Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aturan Memakai Jaket Kulit untuk Tampil Lebih Keren

KOMPAS.com - Jaket kulit awalnya berfungsi sebagai jaket penerbang yang dipakai pilot dan awak militer di awal era 1900-an.

Kepopuleran jaket kulit mulai terlihat di kalangan sipil, terutama di saat aktor Marlon Brando mengenakan jaket kulit di film The Wild One garapan tahun 1953.

Di tahun 1955, James Dean juga mengenakan jaket motor kulit, yang menguatkan kesan pemeran "Rebel Without A Cause" itu sebagai pemberontak.

Lalu memasuki era pertengahan 70an, para personel Sex Pistols dan Ramones memakai jaket kulit sebagai identitas mereka saat manggung.

Akhirnya jaket kulit makin populer, dan saat ini sudah menjadi item fesyen yang lekat dengan kehidupan sehari-hari pria.

Memadukan jaket kulit dengan item fesyen lain sejatinya relatif mudah. Namun, kamu perlu mengetahui cara padu padan yang tepat, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Jaket kulit dengan motif dan pola

Jaket kulit yang "ramai" bisa memiliki motif bunga yang digambar dengan tangan, atau logo atau emblem militer emas yang dijahit.

Detail seperti itu umumnya terlihat di area lengan dan dada jaket, dan teritama di punggung, sehingga menghasilkan siluet tato yang seolah-olah menempel di tubuh.

Bila jenis ini pilihanmu, padukan jaket kulit bermotif dengan kaus dan celana panjang netral atau polos, sehingga jaket tersebut terlihat mencolok dan menarik perhatian.

2. Jaket motor kulit

Selain itu, model ritsleting pada jaket motor kulit ditujukan agar bagian dada pengendara motor terlindungi dua lapis kulit, baik dari sisi kanan maupun kiri jaket.

Memakai jaket motor kulit dengan atasan dan bawahan yang serba hitam, entah itu celana jins yang robek atau kaus vintage, dapat membuat penampilanmu layaknya rockstar.

Sementara, perpaduan antara jaket motor kulit dengan kemeja kotak-kotak berbahan flanel akan menghasilkan vibe atau gaya di era 90-an.

Lengkapi tampilanmu dengan sepatu bot, sepatu Chelsea atau sepatu Derby untuk melahirkan kesan punk modern. Jangan lupakan aksesoris berwarna metalik.

Sneaker juga cocok untuk dipilih, namun pilih sneaker yang sederhana dengan satu warna, seperti putih.

3. Jaket kulit dengan hoodie

Kita dapat melapisi tampilan yang sporty dengan jaket kulit sebagai luaran untuk kesan mewah.

Kamu dapat memakai hoodie berbahan katun lembut dan track pants berwarna hitam yang dilipat di bagian ujung, lalu menambahkan jaket kulit slim-fit untuk kenyamanan bergaya jalanan.

Untuk aksesoris, bisa menggunakan duffle bag berbahan kulit yang modis.

Padankan penampilan tersebut dengan sneaker saat kamu ingin berolahraga, atau sepatu kulit berpotongan rendah jika tujuanmu adalah berjalan-jalan di kawasan perkotaan.

4. Varsity dan bomber jacket

Caranya mudah. Gunakan varsity jacket klasik atau jaket ala mahasiswa yang bagian lengannya berbahan kulit untuk memberikan kesan berbeda.

Warna hitam dan biru tua adalah kombinasi warna yang cocok agar jaket yang kita pakai senantiasa minimalis dan tidak berlebihan.

Padukan varsity jacket bersama celana jins biru slim-fit dan atasan berbahan rajutan, lalu tutup kancing bagian atas untuk menghasilkan gaya sprezzatura ala pria Italia.

Sebagai catatan, konsep sprezzatura mengacu pada cara berpakaian pria Italia yang rapi namun tetap nyaman dan effortless tanpa terpaku pada peraturan fesyen yang cenderung kaku.

Penambahan aksesoris yang grungy atau liar, sarung tangan yang terbuka di bagian ujung jari, dan kacamata hitam akan membuat gaya berpakaianmu tidak terlalu sporty.

5. Jaket kulit minimalis

Mengacu pada konsep kesederhanaan ala Parisian, jaket kulit berkerah lebar adalah opsi yang biasa dipilih untuk beraktivitas dari siang hingga malam hari.

Jaket berkerah ini sepintas mirip dengan kemeja formal. Jika kamu tertarik mencobanya, cari yang memiliki bahan kulit bertekstur ringan seperti kulit domba. Potongannya juga harus pas dengan badan.

Pertimbangkan palet warna hitam dan putih, disertai sedikit sentuhan abu-abu atau cokelat.

Adalah ide yang bagus untuk memadukan jaket kulit itu bersama kaus berbahan rajutan atau kemeja berkancing.

Untuk bagian bawahan, kenakan celana jins hitam ramping atau celana berbahan wol dan sepatu Chelsea atau sepatu kulit yang menggunakan tali.

6. Jaket kulit dengan kemeja dan dasi

Kemudian, hindari jaket yang mempunyai hiasan dan bantalan, biarkan potongan jaket menempel pada bahu kita.

Lebih baik lagi jika jaket kulit tersebut tidak memiliki ritsleting, kancing, atau kantung yang terlalu banyak. Begitu pula bagian kerah dan manset, usahakan tetap minimalis.

Tambahkan kombinasi kemeja dan dasi, dan biarkan jaket terbuka alias tidak dikancingkan.


https://lifestyle.kompas.com/read/2021/02/22/093132920/aturan-memakai-jaket-kulit-untuk-tampil-lebih-keren

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke