Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Sepatu Brogues, Apa Cirinya dan Kapan Memakainya?

KOMPAS.com - Walaupun sepatu kets atau sneaker saat ini sedang digemari untuk dipakai di berbagai kesempatan, ada kalanya kita jenuh dan ingin memakai model sepatu lain.

Ada banyak pilihan sepatu yang cocok digunakan untuk berbagai kesempatan, salah satunya model sepatu brogues yang rapi dan modis.

Baik saat menghadiri acara resmi atau pesta yang lebih santai, sepatu brogues bisa melengkapi penampilan kita dengan sempurna.

Tapi sebelum itu, kita perlu menelisik sedikit mengenai sepatu ini.

Berasal dari Skotlandia dan Irlandia

Lubang-lubang di permukaan sepatu itu berfungsi untuk memungkinkan air turun ke permukaan tanah ketika pemakainya berjalan di medan basah, sehingga air tidak menempel di sepatu.

Seiring berjalannya waktu, desain sepatu brogues semakin berkembang.

Perforasi atau lubang-lubang tersebut sekarang hanya merupakan dekorasi alias hiasan yang menandakan jika seperti itulah model sepatu brogues.

Istilah "brogues" sendiri sejatinya mengacu pada hiasan lubang-lubang di permukaan sepatu, walau jenis sepatunya bisa Oxford, Derby atau boots.

Sepatu brogues juga dikategorikan berdasarkan pola hiasan yang ditampilkan, yakni full brogue atau wingtip, half brogue, serta quarter brogue.

1. Full brogue atau wingtip

Jika dilihat dari atas, sayap tersebut seolah membentuk huruf "W" atau "M", tergantung dari sisi mana kita melihatnya.

2. Half brogue

Desain sepatu ini cenderung lebih formal daripada full brogue, tetapi dapat dipadankan bersama beragam jenis pakaian.

3. Quarter brogue

Seperti halnya half brogue, quarter brogue adalah pilihan yang cocok untuk pakaian kerja karena cenderung lebih sederhana.

Dari ketiga jenis sepatu brogues yang sudah disebutkan, quarter brogue paling cocok dipakai di acara formal.

Tips bergaya dengan sepatu brogues

Sepatu brogues dulunya merupakan sepatu untuk beraktivitas di luar ruangan (outdoor) dan tidak dimaksudkan sebagai sepatu formal.

Namun seiring perkembangan waktu, banyak model sepatu brogues yang layak menjadi pilihan saat kita harus menghadiri acara resmi.

Sifat sepatu brogues yang serbaguna menjadikan sepatu ini mudah disesuaikan dengan beragam pakaian, mulai dari celana jins biru dan kaus hingga kemeja chambray dan celana chino.

1. Brogues dan celana bahan

Agar penampilan kita lebih smart dan rapi, pilih sepatu brogues dengan warna-warna klasik seperti hitam, cokelat, atau burgundy.

2. Brogues dan celana chino

Agar kombinasi sepatu brogues dan celana chino sempurna, pilih warna-warna klasik untuk kedua item tersebut. Lengkapi penampilan dengan kemeja sederhana.

Kita juga dapat memakai blazer sebagai luaran dan menggulung ujung celana untuk memamerkan tampilan sepatu brogues.

3. Brogues dan celana jins

Selama kita memilih sepatu brogue dan celana jins yang tepat, perpaduan kedua item ini bisa menghasilkan gaya yang smart.

Caranya? Pilih celana jins skinny atau slim berwarna biru tua atau hitam. Sedangkan untuk atasannya, pakailah kemeja dan blazer atau sweater.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/10/094913420/mengenal-sepatu-brogues-apa-cirinya-dan-kapan-memakainya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke