Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Supermodel Ini Alami Komplikasi Setelah Terapi Pembekuan Lemak

KOMPAS.com - Supermodel terkenal era 1990an, Linda Evangelista membuat pengakuan yang mengejutkan dunia baru-baru ini.

Ia menyatakan telah menjadi korban malpraktik prosedur kosmetik CoolSculpting yang dimaksudkan sebagai pembekuan lemak. Akibatnya, wanita berusia 56 tahun itu mengalami berbagai komplikasi termasuk perubahan fisik yang, diklaimnya, radikal.

Perubahan akibat prosedur kecantikan non bedah yang dijalaninya lima tahun silam ini begitu buruk sehingga ia tak lagi dikenali. Dampaknya, kariernya mandek dan kepercayaan dirinya juga menurun drastis.

"Kepada pengikut saya yang bertanya-tanya mengapa saya tidak bekerja sementara karier rekan-rekan saya berkembang pesat, alasannya adalah karena saya secara brutal dirusak oleh prosedur CoolSculpting Zeltiq yang melakukan kebalikan dari apa yang dijanjikan," ujarnya via Instagram.

Alih-alih menghilangkan lemak, Linda menyebut prosedur itu malah meningkatkan sel-sel lemaknya.

Kondisi ini disebut sebagai Paradoxical Adipose Hyperplasia (PAH), efek samping yang jarang terjadi, di mana sel-sel lemak yang ditargetkan membengkak bukannya menyusut.

Ia menyebut tindakan ini membuatnya 'cacat permanen' bahkan setelah menjalani dua operasi korektif yang menyakitkan.

Linda, yang popularitasnya selevel dengan Kate Moss dan Naomi Campbell, mengaku tidak diberi tahu soal risiko komplikasi ini sebelum menjalani prosedur.

Wanita yang pernah disebut sebagai The Greatest Supermodel of All Time ini juga menyebutkan jika perubahan fisiknya berdampak pada kondisi mentalnya.

Ia mengalami siklus depresi yang mendalam, kesedihan berkepanjangan dan kebencian pada dirinya sendiri.

Selama ini ia menjaga rahasia soal kondisi tubuhnya karena merasa malu dan tidak percaya diri. Namun ia telah memutuskan untuk bertindak dengan mengajukan gugatan kepada Zeltiq Aesthetics, perusahaan yang melakukan prosedur CoolSculpting itu.

Gugatan ini juga sekaligus sebagai upayanya untuk melangkah maju dan melepaskan diri dari kungkungan rasa malunya.

Pengakuan Linda ini mendapatkan dukungan dari sejumlah nama besar lainnya di dunia fesyen internasional.

Kolega supermodelnya yang berkiprah di era yang sama, Naomi Campbell, termasuk yang menyatakan dukungannya dengan menuliskan komentar di Instagram.

“Saya memuji Anda atas keberanian dan kekuatan Anda untuk membagikan pengalaman Anda dan tidak lagi disandera olehnya. Saya tidak dapat membayangkan rasa sakit yang Anda alami secara mental selama 5 tahun terakhir ini.”

 

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/25/103702320/supermodel-ini-alami-komplikasi-setelah-terapi-pembekuan-lemak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke