Salin Artikel

Orang yang Memakai Masker Terlihat Lebih Menarik, Kok Bisa?

KOMPAS.com - Memakai masker saat beraktivitas di luar rumah dapat membantu kita terhindar dari paparan virus corona.

Tapi di samping itu, masker wajah juga dapat membuat kita terlihat lebih menarik di mata seseorang. Kok bisa?

Satu studi kecil yang dilakukan universitas di Pennsylvania, AS, baru-baru ini mengungkap orang yang memakai masker wajah dianggap lebih menarik.

Studi yang diberi nama "Beauty and the Mask" itu diadakan oleh Temple University's College of Public Health dan Center for Human Appearance di University of Pennsylvania's Perelman School of Medicine.

Dengan bantuan 500 peserta, 60 wajah diurutkan berdasarkan daya tarik.

Studi ini menggunakan "kumpulan wajah pria dan wanita yang memiliki perbedaan ras," dengan mengambil sumber dari Chicago Face Database.

Para peserta diminta untuk memberi peringkat wajah seseorang tanpa masker dan memasukkannya ke dalam kategori "tidak menarik", "rata-rata", atau "menarik".

Saat masker bedah ditambahkan ke wajah secara digital, peneliti melihat para peserta menaikkan peringkat daya tarik mereka "dalam jumlah signifikan secara statistik untuk wanita dan pria."

Wajah-wajah yang sebelumnya dikategorikan sebagai "tidak menarik" dilaporkan mengalami peningkatan paling besar, di angka 42 persen.


"Banyak orang percaya penampilan mata adalah salah satu pengaruh terkuat dalam penilaian daya tarik."

Demikian kata David B. Sarwer, dekan untuk penelitian dan direktur Center for Obesity Research and Education di Temple's College of Public Health.

"Studi ini menunjukkan aspek wajah bagian bawah, yang ditutupi oleh masker, juga berperan penting dalam persepsi daya tarik."

Studi tersebut juga menegaskan kembali bahwa wajah yang simetris dan seimbang adalah faktor kunci yang berperan dalam daya tarik.

Wajah yang memiliki fitur wajah "tidak harmonis" seperti hidung, rahang, leher, atau bibir memiliki peringkat daya tarik rendah.

Tetapi ketika hidung, rahang, leher, dan bibir ditutupi oleh masker, wajah seseorang menjadi lebih menarik.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/23/154942920/orang-yang-memakai-masker-terlihat-lebih-menarik-kok-bisa

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.