Salin Artikel

Makanan yang Bantu Menghidrasi Kulit Selama Berpuasa

KOMPAS.com - Selama menjalankan ibadah puasa ramadhan, kita rentan mengalami kekurangan cairan.

Tak hanya kerongkongan saja yang kering, bagian tubuh lainnya seperti kulit tentu akan terkena efeknya. Kondisinya ini dapat memperparah jenis kulit kering.

Selain penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan yang melembabkan, kita juga bisa meningkatkan hidrasi kulit dengan asupan yang tepat. 

Jangan lupa menambahkan 8 makanan ini saat berbuka atau sahur, untuk menjaga kelembaban kulit sepanjang hari.

1. Alpukat

Ternyata alpukat bagus untuk okulit kering, itulah sebabnya mengapa alpukat sering dipakai sebagai bahan utama masker wajah alami.

Tak hanya baik untuk melembapkan kulit, alpukat juga bagus untuk kesehatan rambut dan kuku.

John Diaz, MD, ahli bedah plastik di Beverly Hills mengatakan bahwa alpukat mengandung banyak vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal, khususnya lemak omega-6 yang menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit menua dengan cepat.

2. Ubi jalar 

Selain mudah didapat dan enak dijadikan kolak untuk buka puasa, ternyata ubi jalar baik untuk kesehatan kulit.

Alex Roher, MD, ahli anestesi di San Diego mengungkapkan bahwa dalam ubi jalar terkandung nutrisi pelindung kulit dalam dosis ganda, termasuk vitamin A dan beta karoten.

Vitamin A terbukti dapat membantu perbaikan kulit, sedangkan beta karoten berfungsi untuk memperkuat pelindung kulit, membantu melembapkan dan mengencangkan sel-sel kulit.


 

3. Mentimun

Mentimun mengandung banyak air dan baik untuk menghidrasi tubuh. Selain itu, irisan timun juga dipercaya dapat menyegarkan mata.

Tak hanya mengandung vitamin C, pada mentimun juga terdapat antioksidan yang baik untuk kesehatan.

"Vitamin C dalam timun dapat membantu mengobati kulit yang meradang. Silika dalam kulit timun juga mampu menutrisi, menghidrasi, dan mengencangkan kulit," kata Diaz.

4. Jeruk mandarin

Seperti halnya kebanyakan buah jeruk, jeruk mandarin ini kaya akan vitamin A dan C serta beta karoten, yang membantu menjaga kelembapan kulit, bahkan dapat membantu melindungi kita dari diabetes tipe 2.

Abbey Sharp, RD dan pembawa acara YouTube dan pendiri Abbey’s Kitchen Inc mengatakan bahwa vitamin dalam jeruk mandarin, terutama vitamin C-nya, membantu meningkatkan kolagen di kulit.

Seperti diketahui, kolagen membantu mengurangi munculnya kerutan, mengencangkan kulit, dan mempercepat proses pembentukan kembali kulit baru. Vitamin C juga dapat mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh matahari dan polusi.

5. Minyak kelapa

Minyak kelapa tidak hanya bagus untuk memasak tetapi juga pelembap yang sangat baik, dan memiliki banyak kegunaan pula untuk rambut dan kuku.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Dermatitis, minyak kelapa mengandung antioksidan yang dapat membantu memperbaiki kulit pada mereka yang mengalami dermatitis atopik.

6. Ikan berlemak baik

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, kembung, teri, atau pun tongkol mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi.

Asam lemak pada ikan dikatakan dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh radiasi UV dan dapat membantu mengurangi risiko masalah peradangan kulit seperti psoriasis, dermatitis, dan kekeringan kulit.

Kerry Clifford, RD dan pelatih kesehatan di Interactive Health di Chicago, menyarankan untuk makan setidaknya empat ons ikan dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan kulit yang sehat dan lembap.

7. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian dipenuhi dengan serat dan vitamin E, serta asam lemak omega-3, sehingga cocok jika dijadikan camilan yang ideal untuk kulit.

Vitamin E dalam kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti almond, biji labu, dan biji bunga matahari, berfungsi untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan dan peradangan akibat sinar matahari, dan juga bertindak sebagai obat alami kulit kering.

8. Asparagus

Asparagus memang jarang ditemukan dalam masakan Indonesia. Padahal, sayuran in mengandung vitamin E yang dapat membantu melindungi dan menjaga kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Asparagus juga membantu memperbaiki tekstur kulit dan dapat mencegah keriput.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/26/180708820/makanan-yang-bantu-menghidrasi-kulit-selama-berpuasa

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.