Banyak orang menghabiskan waktu melakukan banyak hal sambil bercermin di kamar mandi. Aktivitas ini tentunya membutuhkan peletakan dan ukuran cermin yang tepat.

Hindari meletakan cermin pada posisi yang terlalu rendah karena akan membuat ruangan tampak lebih kecil.

"Lebih baik meletakannya bergantung dari langit-langit atau didudukkan di atas meja untuk ruang yang tampak lebih luas," ujar principal designer dari Ami Austin Interiors, Ami Austin.

5. Tirai yang tidak sesuai

Jika kamar mandimu memiliki ruang pancuran atau bak mandi yang dibatasi dengan sebuah tirai, pastikan kamu memilih tirai yang tepat.

Sebab, menurut Austin, tirai yang terlalu pendek atau terlalu panjang akan mengganggu keseluruhan desain ruangan.

Lebih baik kamu menggantung tirai pada posisi yang tinggi untuk menambah kedalaman pada sebuah ruangan, yang mana bisa menjadi ide bijak jika memiliki tirai yang terlalu panjang.

6. Lantai terlalu licin

Kamar mandi mudah berada pada kondisi basah dan licin. Principal designer dari Gail Barley Interiors mengatakan, kondisi tersebut bisa berbahaya.

Oleh karena itu, pilihlah lantai dengan permukaan yang lebih kasar atau memiliki matte finish agar tidak licin.

Jika sudah memiliki lantai yang licin, kamu bisa melapisinya dengan karpet kamar mandi yang bisa dicuci. Agar karpet tidak bergerak-gerak, kamu juga bisa menambahkan plester karpet.

7. Kurang cermat memadukan warna

Kamu mungkin ingin memberikan sentuhan keceriaan di kamar mandimu dengan menggunakan banyak warna di dinding dan perabotannya.

Namun, akan lebih baik jika kamu memberi sentuhan warna lewat barang seni yang dipajang di kamar mandi alih-alih menggunakan ubin, bak atau wastafel dengan warna-warna mencolok.

"Bak mandi yang telalu berwarna-warni akan tampak sibuk dan kurang menarik, kecuali kamu mendekorasi bak mandi anak," kata Austin.

Lebih baik kamu memilih warna netral untuk kamar mandimu. Tambahkan sentuhan hiasan atau barang seni dengan warna-warna yang lebih mencolok untuk menyempurnakan kamar mandimu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/01/06/200000820/7-kesalahan-umum-ketika-mendekorasi-kamar-mandi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.