Salin Artikel

Era Digital, Inilah Jenis Pekerjaan yang Bisa Dijalani dari Rumah

KOMPAS.com - Saat ini orang menginginkan pekerjaan yang bisa fleksibel, baik menyangkut waktu maupun tempat.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, ditambah situasi pandemi yang terjadi, sebagian besar orang pada akhirnya harus bekerja dari rumah alias work from home (WFH).

Untuk urusan penghasilan, beberapa jenis profesi atau pekerjaan yang dapat dilakukan dari rumah rupanya terbilang menjanjikan.

Di bawah ini, kami merangkum profesi apa saja yang bisa dijalani dari rumah dan membuat kita cepat mengumpulkan banyak uang, tanpa pesugihan.

1. Penulis lepas

Bekerja sebagai penulis lepas, baik content writer maupun technical writer relatif menjanjikan, apalagi pekerjaan itu bisa dilakukan dari rumah dengan koneksi internet yang memadai.

Jika kita memiliki gaya bahasa yang unik dan menarik, cobalah menawarkan keahlian kita dalam menulis kepada pihak yang ingin mempromosikan produknya dengan menjadi copywriter.

Selain itu, ada juga yang disebut technical writer. Tugasnya adalah membuat panduan terkait cara pemakaian dan perawatan sebuah alat, dengan menyertakan foto, gambar, diagram, tabel dan sketsa.

Ketika kita memutuskan untuk menjadi technical writer, maka kita harus membangun hubungan dengan pihak dan ahli yang terkait dan terlibat dalam pembuatan barang yang kita tulis nantinya.

2. Desainer grafis

Jika kita memiliki keahlian dalam menggambar desain, berbanggalah. Sebab, banyak perusahaan sedang mencari orang yang menguasai desain grafis untuk bekerja dalam proyek singkat atau lama.

Mulai dari event organizer, restoran, hingga perusahaan startup, semua membutuhkan orang yang ahli di bidang desain grafis.

Tidak perlu pergi ke kantor, karena pekerjaan ini bisa dilakukan secara online dari rumah. Apa yang penting adalah, kita menguasai penggunaan software seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, dan Illustrator.

3. Penerjemah

Penerjemah bertugas menerjemahkan tulisan dari bahasa asing ke bahasa Indonesia, atau sebaliknya.

Kita dapat menerjemahkan dialog film, dokumen perusahaan, makalah, atau konten artikel. Pekerjaan itu tentunya dapat dikerjakan dari rumah.

4. Data entry

Sesuai namanya, data entry pada dasarnya tidak membutuhkan skill spesifik, karena tugas kita hanya memasukkan data secara online.

Tergantung jumlahnya, bisa jadi kita ditugaskan untuk memasukkan data ratusan hingga ribuan. Tidak perlu pergi ke kantor untuk memasukkan data, selama kita memiliki perangkat yang mumpuni dan koneksi internet.

5. Perencana keuangan

Merencanakan keuangan sangatlah penting, bukan hanya bagi perusahaan, melainkan juga bagi setiap individu.

Perencana keuangan umumnya membutuhkan gelar sarjana di bidang ekonomi atau gelar master of business administration (MBA).

Dalam menjalani profesi perencana finansial dari rumah, kita wajib punya kemampuan membangun hubungan dengan klien dalam waktu singkat. 

6. Web developer

Banyak individu atau perusahaan memerlukan sebuah website untuk keperluan branding.

Setelah website dibentuk, maka website itu harus dikelola dan dipelihara dengan baik.

Itulah yang menjadi tugas web developer, melakukan maintenance terhadap sebuah website agar orang mudah dan nyaman mengakses website tersebut. Jika kita memiliki skill itu, kita dapat mengerjakannya dari rumah.

7. Manajer media sosial

Tidaklah mudah menjadi manajer media sosial, sebab kita harus memikirkan ide atau memasukkan konten yang menarik. Intinya, kita membangun brand image agar dapat menjual produk. Pekerjaan ini bisa kita lakukan di mana saja, termasuk di rumah.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/29/121648020/era-digital-inilah-jenis-pekerjaan-yang-bisa-dijalani-dari-rumah

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.