Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Hanya Jeruk, Ini 7 Buah dan Sayur Tinggi Vitamin C

KOMPAS.com - Vitamin C adalah unsur penting yang harus dimasukkan dalam pola makan harian kita.

Konsumsi sumber makanan kaya Vitamin C membantu meningkatkan daya tahan tubuh, yang diperlukan tubuh untuk melawan penyakit.

Tak hanya itu, Vitamin C juga baik bagi kulit. Menambah asupan makanan tinggi Vitamin C atau menggunakannya secara topikal dapat membantu memerangi masalah kulit dan memiliki kulit yang tampak lebih muda.

Vitamin C kaya akan antioksidan dan bisa membantu mengurangi risiko penyakit kronis, termasuk penyakit jantung.

Ketika menyebut Vitamin C, banyak orang langsung mengacu pada buah jeruk. Buah-buahan sitrus, seperti jeruk, memang merupakan salah satu sumber terbaik Vitamim C.

Namun,selain jeruk, ada sejumlah buah dan sayur tinggi Vitamin C yang juga bisa kamu konsumsi sehari-hari.

1. Lemon

Lemon termasuk jenis buah sitrus lainnya, selain jeruk. Meski rasanya cenderung asam, namun rasa asam-segar ini memiliki cukup banyak peminat.

Lemon banyak digunakan sebagai tambahan makanan maupun dikonsumsi sebagai minuman. Rasa segarnya juga cocok untuk menjaga kesehatan mental.

2. Kiwi

Buah dengan warna hijau cerah ini memiliki banyak manfaat. Selain Vitamin C, kiwi juga tinggi Vitamin K dan E.

Adapun Vitamin K dapat membantu proses pembekuan darah dan Vitamin E berfungsi untuk memelihara kesehatan kulit, kesehatan mata, menjaga keseinbangan hormon, dan lainnya.

3. Pepaya

Buah yang mudah kita temukan di banyak tempat ini tak hanya baik untuk kulit, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan lain.

Pepaya kaya akan Vitamin C dan juga serat yang dapat membantu memperlancar pencernaan.

5. Brokoli

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran paling sehat yang perlu kamu konsumsi sehari-hari. Tidak hanya kaya akan Vitamin C, sayur yang lezat jika diolah ini juga tinggi Vitamin K, potasium dan serat.


6. Jambu biji

Jambu biji juga mengandung Vitamin C yang tinggi dan baik jika dikonsumsi sehari-hari. Buah ini bagus untuk menjaga level gula darah, kesehatan jantung, kesehatan kulit, pencernaan, hingga menjaga berat badan ideal.

7. Tomat

Jika ingin dikonsumsi langsung dan tetap enak, kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus. Tomat juga mengandung banyak manfaat kesehatan, seperti Vitamin C, antioksidan dan lainnya.

Minum jus tomat dapat membantu memperlancar pencernaan, kesehatan mata, menurunkan kolesterol, dan membantu detoksifikasi.

Namun, ingatlah bahwa untuk tujuan kesehatan khusus kamu juga perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan akurat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/31/091924420/tak-hanya-jeruk-ini-7-buah-dan-sayur-tinggi-vitamin-c

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke