Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Intip Kebiasaan Orang Sukses di Akhir Pekan

KOMPAS.com - Saat akhir pekan datang, kita cenderung menghabiskan waktu dengan bersantai setelah lima hari otak dan tenaga terkuras untuk bekerja.

Tidak ada salahnya kita menikmati hari libur di rumah dengan rehat sejenak, tapi bukan berarti kita hanya punya pilihan untuk bermalas-malasan seharian lho.

Jika kita menjalani akhir pekan dengan produktif, kita bisa memiliki energi positif yang membuat lebih bersemangat menghadapi hari Senin berikutnya.

Menjalani akhir pekan dengan produktif itu rupanya bisa menambah kesuksesan. Dan ini bukanlah sekedar teori karena nyatanya banyak orang sukses memanfaatkan waktu istirahat sebaik mungkin.

Mereka paham betul bagaimana memisahkan waktu bekerja dan waktu bermain. Juga, mereka mengetahui bagaimana menciptakan kebiasaan sehat dan memanfaatkan waktu luang yang mereka miliki.

Mau tahu apa saja yang dilakukan orang sukses di akhir pekan? 

1. Bangun pagi

Bangun pagi adalah kebiasaan yang kita lakukan dari Senin hingga Jumat. Karena itu kita sering membalas dendam dengan bangun lebih siang di akhir pekan.

Namun tahukah kamu, pada akhir pekan, kita disarankan untuk bangun di waktu yang sama seperti hari kerja.

Dengan bangun pagi, banyak hal yang bisa kita kerjakan di rumah dan kita menjadi lebih produktif ketimbang terlalu lama berada di kasur.

2. Berolahraga

Jika kita tidak dapat berolahraga di hari Senin-Jumat karena sibuk dengan pekerjaan, cobalah berjanji pada diri kita untuk berolahraga di akhir pekan.

Sebaiknya kita bangun lebih awal untuk berjalan kaki, berlari, bersepeda, atau melakukan olahraga dengan menonton video di YouTube.

Olahraga merupakan kunci untuk hidup sehat dan menjaga pikiran kita tetap fokus.

3. Menjernihkan pikiran

Meditasi dapat memperbaiki kesehatan mental, mengurangi stres dan kecemasan, menurunkan tekanan darah serta memperbaiki kualitas tidur.

Tokoh seperti CEO LinkedIn Jeff Weiner atau Oprah Winfrey adalah contoh orang sukses yang menjalani meditasi di sela hari-hari sibuk mereka.

Selain meditasi, kita bisa menjernihkan pikiran selama 20 menit di teras rumah, di taman, atau sekadar duduk di kursi rumah.

Agak sulit merilekskan pikiran di hari kerja, jadi cobalah meluangkan waktu di akhir pekan untuk melakukan hal tersebut.

Ada baiknya kita tidak mengecek email atau pesan singkat terkait pekerjaan selama akhir pekan.

Matikan seluruh notifikasi pada perangkat elektronik yang dimiliki, entah itu ponsel atau tablet. Kalau perlu, setel perangkat ke mode pesawat alias tanpa sinyal.

Apabila ada sesuatu yang tidak dapat ditinggalkan dan harus dicek, tetapkan waktu untuk mengecek hal itu.

Manfaatkan akhir pekan semaksimal mungkin. Jangan berkutat di depan layar komputer atau perangkat lain.

5. Memberi kepada sesama

Memberikan sesuatu kepada orang lain merupakan cara yang baik untuk bertemu kenalan baru dan memperbaiki kesehatan mental kita.

Namun yang terpenting adalah, dengan memberi, kita membuat hidup kita dan orang lain menjadi lebih baik.

6. Membuat persiapan

Laura Vanderkam, penulis "What The Most Successful People Do On The Weekends" menyebut perencanaan sebagai 'Sort Your Life Out Sunday'.

Intinya, luangkan waktu di hari Minggu untuk membuat perencanaan mengenai apa yang akan kita lakukan satu minggu ke depan.

Jika kita sudah membuat persiapan atau rencana, kita akan lebih mudah menjalani hari Senin hingga Jumat berikutnya.

7. Aktivitas non-digital

Kira-kira apa yang dilakukan pengusaha Warren Buffet dan pendiri Twitter Jack Dorsey di akhir pekan?

Warren Buffet biasa bermain ukulele ketika sedang senggang, sementara Jack Dorsey mendaki gunung di hari Sabtu.

Nah, selama lima hari kerja, mata kita terus-menerus menatap layar perangkat. Karena itu, lakukanlah aktivitas yang membuat otak kita tenang tanpa harus melihat layar perangkat lagi.

Kita bisa mencoba rutinitas seperti berkebun, berolahraga, menggambar atau menulis cerita. Fokuslah pada hal yang bermanfaat secara pribadi.

8. Fokus pada satu aktivitas

Jangan melakukan banyak aktivitas di waktu yang bersamaan. Buatlah prioritas, jalani aktivitas yang menurut kita paling penting, dan harus fokus.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/27/183050820/intip-kebiasaan-orang-sukses-di-akhir-pekan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke