Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Kebiasaan Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Cara menjaga kesehatan jantung termasuk mengubah kebiasaan makan menjadi lebih sehat, rutin berolahraga, dan mengurangi kebiasaan buruk, seperti merokok.

Cara menjaga kesehatan jantung

Berikut sejumlah cara menjaga kesehatan jantung yang dapat kita praktikkan sehari-hari:

Satu jenis lemak yang tidak kita butuhkan adalah lemak trans karena berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung atau stroke.

Menurut Cleveland Clinic, lemak trans dapat menyumbat arteri dengan meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kolesterol baik (HDL).

Mengurangi asupan lemak trans dapat memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh, sehingga menjadi salah satu cara menjaga kesehatan jantung.

Lemak trans banyak digunakan dalam makanan panggang kemasan, camilan, margarin, dan makanan cepat saji yang digoreng sehingga menambah rasa dan tekstur.

Selain menghindari terlalu banyak makanan yang digoreng, cobalah lebih cermat dalam membaca label makanan. Lemak trans biasanya tertulis sebagai minyak terhidrogenasi parsial.

Carilah makanan dengan 0 persen lemak trans.

Ternyata, kesehatan gigi merupakan indikasi kesehatan yang baik secara keseluruhan, termasuk jantung.

Sebab, periodontal atua penyakit gusi sering kali memiliki faktor risiko yang sama dengan penyakit jantung.

Sejumlah studi masih terus mendalami tentang hal ini, namun beberapa studi yang sudah ada menunjukkan bahwa bakteri di mulut yang terlibat dalam pengembangan penyakit gusi dapat berpindah ke aliran darah dan menyebabkan peningkatan protein C-reaktif, penanda peradangan di pembuluh darah.

Kondisi ini pada akhirnya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

American Heart Association (AHA) merekomendasikan olahraga intensitas moderat setidaknya 150 menit per minggu.

Jika merasa tak punya waktu selama itu untuk berolahraga, kita bisa mempersingkatnya dengan meningkatkan intensitas olahraga.

Menurut AHA, seperti dikutip Health, demi jantung yang sehat kita juga bisa mengombinasikan olahraga moderat dan berat selama 75 menit per minggu.

Kita dapat membagi durasi tersebut ke dalam beberapa hari dan beberapa waktu dalam sehari.

Stres tak hanya dapat membebani jantung, tetapi bisa memicu perilaku tidak sehat lain, seperti pola hidup tidak aktif dan makan berlebih. Keduanya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi, yang pada akhirnya berkontribusi terhadap peningkatan penyakit jantung.

Setiap orang punya cara efektif mengelola stresnya masing-masing. Cobalah menemukan hal yang dapat membantu kita mengelola stres, misalnya meditasi atau melakukan latihan napas dalam. Kita tak perlu melakukannya berjam-jam, melainkan cukup meluangkan waktu beberapa menit.

Kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, berapa pun usia dan kebiasaan sehat seseorang.

Sebuah studi yang dikutip Cleveland Clinic mengamati 3.000 orang dewasa dengan usia di atas 45 tahun. Peneliti menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari enam jam setiap harinya memiliki risiko terkena stroke atau serangan jantung dua kali lebih besar daripada mereka yang tidur enam hingga delapan jam per malam.

Para peneliti meyakini, tidur terlalu sedikit dapat menyebabkan gangguan pada kondisi kesehatan dan proses biologis lainnya yang mendasari, termasuk tekanan darah dan peradangan.

Sayangnya, banyak orang yang terpaksa duduk dalam waktu lama karena tuntutan pekerjaan.

Hasil gabungan dari beberapa studi observasional yang melibatkan hampir 800.000 orang menemukan bahwa individu yang banyak duduk memiliki peningkatan risiko penyakit kardiovaskular sebanyak 147 persen dan risiko kematian 90 persen.

Selain itu, duduk dalam waktu lama, terutama saat bepergian, juga meningkatkan risiko deep vein thrombosis atau bekuan darah.

Itulah mengapa, sebagai bagian dari cara menjaga kesehatan jantung, penting untuk mengupayakan bergerak sepanjang hari. Kita bisa menerapkannya lewat aktivitas sederhana, seperti memarkirkan kendaraan di tempat yang lebih jauh atau menggunakan transportasi umum yang memaksa untuk berjalan lebih banyak.

Merokok dapat meningkatkan tekanan darah serta meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Tak hanya buruk bagi kesehatan jantung dan paru-paru, merokok juga berdampak buruk terhadap kesehatan secara keseluruhan.

Untuk itu, jika mencari cara menjaga kesehatan jantung, usahakan untuk mengurangi atau berhenti merokok sama sekali.

Orang yang sering terpapar asap rokok juga mendapatkan dampak buruknya.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa risiko pengembangan penyakit jantung 25-30 persen lebih tinggi pada orang yang terpapar asap rokok di rumah atau tempat kerja.

Jika kita mencari cara menjaga kesehatan jantung, sebaiknya hindari minuman ini sepenuhnya.

Laman Kementerian Kesehatan RI mengutip pernyataan Max Griswold, peneliti dari Institute for Health Metrics and Evaluation dan penulis utama konsorsium riset yang terdiri dari lebih dari 500 ahli, yang mengatakan bahwa tak ada takaran alkohol yang aman.

Menurut ringkasan hasil studinya yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet, secara keseluruhan, risiko kesehatan yang terkait dengan alkohol sejalan dengan jumlah yang dikonsumsi setiap hari.

Peneliti memperkirakan, satu gelas alkohol sehari meningkatkan risiko penyakit sebesar 0,5 persen. Sementara jika mengonsumsi rata-rata dua minuman alkohol per hari, risikonya meningkat hingga 7 persen.

Untuk itu, sebagai salah satu cara menjaga kesehatan jantung, penting untuk mengurangi asupan garam harian.

AHA merekomendasikan orang dewasa mengonsumsi natrium tidak lebih dari 2.300 miligram per hari atau sekitar satu sendok teh. Namun, kebanyakan orang dewasa idealnya tidak mengonsumsi natrium lebih dari 1.500 miligram per hari.

Sehingga, sebagai bagian dari cara menjaga kesehatan jantung, penting untuk mengupayakan konsumsi sayur dan buah lebih banyak.

Makan lebih banyak sayur dan buah juga membantu mengurangi konsumsi makanan tinggi kalori, seperti daging-dagingan dan makanan ringan tidak sehat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/08/100520020/10-kebiasaan-sederhana-untuk-menjaga-kesehatan-jantung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke