Salin Artikel

Pidato di Sidang PBB, BTS Minta Generasi Muda Tidak Putus Asa

KOMPAS.com - Salah satu boyband terkenal asal Korea, BTS, mendapat kesempatan untuk berpidato dalam Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Senin (20/9/2021) lalu, tepat satu hari sebelum dimulainya Debat Umum.

Dalam pidatonya, para anggota BTS mengangkat tema tentang masa depan yang berkelanjutan dan menyambut perubahan sekaligus mendorong generasi muda untuk tidak putus asa di masa sulit ini.

“Kami meyakini bahwa setiap pilihan yang kami buat adalah awal dari perubahan, bukan akhir,” ujar anggota grup BTS, Kim Namjoon (Rap Monster/RM).

Lalu, anggota BTS lainnya, V, mengatakan bahwa ia sempat merasa bingung saat melalui pandemi. Kendati demikian, ia menambahkan bahwa dirinya memahami bahwa masa sulit ini merupakan waktu ideal untuk menghadapi tantangan baru.

“Saya harap, kita tidak menganggap masa depan sebagai kegelapan yang suram. Kita memiliki orang-orang yang peduli dengan dunia dan terus mencari jawaban. Masih ada banyak halaman tersisa dalam cerita tentang kita, dan saya merasa, kita tidak boleh berbicara seolah-olah akhir dari semua ini sudah ditulis,” ujarnya.

Sementara itu, baik Jin dan Suga mengekspresikan harapan bagi anak muda yang kerap disebut sebagai “generasi Covid yang hilang.”

“Mereka tidak hilang, mereka terus berjuang mencari keberanian dan tantangan baru,” ujar Jin.

Bahkan, Suga yang saat itu mengenakan setelan berwarna hitam layaknya anggota lainnya, mengatakan bahwa seharusnya generasi muda saat ini diberi nama generasi “selamat datang.”

Suga berpendapat bahwa julukan tersebut jauh lebih cocok. Pasalnya, alih-alih takut pada perubahan, generasi saat ini malah mengucapkan “selamat datang” pada perubahan dan terus maju.

Hadirnya BTS dalam Sidang Majelis Umum PBB ini merupakan buah dari “perkenalan” yang dilakukan oleh Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in.

Ia memperkenalkan BTS pada PBB sebagai “seniman yang kemungkinan besar dicintai oleh orang-orang di seluruh dunia.”

Bahkan baru-baru ini, BTS mendapat julukan baru, yaitu Special Presidential Envoy for Future Generations and Culture, yang diberikan oleh pemerintah Korea Selatan.

Setelah berpidato, BTS juga diberi kesempatan untuk merekam video musik baru mereka, “Permission to Dance,” yang diambil di beberapa lokasi di dalam Majelis Umum dan area markas PBB lain.

Pidato ini menjadi ketiga kalinya BTS tampil di hadapan Majelis Umum PBB. Sebelumnya, BTS tampil dalam rangka kerjasama dengan UNICEF pada 2018 dan kembali diundang untuk berpidato pada 2020 silam.

Pidato di tahun 2021 ini pun dikabarkan berhasil menarik jumlah penonton yang fantastis, sekitar satu juta penonton.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/22/184549120/pidato-di-sidang-pbb-bts-minta-generasi-muda-tidak-putus-asa

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.