Salin Artikel

Menebalkan Rambut, Bisakah dengan Bahan Alami?

KOMPAS.com - Memiliki rambut tipis kadang membuat orang memilih untuk memakai topi atau gaya rambut tertentu untuk menyamarkan area berambut tipis tersebut.

Di luar sana, ada banyak sekali iklan layanan klinik yang mengklaim dapat mengatasi penipisan rambut. Tapi, apakah benar efektif?

Baik pria maupun wanita sama-sama bisa memiliki kondisi rambut yang mulai menipis. Ada banyak faktor yang berkontribusi pada kondisi ini.

Mulai dari penuaan, faktor genetik, kurang nutrisi, penggunaan produk perawatan rambut secara berlebihan, hingga alergi.

Kondisi medis tertentu juga bisa membuat rambut seseorang menjadi lebih tipis atau mengalami kerontokan parah.

Tak hanya itu, ibu hamil dan menyusui dengan segala gejolak perubahan hormonnya juga bisa mengalami hal yang sama.

Nah, sebelum mencoba berbagai produk yang diklaim dapat mengatasi penipisan rambut atau kerontokan, kenapa tidak mencoba beberapa cara menebalkan rambut alami berikut ini?

1. Telur

Jika digunakan secara berkala, perawatan rambut dengan telur bisa menjadi salah satu cara menebalkan rambut.

Caranya, kocok 1 atau 2 butir telur dan aplikasikan ke kulit kepala maupun rambut dalam kondisi lembab. Kemudian, diamkan selama 30 menit.nLalu, bilas dengan air hangat dan sampo.

Anda juga bisa mencampur telur dengan 1 sendok makan minyak zaitun dan 2 sendok makan air. Aplikasikan pada rambut dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas. Cara ini bisa dicoba satu atau dua kali per minggu.

2. Minyak zaitun

Untuk menggunakannya, Anda perlu memanaskan minyak zaitun dan setelah hangat, aplikasikan ke kulit kepala dan rambut.

Diamkan selama 30-45 menit. Kemudian, bilas dengan sampo.

Ada juga yang menggunakan masker minyak zaitun ini dan mendiamkannya selama semalaman dan baru dibilas keesokan harinya. Nutrisi dari minyak zaitun bisa membantu menebalkan rambut.

3. Jeruk

Lebih jauh lagi, kandungan asam dalam jeruk membantu memecah residu yang mungkin tertinggal dari produk perawatan rambut yang Anda gunakan. Bisa jadi residu ini yang menghambat pertumbuhan rambut.

Anda cukup mencampur ekstrak jeruk dan memijatkannya ke rambut dan kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 1 jam sebelum membilasnya.

4. Lidah buaya

Anda bisa mengaplikasikan gel lidah buaya langsung ke kulit kepala dan rambut untuk membantu menguatkannya. Diamkan selama kurang lebih 30 menit sebelum membilasnya.

Anda juga bisa mencampurnya dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Cara ini bisa diaplikasikan satu atau dua kali setiap minggunya.

5. Alpukat

Untuk membuatnya, Anda cukup mencampur 1 buah alpukat dengan 1 sendok makan minyak zaitun.

Kemudian, aplikasikan ke rambut dan kulit kepala dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan sampo yang lembut.

6. Bawang merah

Hal ini terbukti dari penelitian terhadap 38 penderita alopecia areata, gangguan kekebalan tubuh yang menyebabkan kerontokan rambut.

Mereka mengaplikasikan ekstrak bawang merah di kulit kepala dua kali sehari dan merasakan dampaknya 2 minggu kemudian.

Dari penelitian itu, diketahui bahwa bawang merah mengandung sulfur yang dapat menutrisi folikel rambut.

Anda bisa membuatnya sendiri dengan mengekstrak 3-4 bawang merah dan aplikasikan ke kulit kepala selama 10 menit. Kadang orang menambahkan essential oil seperti peppermint atau lavender untuk membantu menyamarkan bau yang cukup menyengat.

Adakah dari beberapa cara menebalkan rambut di atas yang sudah terbukti ampuh dan pernah Anda lakukan?

Jika belum, tidak ada salahnya mencoba. Tapi ingat, cek dulu bagaimana reaksi kulit kepala ketika pertama kali mengenai bahan-bahan alami di atas ya!

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/09/02/115333420/menebalkan-rambut-bisakah-dengan-bahan-alami

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.