Salin Artikel

Pasca Restorasi, Warna Asli Jarum Big Ben Akhirnya Tersingkap

KOMPAS.com - Big Ben, lonceng jam ikonik Inggris, kerap disangka memiliki jarum berwarna hitam, selaras dengan gaya arsitektur Gothik bangunan tersebut.

Namun siapa sangka anggapan tersebut selama ini salah besar. Jarum jam Big Ben, maupun garis angkanya, yang asli rupanya berwarna biru Persia.

Hal ini diketahui setelah jam yang berada di kompleks Istana Westminster, London itu mulai direstorasi. 

Pemerintah Inggris melakukan restorasi pada jam yang pernah menjadi yang tercanggih di zamannya itu pada 2017 lalu.

Dana sebesar 111 juta dollar AS atau setara dengan Rp1,5 triliun digelontorkan demi mengembalikan bangunan itu seperti sedia kala.

Dalam prosesnya, diketahui jika jarum jam Big Ben rupanya memiliki warna biru, yang dicat secara manual. Oleh sebab itu, otoritas setempat berupaya mengembalikan kilau warna asli jam berusia 177 tahun itu.

Selain itu, pemugaran juga dilakukan dengan mengganti batu maupun mengecat ulang besi yang menjadi konstruksi utama bangunan seberat 14 ton itu.  

Meski demikian, warga London terpaksa masih harus absen mendengar bunyi lonceng jam tersebut. Dentang jam tersebut baru akan kembali beroperasi normal ketika proyek restorasi selesai dilakukan, diperkirakan tahun depan.

Biasanya, lonceng jam ini dibunyikan untuk menandai saat-saat kkhusyuk dan perayaan pada awal tahun baru. Selain itu, dentangnya juga berbunyi pada awal acara mengheningkan cipta pada hari peringatan pahlawan yang gugur dalam peperangan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/12/123518720/pasca-restorasi-warna-asli-jarum-big-ben-akhirnya-tersingkap

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.