Salin Artikel

Begini Etika Dasar ketika Terapkan "Split Bill" di Kencan Pertama

KOMPAS.com - Media sosial Twitter baru saja diramaikan dengan pembahasan soal praktik split bill ketika berkencan.

Kegaduhan ini berawal ketika ada pengguna Twitter yang mengeluh ketika ditagih harus membayar tagihannya di restoran oleh teman kencannya. Perilaku ini dianggap tidak beretika, khususnya karena dilakukan oleh pihak pria.

Di sisi lain, banyak yang memilih praktik split bill itu karena dianggap lebih adil untuk kedua belah pihak. Asumsi bahwa pria yang harus membayar tagihan ketika berkencan dianggap sudah ketinggalan zaman dan tidak lagi relevan.

Berbagi tagihan secara adil, alias split bill, untuk pria maupun wanita dianggap hal yang amat lazim saat ini, khususnya di era kesetaraan gender.

Etika praktik split bill ketika kencan

Masalah uang memang selalu sensitif untuk dibahas, apalagi jika kita baru menjalani kencan pertama. Banyak yang kebingungan bagaimana pengaturan keuangan yang seharusnya diaplikaskan.

Ada yang lebih suka praktik split bill sesuai dengan jumlah uang yang dihabiskan oleh masing-masing orang. Namun, ada juga yang tidak keberatan membayar seluruh tagihan kencan tanpa terkecuali.

Komunikasi adalah kunci terpenting untuk memastikan bagaimana pengaturan tagihan yang akan digunakan. Buat kesepakatan yang jelas agar setiap orang tidak keberatan dengan keputusan yang dibuat.

Pilihan untuk melakukan split bill sendiri adalah hal yang normal untuk dilakukan. Namun, pastikan menerapkan sejumlah etika modern ini agar suasana tetap kondusif dan kencan berjalan dengan lancar.

Bicarakan di awal atau di akhir kencan

Jangan membicarakan soal metode pembayaran ketika pasangan kencan sedang menikmati makanannya. Hal ini bisa membuat mood seseorang mendadak buruk dan membuat suasana tidak menyenangkan.

Bicarakan soal pilihan split bill di akhir pertemuan agar komunikasinya lebih santai. Bisa juga membicarakannya di awal ketika bersepakat untuk keluar bersama.

Jangan bayar sesuai pesanan masing-masing

Saat berkencan, pastikan untuk membagi rata tagihan yang harus dibayar tanpa memperhatikan pesanan setiap orang. Jangan memisahkannya sesuai makanan atau minuman yang dipesan karena akan cenderung aneh.

Mungkin ini akan terasa merugikan jika pasangan memilih menu yang jauh lebih mahal. Oleh karena itu, sesuaikan menu yang dipilih agar kisaran harganya sama.

Gunakan nada yang santai

Ketika tiba saatnya mengajak pasangan kencan membagi tagihan, sampaikan hal itu dengan nada yang santai. Gunakan kalimat sugesti agar mereka tidak merasa terpaksa atau tertekan untuk mengeluarkan dompetnya.

Jangan kaget dengan respon orang lain

Split bill adalah etika yang tergolong baru dalam dunia kencan. Jadi merupakan hal yang wajar jika ada yang merasa kaget dengan penawaran kita untuk berbagi tagihan.

Tanggapi sikap mereka dengan pembawaan yang santai dan tidak perlu langsung merasa tersinggung. Sampaikan alternatif lainnya dengan kalimat yang lebih santai, misalnya saja menawarkan bergantian membayar setiap kali berkencan.

Tak ada salahnya membayar semua tagihan

Beberapa pakar hubungan masih menyarankan untuk tidak menerapkan split bill ketika kencan pertama. Khususnya ketika kita adalah orang yang mengajak pergi berkencan atau sedang berusaha mendekati pasangan kencan itu.

Tentunya, praktik split bill bukan hal yang salah dan lebih fair bagi sebagian orang. Namun kesediaan untuk membayar seluruh tagihan akan memberikan impresi yang lebih baik untuk kita, jika memang rela.

Jangan mempermasalahkannya

Jangan mempermasalahkan sikap pasangan kencan kita yang enggan mempraktikkan split bill. Silahkan bayar semua tagihan dan tidak perlu lagi menghubunginya apabila sikapnya dianggap tidak menyenangkan.

Tidak ada perlunya mempermasalahkan hal tersebut khususnya kepada orang yang belum lama ditemui. 

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/21/194026920/begini-etika-dasar-ketika-terapkan-split-bill-di-kencan-pertama

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.