Salin Artikel

Penyebab Kulit Tangan Mengelupas dan Kering

KOMPAS.com - Jika kulit tangan terasa kering, bisa saja hal tersebut terjadi karena terlalu sering mencuci tangan. Namun, bagaimana halnya dengan kulit tangan yang sampai mengelupas?

Dilansir dari Mayo Clinic, banyak kondisi, kelainan atau penyakit yang bisa menyebabkan kulit mengelupas. Penyebabnya juga bisa berbeda-beda setiap orang. Namun, hal utama yang harus diperhatikan adalah menjaga kelembapan kulit tangan.

“Sebelum tidur di malam hari, oleskan krim tangan yang lembut dan tidak beraroma, kemudian gunakan sarung tangan berbahan katun. Tujuannya untuk menghidrasi kulit tangan secara mendalam,” ungkap Dr. Anjali Mahto, dokter kulit di Cadogan Clinic.

Ada beberapa penyebab kulit tangan mengelupas, di antaranya adalah:

1. Terbakar sinar matahari
Selain wajah, ternyata kulit tangan juga bisa terbakar sinar matahari atau sunburn. Biasanya, ketika tangan mengalami sunburn, maka akan diikuti pada beberapa bagian tubuh lainnya, seperti bahu. Gejala yang terlihat ketika kulit sunburn adalah memerah, terasa panas ketika disentuh, dan kulit tangan mengelupas.

American Academy of Dermatology merekomendasikan beberapa cara untuk mengatasi kulit yang alami sunburn, yaitu:
• Segera mandi dengan air dingin, lalu oleskan pelembap yang mengandung lidah buaya atau kedelai untuk membantu menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari.
• Minumlah lebih banyak air untuk menarik cairan ke permukaan kulit dan mencegah dehidrasi.
• Jika kulit melepuh, biarkan lepuhnya sembuh dulu dan hindari terpapar sinar matahari secara langsung.

2. Menggunakan produk dengan bahan kimia yang keras

Jika Anda memakai pelembap, sabun, dan produk perawatan kulit lainnya yang mengandung bahan kimia keras, maka dapat menyebabkan iritasi kulit. Hal ini akhirnya bisa mengakibatkan kulit tangan mengelupas. Kondisi ini biasanya terjadi pada kulit yang sensitif dan sudah kering sebelumnya.

“Kulit yang kering akan mudah kehilangan minyak alami di kulitnya. Hal ini bisa diperparah apabila produk perawatan kulit yang dipakai terlalu keras. Gejala lainnya yang bisa terjadi seperti gatal dan retak di kulit,” ungkap Dr. Erin Boh, profesor dermatologi di Tulane University.

3. Keratolysis Exfoliativa
Kulit tangan mengelupas juga bisa menjadi gejala penyakit kulit. Dilansir dari Dermnet NZ, keratolysis exfoliativa terjadi ketika terdapat pengelupasan pada telapak tangan.
Namun, penyebab penyakit ini belum diketahui dengan pasti. Hanya saja, penyakit ini termasuk pada kelainan genetik. Penanganan diberikan untuk melindungi kulit dari iritasi.

4. Eksim
Masalah kulit lainnya yang bisa ditandai dengan pengelupasan pada kulit tangan adalah penyakit eksim. Namun, ada gejala lainnya seperti rasa gatal, kering, merah, dan meradang.
Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Biasanya dokter akan meresepkan krim atau salep steroid untuk menenangkan peradangan. Seperti halnya kulit kering, pelembap adalah langkah preventif untuk mencegah eksim.

5. Psoriasis
Berbeda dengan eksim, bentuk psoriasis yang bisa dikenali dengan bercak merah, kering, gatal pada kulit yang menebal dan disebut plak. Kulit tangan mengelupas juga bisa terjadi saat Anda mengalami psoriasis.

“Psoriasis adalah kondisi ketika tubuh menyerang sel-sel kulitnya sendiri, yang akhirnya menyebabkan pembaruan kulit menjadi sangat cepat,” ucap Dr. Isha Tiernan, dokter kulit dari Tufts Medical Center.

Tentunya, psoriasis dapat diatasi namun tergantung pada jenis dan tingkat keparahan gejala yang Anda alami.

6. Menjalani pengobatan
Kulit tangan mengelupas bisa menjadi tanda dari efek samping dari obat-obatan tertentu. Misalnya saja seperti obat tekanan darah, penisilin, obat topikal, dan obat kejang yang dapat menyebabkan kulit Anda menjadi bersisik dan mengelupas.

7. Reaksi Alergi
Alergi merupakan penyebab lain dari pengelupasan kulit. Mungkin Anda mengonsumsi sesuatu atau menggunakan kosmetik baru atau sabun cuci, yang efeknya menimbulkan reaksi alergi pada kulit.

Kulit biasanya akan mengalami iritasi ringan atau ruam, namun reaksi yang lebih serius mungkin membuat kulit tangan mengelupas.

Menurut Rebecca Baxt, dokter kulit dari Baxt CosMedical di New Jersey, kulit wajah mengelupas juga dapat terjadi akibat infeksi biasa seperti flu hingga batuk yang parah.

Gunakan pelembab

Untuk mengatasi kulit tangan mengelupas, salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan pelembap bebas pewangi.

Menggunakan pelembap tepat setelah mencuci dan mengeringkan tangan dapat membantu mengunci kelembapan.

Menurut American Academy of Dermatology, pelembap yang mengandung bahan seperti shea butter, asam laktat, asam hialuronat, dapat membantu menenangkan kulit kering.

Untuk itu, apabila pengelupasan pada kulit tangan disertai gejala lain, seperti rasa gatal dan nyeri, sebaiknya segera meminta penanganan dari ahlinya.

Artikel ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Parenting.Orami.co.id

 

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/17/111030720/penyebab-kulit-tangan-mengelupas-dan-kering

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.