Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tipe Workout yang Efektif Menghilangkan Lemak Pinggang

KOMPAS.com - Gundukan lemak di sisi pinggang merupakan masalah bagi pria maupun wanita. Sejumlah gerakan workout bisa dicoba untuk membuat pinggang kembali ramping seperti sediakala.

Love handles alias lemak yang terletak di area obliques itu memang menyebalkan. Kehadirannya jelas menganggu penampilan dan meningkatkan risiko penyakit seperti jantung dan obesitas.

Tidak mudah untuk menghilangkan timbunan lemak di area ini. Diet kalori saja tidak cukup.

Para pakar menyarankan perubahan pola makan disertai jenis workout khusus untuk membuat tubuh kembali kencang.

Defisit kalori akan membantu menghilangkan lemak tubuh subkutan yang berada di bawah kulit. Khusus untuk menghilangkan love handles, cutting kalori tersebut harus dilakukan secara konstan.

Sementara itu, exercise akan menciptakan otot sebagai pengganti lemak yang hilang. Namun sangat disarankan untuk melakukan gerakan kombinasi yang menyeluruh.

Pasalnya, compound exercise dengan berbagai variasi gerakan ini bermanfaat untuk membentuk lebih banyak otot dibandingkan gerakan tunggal seperti crunch.

Jenis latihan kekuatan dan latihan kardiovaskular sangat disarankan untuk membentuk area oblique tersebut. Apa saja gerakan yang disarankan agar perut dan pinggang kembali kencang?

Lakukan side planks selama 10 detik di setiap sisinya tiap set. Awali dengan tiga set kemudian tingkatkan terus durasinya hingga 1 menit lamanya.

Tipe workout ini bermanfaat untuk lengan, punggung dan strenght core tubuh. Pegang dumbel dan tahan di sisi kanan kiri tubuh.

Kemudian angkat selama 30 detik dan istirahatkan dalam waktu yang sama. Jika sudah terbiasa, coba membawa hanya satu beban saja dan posisikan tubuh agar tetap seimbang.

Gerakan yang jadi bagian dari pull up ini mengaktifkan otot latissimus dorsi yang terletak di punggung. Karena itu hasilnya bisa bermanfaat mengencangkan dan menghilangkan lemak di sisi tersebut.

Posisikan lutut hingga ke siku dan lakukan hingga tiga set yang terdiri dari 10 sampai 20 kali gerakan. Istirahatkan tubuh sesekali jika dirasa terlalu berlebihan.

Pindahkan beban ke lengan yang berbeda dan lakukan gerakan yang sama. Tambah jumlah set yang dilakukan jika sudah terbiasa.

Pilih beban yang sesuai dan angkat lengan hingga ke atas kepala. Tahan posisi ini sembari memastikan punggung tetap tegak dan posisi tubuh tetap benar.

Lakukan selama beberapa saat dan kemudian alihkan ke lengan yang berbeda. Gerakan sederhana ini bisa menghilangkan lemak berlebih di area pinggang sehingga amat disarankan.

Gerakan fungsional ini kerap jadi pilihan untuk meningkatkan core strength. Pasalnya, teknik ini melibatkan berbagai otot inti di seluruh tubuh kita.

Namun harus berhati-hati saat melakukan gerakan berputar ini. Posisi yang salah atau otot yang tidak siap bisa menyebabkan cedera.

Karena itu amat disarankan untuk melakukannya di bawah pengawasan ahli. Bisa minta bantuan personal trainer di gim agar memberikan arahan yang tepat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/10/084955020/7-tipe-workout-yang-efektif-menghilangkan-lemak-pinggang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke