Salin Artikel

Bangun dengan Kulit Glowing dan Pikiran Segar, Mau Tahu Rahasianya?

KOMPAS.com – Internet dibanjiri dengan tips kecantikan, aturan, dan produk, yang diklaim dapat membuat kulit bercahaya seperti dambaan.

Namun di antara banyak saran tersebut, salah satu tips yang terbukti berguna untuk mendapatkan kulit yang glowing adalah tidur berkualitas atau tidur nyenyak di malam hari.

Menurut National Sleep Foundation (NSF), anak-anak sekolah disarankan tidur 9-11 jam, remaja 8-10 jam, tujuh hingga sembilan jam untuk orang dewasa, dan tujuh hingga delapan jam untuk mereka yang berusia di atas 65 tahun.

Istirahat malam yang baik akan membuat kita terlihat segar bahkan setelah hari yang melelahkan.

Namun, tidak semua orang bisa dengan mudah tidur nyenyak. Selain itu, agar mendapatkan kulit yang sehat, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum tidur.

Nah bila kamu termasuk orang yang sulit tidur, berikut adalah beberapa tips agar bisa mendapatkan tidur berkualitas sekaligus kulit bercahaya esok harinya.

1. Singkirkan semua gadget

Meskipun kita benar-benar ingin mengecek medsos, melihat berita yang mungkin kita lewatkan, atau menonton episode terakhir dari serial Netflix, pakar kesehatan sangat menyarankan untuk menyingkirkan semua barang elektronik sebelum tidur.

Ini dikarenakan emisi cahaya biru terus menerus dari perangkat seperti laptop, smartphone, dan televisi dapat menghambat pelepasan melatonin, hormon yang bertanggung jawab untuk menginduksi tidur.

Membuat kamar tidur bebas gadget mendorong tidur malam yang nyenyak dan membantu meningkatkan kualitas tidur.

Kita sebaiknya mematikan lampu saat tidur atau menggunakan lampu yang tidak terlalu terang agar tubuh memahami bahwa ini waktunya istirahat.

Tetapkan tempat khusus untuk gadget dan matikan layarnya setidaknya satu jam sebelum waktu tidur. Agar tidak tergoda membukanya, kamu bisa meletakkan ponsel dan perangkat lain di luar kamar tidur.

2. Mandi air hangat dengan garam epsom

Setelah seharian bekerja, bersantailah dengan mandi air hangat yang diberi garam Epsom untuk meningkatkan kualitas tidur. Cara ini dapat menenangkan otot, mengurangi pembengkakan, dan menghilangkan rasa sakit.

Berendam dalam bak air hangat dengan garam epsom selama kurang lebih 15 menit dapat membantu tubuh kita menyerap manfaat dari magnesium sulfat.

Menurut Healthline, garam ini dipercaya dapat mengobati radang sendi psoriatik, sembelit, nyeri dan bengkak, insomnia, psoriasis, atau sesuatu yang sederhana seperti kaki yang lelah.

Untuk mandi, tambahkan garam Epsom ke air hangat yang mengalir, sekitar satu hingga dua cangkir untuk bak mandi ukuran standar.

Pastikan airnya hangat, tetapi tidak panas. Jika kita memiliki tekanan darah rendah, konsultasikan dengan dokter sebelum mencoba ini karena mandi ini dapat menurunkan tekanan darah untuk sementara.

3. Ikuti rutinitas perawatan kulit dan rambut

Membersihkan kulit, terutama wajah, adalah turinitas yang tidak boleh dilewatkan sebelum tidur. Cuci wajah dengan pembersih ringan dan tutup pori-pori yang terbuka dengan toner. Tindak lanjuti dengan pelembab dan krim di bawah mata.

Kita juga bisa menggunakan serum dan produk lain yang diperlukan. Pilih produkyang sesuai dengan jenis kulit kita sehingga hasilnya maksimal.

Selain itu, ingatlah untuk merawat rambut juga. Beri nutrisi pada ujung rambut kita dengan minyak ringan untuk menghindari ujung rambut bercabang dan kering.

4. Minum teh herbal yang menenangkan

Ini adalah salah satu tips tidur untuk kecantikan yang menyenangkan. Setelah semua selesai, duduk santailah dan minum secangkir teh herbal panas.

Terbuat dari tumbuh-tumbuhan bermanfaat, teh herbal membantu orang yang menderita insomnia atau ketidakmampuan untuk tertidur, sehingga memulihkan kualitas tidur.

Kita bisa mencoba teh chamomile untuk mengurangi peradangan dan kecemasan, serta menghilangkan insomnia, karena sifat menenangkan dari Apigenin, flavonoid yang memiliki efek membuat rileks.

Teh lain yang sama efektifnya adalah teh akar valerian, yang digunakan selama Perang Dunia II di Inggris untuk mengurangi stres dan kecemasan.

Ada juga teh lavender yang dikenal karena aromanya yang menenangkan dan aromatik, serta teh lemon balm yang digunakan untuk meningkatkan kualitas tidur sejak abad pertengahan.

5. Memilih kasur, bantal, dan sprei yang nyaman

Bila kamu bangun dengan sakit punggung setiap pagi atau mengalami kualitas tidur yang buruk, mungkin masalahnya ada pada kasur atau bantal.

Berinvestasilah dengan memilih kasur berkualitas baik yang memberikan dukungan punggung dan menjaga tulang belakang kita tetap sejajar. Hindari membeli kasur yang terlalu empuk.

Untuk menambah kenyamanan, singkirkan sarung bantal katun dan pilih yang terbuat dari sutra untuk menghindari bangun dengan bekas bantal, atau "kerutan tidur", di wajah kita.

Kenakan masker mata sutra untuk membatasi cahaya guna meningkatkan kualitas tidur  dan membantu kulit mempertahankan kelembapan di sekitar area mata, sehingga membuatnya terhidrasi.

6. Gunakan humidifier atau pelembab udara

Salah satu hal penting untuk mendapatkan kulit segar dan bercahaya adalah hidrasi. Namun, kita tidak dapat menghidrasi diri sendiri saat tidur, sehingga ini yang menyebabkan hilangnya kelembapan.

Humidifier dapat membantu mengatasi masalah ini, dengan mendorong air ke udara. Oleh karena itu, kulit kita akan tetap terhidrasi.

7. Meditasi

Selain itu, tidur dengan pikiran dan tubuh yang tenang dan rileks sangat penting untuk mendapatkan hasil maksimal.

Sebelum tidur, ciptakan suasana damai dengan minyak aromatik, dan latih pernapasan  diiringi musik meditasi yang menenangkan.

Pastikan ruangan dalam keadaan remang-remang untuk meningkatkan efek ritual.

Untuk lebih meningkatkan efek kecantikan dalam tidur, bangun dan tidurlah pada waktu yang sama dan pertahankan rutinitas waktu tidur bersama dengan jadwal tidur.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/26/070648120/bangun-dengan-kulit-glowing-dan-pikiran-segar-mau-tahu-rahasianya

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.