Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga, Sayang Dilewatkan

Ternyata, selain terhadap fisik, manfaat pemanasan sebelum olahraga juga dapat kita rasakan secara psikologis.

Untuk ulasan lebih lanjut tentang manfaat pemanasan sebelum olahraga, simak pembahasan berikut.

Manfaat pemanasan sebelum olahraga

Secara spesifik, berikut manfaat pemanasan sebelum olahraga yang dapat kita peroleh:

Saat suhu darah naik, pengikatan oksigen ke hemoglobin melemah sehingga oksigen lebih mudah tersedia untuk otot yang bekerja saat olahraga, yang pada akhirnya dapat membantu meningkatkan daya tahan.

Tubuh akan meningkatkan produksi berbagai hormon, termasuk kortisol dan epinefrin, yang bertanggung jawab untuk mengatur produksi energi.

Selama pemanasan, keseimbangan hormon ini membuat lebih banyak karbohidrat dan asam lemak tersedia untuk produksi energi.

Otot yang hangat akan berkontraksi lebih kuat dan rileks lebih cepat. Kondisi ini akan mengurangi risiko peregangan otot yang berlebihan dan menyebabkan cedera.

Suhu tubuh secara keseluruhan juga naik sehingga meningkatkan elastisitas otot. Hal ini dapat meningkatkan kecepatan dan kekuatan saat beraktivitas fisik.

WebMD menjelaskan, ROM mengacu seberapa jauh kita dapat menggerakkan atau meregangkan bagian tubuh, seperti sendi atau otot. ROM akan berbeda pada setiap orang.

Misalnya, beberapa orang dapat melakukan split total, tetapi yang lain tidak. Hal ini karena persendian sebagian orang tidak kendur dan otot mereka tidak bisa memanjang terlalu jauh. Kita dapat meningkatkan kesehatan fisik dan menghindari cedera jika mengetahui ROM kita.

Peningkatan ROM memungkinkan sendi-sendi besar, seperti bahu dan lutut untuk mencapai potensi gerakan maksimal.

Itulah mengapa, para peneliti kerap menemukan kesulitan menemukan keterkaitan cedera olahraga dan kurangnya pemanasan yang baik.

Sebuah studi menemukan bahwa rutinitas pemanasan dapat mengurangi risiko cedera otot, jenis cedera paling umum di klinik olahraga dan jumlahnya mencapai sekitar 30 persen.

Pemanasan adalah waktu yang baik untuk mempersiapkan mental sebelum berolahraga atau momen lainnya dengan menjernihkan pikiran, meningkatkan fokus, dan meninjau keterampilan dan strategi.

Citra positif yang didapat ketika melakukan pemanasan juga dapat membuat kita rileks serta membangun konsentrasi untuk kompetisi.

Para atlet profesional, misalnya, tentu memerlukan pemanasan yang lebih lama jika dibandingkan dengan orang-orang yang sekadar melakukan olahraga santai.

American Heart Association merekomendasikan pemanasan sebelim olahraga berlangsung selama 5-10 menit, tergantung dari intensitas olahraganya.

Berikut beberapa tips melakukan pemanasan sebelum olahraga yang efektif:

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/25/090200220/7-manfaat-pemanasan-sebelum-olahraga-sayang-dilewatkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke