Salin Artikel

Cara Bikin Ruangan Tanpa Jendela Lebih Terang

KOMPAS.com – Ruangan tanpa cahaya atau minim cahaya merupakan sebuah masalah dalam menata rumah. Selain membuat visibilitas menjadi terbatas, ruangan gelap juga memengaruhi mood seseorang ketika beristirahat maupun bekerja.

Ada beberapa penyebab yang membuat ruangan menjadi gelap. Misalnya, ketiadaan jendela, celah, maupun posisi ruangan yang salah sehingga menghambat cahaya yang masuk.

Cara membuat ruangan menjadi lebih cerah tak melulu harus membuat jendela atau memasang pintu dengan ventilasi.

Ruangan bisa dibuat lebih cerah dengan tambahan beberapa peralatan dekorasi rumah. Lalu, bagaimana caranya?

Membuat ruangan jadi cerah

Ada beberapa cara untuk membuat ruangan menjadi cerah tanpa jendela. Simak yang berikut ini:

1. Gunakan cahaya buatan

Meski tanpa jendela, ruangan bisa menjadi cerah dengan cahaya buatan. Pertama-tama, pikirkan seberapa banyak cahaya yang dibutuhkan di dalam ruangan.

Hal ini bisa kamu pertimbangkan sesuai ukuran ruangan, jenis ruangan, dan suasana seperti apa yang ingin diciptakan.

Kamu bisa menentukan tingkat dasar cahaya yang dibutuhkan dengan menggunakan rumus ini. Misalnya, jika ruangan yang ingin kamu tambahkan cahaya buatan merupakan kamar tidur atau ruang tamu, biasanya membutuhkan sekitar 10-20 lumens per kaki persegi.

Sedangkan dapur atau kamar mandi membutuhkan sekitar 70-80 lumens. Untuk menghitung tingkat cahaya yang dibutuhkan, kalikan luas ruangan tanpa jendela dengan angka ini.

Selain mempertimbangkan seberapa banyak cahaya yang dibutuhkan, kamu bisa memilih jenis cahaya yang akan digunakan. Karena, masing-masing lampu memiliki tingkat dan jenis warna yang berbeda.

Ada tiga jenis utama pencahayaan yang perlu diketahui:

  • Pencahayaan sekitar: ini adalah tingkat pencahayaan keseluruhan di sebuah ruangan, termasuk lampu utama serta lampu dan sumber cahaya lainnya.
  • Pencahayaan tugas: ini mengacu pada pencahayaan yang lebih kuat dan lebih terarah yang digunakan untuk membaca, memasak, dan lain-lain.
  • Pencahayaan aksen: pencahayaan aksen biasanya digunakan untuk menonjolkan karya seni, ornamen, dan fitur arsitektur yang ditemukan di dalam ruangan.

Saat memberi pencahayaan sesuai jenis-jenis lampu di atas, kamu perlu mengetahui bahwa menggabungkan berbagai jenis cahaya biasanya disebut sebagai pelapisan cahaya.

Hal ini tidak saja efektif untuk memberikan banyak tambahan cahaya secara praktis, melainkan juga menciptakan aura dan suasana yang diinginkan.

Yang perlu dicatat adalah ketika menggabungkan pencahayaan buatan adalah keseimbangan di dalam ruang.

Hindari membuat beberapa area menjadi sangat terang dengan mengorbankan yang area lain, karena hanya akan menjadikan sudut lain menjadi gelap dan membuat ruangan terasa lebih kecil dan lebih sesak.

Sangat penting juga untuk memilih pencahayaan sekitar yang tepat jika ingin menambahkan rasa kecerahan dan kesejukan.

Misalnya, di kamar tidur atau ruang tamu tanpa jendela, overhead lamp besar seperti lampu gantung kaca akan menjadi sentuhan yang apik. Sementara, lampu kristal atau kaca akan memberikan titik fokus menakjubkan yang akan memantulkan cahaya dengan baik..

Selain memantulkan cahaya ke bawah, banyak model lampu gantung juga dirancang untuk memantulkan sebagian cahaya ke bagian langit-langit, yang membantu menerangi area yang lebih luas.

Bahan dan model pemasangan lampu yang dipilih juga memengaruhi rasa cahaya dan suasana di ruangan tanpa jendela.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari cahaya yang tersedia, pilihlah fitting reflective metallic bernuansa chrome, perak, atau kuningan. Cara ini dapat dicoba dengan menambahkan bola lampu filamen LED berdiri.

Yang terakhir untuk pemasangan cahaya buatan di dalam ruangan, suhu warna harus diperhatikan. Kamu bisa menyetelnya dengan cahaya putih kebiruan yang lebih dingin yang lebih dekat dengan cahaya alami ditemukan atau cahaya kuning yang lebih hangat yang memiliki elemen santai dan nyaman.

2. Penggunaan cermin

Cermin adalah cara efektif untuk menambahkan cahaya ke dalam ruang gelap. Di ruangan tanpa jendela, cermin bisa dimanfaatkan untuk membuat tampilan dan efek jendela.

