Salin Artikel

12 Camilan Sehat dan Lezat untuk yang Sedang Diet

Meskipun sedang diet, bukan berarti kita harus menyingkirkan camilan sepenuhnya, lho. Ada banyak camilan sehat yang bisa kita konsumsi, yang tentunya tetap lezat untuk dinikmati.

Camilan sehat yang seperti apa?

Memilih makanan sehat adalah salah satu langkah untuk sukses menjalankan diet sehat.

Menurut Medical News Today, secara umum, makanan yang tinggi serat atau protein cenderung lebih mengenyangkan. Artinya, ketika makan makanan tersebut kita akan lebih cepat kenyang dan makan lebih sedikit, sehingga terhindar dari kebiasaan makan berlebih.

Pertimbangan lainnya adalah memilih makanan rendah kalori dan padat nutrisi. Lagi-lagi, hal ini juga membuat kita lebih cepat kenyang, makan lebih sedikit, dan terhindar dari kebiasaan makan berlebih.

Beberapa makanan juga membantu meningkatkan metabolisme dan energi tubuh. Energi yang lebih tinggi akan membantu kita membakar lebih banyak kalori, sementara metabolisme tubuh yang lebih tinggi akan membantu tubuh kita lebih efisien dalam memproses makanan.

Beberapa jenis makan yang konsumsinya perlu dihindari atau dibatasi antara lain:

  • Makanan tinggi garam
  • Makanan tinggi gula
  • Makanan tinggi lemak jenuh
  • Sumber karbohidrat sederhana

Makanan yang minum proses adalah pilihan yang baik, termasuk jika sedang memilih camilan sehat. Sebab, banyak jenis camilan yang tinggi gula, garam, atau keduanya.

Mengonsumsi camilan sehat di antara waktu makan bisa membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

Selain itu, makan camilan sehat juga membantu kita mencegah perilaku makan berlebih karena mendapatkan vitamin, serat, dan protein dalam jumlah cukup.

Camilan sehat untuk diet

Beberapa jenis camilan sehat yang baik dikonsumsi bagi orang yang sedang diet antara lain:

Beberapa kacang yang bisa dijadikan camilan sehat seperti almond, kenari, dan kacang-kacangan lain yang tinggi protein dan serat.

Selain membantu kita untuk merasa kenyang, kacang juga merupakan camilan sehat karena membantu menyehatkan jantung dan rendah kalori.

Kacang bisa dinikmati sendiri atau dipadukan dengan menu lainnya. Pastikan kacang untuk camilan sehat tidak mengandung garam tinggi.

Telur rebus bisa dinikmati sendiri atau bersama dengan bahan makanan lain, seperti alpukat atau dipotong dan disajikan bersama salad.

Yogurt dengan rasa yang sudah diberi pemanis bisa mengandung hingga 20 gram gula per saji daan itu tidak dianjurkan karena rasa manis sebetulnya bisa kita tambahkan sendiri.

Untuk memberi rasa manis pada yogurt, pilihlah pemanis dari buah-buahan seperti blueberry atau stroberi segar, atau bahkan madu. Untuk menambah rasa sekaligus menambah asupan protein, kita juga bisa menambahkan taburan kacang sebagai topping.

Namun, untuk menjadikan popcorn camilan sehat, pastikan menghindari terlalu banyak garam dan gula. Kita bisa menggantinya dengan taburan bumbu herbal, cabai, atau keju.

Kita bisa memilih jenis buah apapun sesuai selera, misalnya apel dan pir.

Menurut Departemen Pertanian AS (USDA), apel ukuran sedang menyediakan sekitar 20 persen kebutuhan serat harian yang baik bagi kesehatan. Untuk memenuhi kebutuhan serat harian, kita bisa mengonsumsi satu atau dua cangkir apel setiap hari.

Tak hanya itu, keju rendah lemak juga merupakan sumber protein, kalsium, serta vitamin dan mineral lain.

Selain itu, keju rendah lemak juga rendah kalori, sehingga sangat cocok sebagai camilan sehat untuk diet.

Selain itu, edamame menjadi salah satu camilan sehat karena tinggi kalium, zat besi, dan magnesium. Jika mengonsumsinya sebagai camilan sehat di antara waktu makan, edamame juga bisa membantu kita merasa lebih kenyang dan menyediakan sejumlah nutrisi penting.

Mengutip pemberitaan Kompas.com (09/05/2020), kurma mengandung sekitar 277 kalori, 75 gram karbohidrat, 7 gram serat, 2 gram protein, serta merupakan antioksidan yang baik bagi kesehatan.

Makan satu butir kurma saja sudah cukup memberikan suntikan energi agar kita lebih bersemangat dalam beraktivitas.

Untuk lebih memudahkan, kita bisa memotong sayur-sayur tersebut terlebih dahulu dan menyimpannya di kulkas, sehingga ketika ingin mengonsumsi camilan sehat kita tinggal mengolahnya saja.

10. Alpukat

Buah-buahan sering kali dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai camilan sehat, salah satunya adalah alpukat.

Alpukat tinggi nutrisi dan bisa membantu kita lebih cepat kenyang.

Mengutip pemberitaan Kompas.com (06/07/2020), sekitar 100 gram alpukat tanpa kulit dan biji mengandung sekitar 160 kalori, 14,7 lemak, 7 mg sodium, 6,7 gram serat, 0,7 gram gula, dan 2 gram protein.

Sebagian besar kalori dalam alpukat berasal dari lemak tak jenuh atau dikenal sebagai lemak sehat.

Mengutip pemberitaan Kompas.com (07/09/2020), nutrisi dalam 100 gram semangka menurut USDA antara lain sekitar 30 kalori, 91 persen air, 06 gram protein, 7,6 gram karbohidrat, 6,2 gram gula, 0,4 gram serat, dan 0,2 gram lemak.

Semangka bisa dikonsumsi sendiri, dibuat menjadi jus, atau pun dinikmati bersama buah potong lainnya.

Mengutip pemberitaan Kompas.com (10/10/2020), pisang kaya akan nutrisi seperti kalium, magnesium, serat, vitamin C, dan berbagai antioksidan.

Menurut USDA, 100 gram pisang mengandung sekitar 89 kalori, 75 persen air, 1,1 gram protein, 22,8 gram karbohidrat, 12,2 gram gula, dan 2,6 gram serat.

Namun, kandungan karbohidrat pisang bergantung pada tingkat kematangannya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/11/104522520/12-camilan-sehat-dan-lezat-untuk-yang-sedang-diet

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.