Salin Artikel

Pria dengan Tubuh Berotot Ini Hidup seperti Manusia Purba

KOMPAS.com - Saat ini kebanyakan dari kita lebih suka menghabiskan waktu berjam-jam untuk berselancar di internet, entah itu bermain media sosial atau pun menonton serial netflix.

Tentu hal ini jauh dari cara hidup nenek moyang kita yang lebih suka terhubung dengan alam.

Namun, seorang pria sedang dalam misi untuk membalikkan keadaan itu dan membuat kita kembali hidup dengan cara yang mirip dengan nenek moyang kita.

Ia bahkan percaya bahwa hal itu akan membawa kita pada gaya hidup yang jauh lebih bermanfaat yang akan membuat kita lebih bahagia dan sehat.

Menyebut dirinya Liver King atau Raja Liver, Brian Johnson, adalah pria yang telah menciptakan The Ancestral Lifestyle.

Johnson menciptakan 9 pedoman program Gaya Hidup Leluhur dengan alasan bahwa tubuh manusia sebenarnya dikondisikan untuk lingkungan tersebut.

“Dengan hidup seperti leluhur, kita menghilangkan hambatan antara diri kita dengan kesehatan dan kebahagiaan sejati karena kita menyesuaikan diri dengan lingkungan.”

Adapun 9 prinsip tersebut antara lain:

1. Tidur

Meningkatkan kualitas diri dengan tidur lebih awal di malam hari ketika matahari tenggelam, makan makanan terakhir kita beberapa jam sebelum tidur dan juga tidak menggunakan ponsel.

2. Makan 

Singkirkan makanan olahan, minyak biji-bijian dan kalori cair dari pola makan kita.

3. Bergerak

Brian berjalan kaki tiga kali 30 menit setiap hari.

“Kesejahteraan yang dibangun dari gerakan yang seimbang mengalahkan kebutuhan akan kepuasan berbasis konsumsi.”

4. Perisai

Melindungi diri kita dari bahaya modern seperti wi-fi, fluoride, dan minyak biji-bijian.

"Bahaya seperti ini bisa mengganggu hormon, metabolisme, dan kemampuan kita untuk tidur nyenyak."

5. Hubungkan 

Lepaskan sepatu kita saat berjalan-jalan dan hubungkan diri ke bumi di bawah kaki kita. Ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan tekanan darah.

6. Dingin

Kita bisa mencoba mandi dengan es, melompat ke sungai dan danau yang dingin, atau bahkan hanya mandi air dingin.

Brian mengatakan kita harus mengekspos diri kita ke lingkungan yang dingin untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membangun ketahanan kita terhadap stres.

7. Matahari

Matahari tengah hari memberi kita banyak vitamin D, “yang bekerja secara sinergis dengan vitamin A dan K lain yang larut dalam lemak,” yang ditemukan di hati dan sumsum tulang.

8. Bertarung

Ini bukan berarti kita harus berkelahi dengan pria yang kita lihat di jalan, namun harus berusaha mencapai tujuan dan aspirasi diri kita sendiri.

9. Ikatan

Merujuk pada gaya hidup jaman dulu di mana nenek moyang berkelompok dan melindungi orang-orang di sekitar mereka dengan membangun tempat berteduh dan berburu makanan bersama.

"Ïni berarti kita sebaiknya menyingkirkan telepon dan menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih dan teman-teman, karena kita selalu saling membutuhkan dan masih melakukannya!"

Kesimpulan

Seperti yang diketahui, tidur sangat penting dan ketika dikombinasikan dengan rutinitas harian yang teratur, termasuk memaparkan tubuh kita ke sinar matahari di pagi hari untuk meningkatkan ritme sirkadian kita, kita dapat membangun "ketahanan biologis".

Soal makanan, Johnson juga memiliki saran.

“Di dunia modern, kita memilih makanan olahan dan daging otot daripada yang paling bergizi dan padat nutrisi seperti hati dan sumsum tulang,” katanya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/17/120859720/pria-dengan-tubuh-berotot-ini-hidup-seperti-manusia-purba

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.