Cermin bisa digunakan untuk mempermanis ruangan yang biasa saja. Caranya, tambahkan cermin besar atau beberapa cermin, bisa juga dengan menggantungkan cermin besar di seberang pintu untuk memantulkan cahaya tambahan ke dalam ruangan dari ruangan lain yang cukup terang.

Jika ruang makan atau ruang tamu tidak memiliki jendela, menempatkan cermin besar di dinding atau di atas perapian dapat memberikan cahaya secara signifikan.

Tempatkan cermin dengan posisi yang dapat memantulkan cahaya dari pemasangan lampu di atas kepala. Jika tidak, alternatifnya adalah menambahkan lampu dinding di kedua sisi cermin untuk mendapatkan tampilan yang lebih seimbang.

Sedangkan, bila kamarmu redup, posisikan cermin sebagai titik fokus ruangan, dan tambahkan sepasang lampu dinding di kedua sisinya sehingga memantulkan cahaya yang bagus dan bebas silau.

Di kamar tidur, pertimbangkan untuk menambahkan cermin besar di atas tempat tidur yang akan memantulkan cahaya dari lampu gantung utama atau liontin di atas kepala.

Cermin meja rias juga bisa dipadukan dengan lampu meja yang akan menciptakan cahaya yang menenangkan. Sedangkan, cermin ukuran penuh yang dipadukan dengan lampu lantai akan langsung mencerahkan setiap sudut gelap.

3. Pilih pintu yang memungkinkan cahaya masuk

Pintu bisa membuat ruangan gelap menjadi cerah. Jika pintu di ruangan terbuat dari kayu atau material lain yang minim ventilasi atau membuat cahaya tidak bisa masuk, gantilah dengan pintu kaca.

Meski pintu ini membuat orang dari luar bisa melihay ke dalam ruangan, masalah ini bisa diatasi dengan menambahkan tirai.

Menggunakan pintu ganda dan lengkungan tanpa pintu juga dapat membantu membawa cahaya dari kamar lain atau lorong yang memiliki lebih banyak cahaya.

4. Pilih skema warna yang lebih terang untuk ruangan

  • Dinding dan langit-langit: untuk menambahkan kecerahan secara paktis dan instan, lapisi dinding dan langit-langit dengan cat putih bernuansa mewah.

Warna putih bisa memberi nuansa layaknya sinar matahari alami yang segar dengan memantulkan cahaya dari setiap sumber yang tersedia untuk tampilan yang paling terang.

Agar ruangan tidak gelap, pertimbangkan warna cat untuk dinding dan langit-langit yang tepat. Untuk ruangan yang redup, kamu bisa memilih nuansa putih seperti krim dan ivory, atau bahkan nuansa pastel seperti lilac, sky, mint, atau butter.

  • Lantai: kamu bisa memih karpet berwarna lebih terang atau lantai kayu keras pucat untuk memantulkan cahaya dan membuat ruangan gelap menjadi lebih terang.

Namun, jika lantai putih tidak sesuai dengan seleramu, pertimbangkan lantai kayu keras putih atau pucat, atau lantai vinil efek kayu yang lebih murah.

Alternatif lain adalah dengan meletakkan beberapa karpet berwarna alami dengan rotan atau goni. Bahan-bahan ini memiliki efek mencerahkan yang serupa dengan karpet krem tetapi lebih tahan lama dan lebih mudah dibersihkan.

5. Tambahkan beberapa tanaman ke dalam ruangan

Menambahkan elemen alami ke ruangan gelap dapat membantu mengimbangi kurangnya cahaya alami.

Tanaman bisa membuat ruangan yang paling gelap pun terasa sedikit lebih cerah. Menggunakan pot yang warnanya mencolok dan cerah seperti merah tua, kuning kenari, atau kobalt untuk menampilkan bunga segar dan tanaman hijau dapat membuat ruangan tampak lebih cerah.

Cobalah dengan menempatkan tanaman di atas meja, di tengah meja kopi, atau di rak buku.

6. Manfaatkan permukaan yang reflektif

Menggunakan permukaan reflektif adalah salah satu cara termudah untuk mencerahkan ruangan yang tidak memiliki jendela. Caranya dapat dilakukan dengan:

  • Dekorasi kaca: tempatkan pernak-pernik kaca, mangkuk kaca, dan perabotan dengan permukaan kaca di seluruh ruangan untuk memantulkan cahaya di sekitar ruangan. Selain menambah kecerahan, kaca juga akan menambah kesan elegan pada ruangan.
  • Wallpaper: wallpaper bisa mencerahkan ruangan tanpa jendela. Carilah wallpaper yang memiliki aksen metalik yang ramping dan warna latar belakang pucat untuk memaksimalkan jumlah cahaya yang akan dipantulkannya.

7. Pilih perabotan yang sederhana

Yang terakhir, kamu bisa memilih perabotan berbentuk sederhana agar menimbulkan kesan yang lebih luas dan memungkinkan cahaya sebanyak mungkin mengalir di sekitar ruang. Selain itu, untuk menghindari sesuatu yang terlalu gelap, masukka perabotan yang tidak menyerap cahaya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/15/152343420/cara-bikin-ruangan-tanpa-jendela-lebih-terang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.