Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dr Martens Kolaborasi Lagi dengan Sex Pistols

KOMPAS.com - Tahukah kamu, apa hubungan Sex Pistols dengan Dr Martens? Ya, Sex Pistols adalah nama yang tidak asing di kancah musik punk. Band ini dikenal dengan lagu-lagunya yang menyuarakan anti kemapanan dan pemberontakan.

Selain merupakan salah satu genre bermusik, punk juga melahirkan sebuah subkultur yang populer sejak tahun 1970-an.

Uniknya, para pengikut budaya punk ini memiliki dandanan dan gaya busana yang mudah dikenali, yakni rambut mohawk, jeans, jaket kulit, hingga sepatu boots.

Nah, Dr Martens adalah brand sepatu boots yang paling lekat diasosiasikan dengan gaya punk tersebut. Tidak heran karena baik kultur punk maupun Dr Martens, sama-sama lahir di Inggris.

Kebetulan punk adalah gerakan yang diawali oleh anak-anak kelas pekerja, sementara Dr Martens pada awalnya merupakan sepatu yang dipakai para pekerja karena kenyamanan dan kekuatannya.

Jadilah keduanya terkait erat, Dr Martens pun menjadi sepatu wajib saat mereka mendengarkan musik punk di konser-konser Sex Pistols.

Rilis ini menjadi kelanjutan kolaborasi sebelumnya yang dilakukan Januari tahun lalu lewat boots bergambar personel Sex Pistols.

Adapun, pada tahun 1976, band punk itu tampil di acara Bill Grundy. Acara tersebut menjadi kontroversial karena kalimat makian dan lirik Sex Pistols membuat warga Inggris kaget. Koran-koran pun segera memberitakan insiden itu besar-besaran.

Sedangkan boots 1460 diberi tulisan “GOD SAVE THE QUEEN” di bagian depan sepatu, dan tulisan “Anarchy” di ujung tali sepatu dan bagian belakang sepatu sebelah kanan.

Berbeda dari sepatu Dr Martens umumnya, seri ini menggunakan benang jahit berwarna putih yang terlihat apik dengan paduan kulit hitam.

Dr Martens X Sex Pistols dijual dengan harga Rp 3.799.000 untuk yang boots seri 1460, dan Rp 2.799.000 untuk seri 1461 warna putih. 

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/14/141702620/dr-martens-kolaborasi-lagi-dengan-sex-pistols

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke