Salin Artikel

3 Tips Mencegah Anak Kecanduan Gawai di Rumah

Hal ini pun tentunya dapat memicu kecenderungan anak-anak untuk kecanduan terhadap gawai atau gadget karena screen time yang juga meningkat.

Menurut seorang dokter umum, Dr Cynthia Eskandriana, kecanduan gawai ini tidak hanya akan berdampak buruk bagi otak, tetapi juga dapat memengaruhi gaya hidup sedentari pada anak-anak.

Alhasil, anak-anak bisa memiliki berat badan yang berlebihan atau obesitas karena tidak banyak bergerak. Dan, obesitas dapat membuat sistem imun tubuh anak jadi menurun.

Oleh sebab itu, Dr Cynthia pun membagikan beberapa tips bagi para orangtua untuk bisa mencegah anak-anaknya kecanduan gawai di rumah sebagai berikut ini.

• Mengajak anak melakukan hobi dan kegiatan baru

Pandemi tidak hanya membuat orang dewasa saja yang bosan, tetapi juga anak-anak.

Maka dari itu, Dr Cynthia merekomendasikan agar para orangtua dapat mengajak anak-anaknya untuk melakukan atau mengeksplorasi kegiatan baru.

"Misalnya, kalau ada orangtua yang gemar memelihara tanaman, anak-anak bisa diikutsertakan untuk membantu menyirami tanaman," kata dia dalam webinar Allianz x KidZania, Kamis (16/12/2021).

"Selain itu, kita juga bisa mengajak anak-anak melakukan aktivitas fisik seperti senam, bersepeda, lompat tali, dan lain sebagainya untuk meningkatkan metabolisme anak," sambung dia.

Dengan melakukan kegiatan yang beragam, anak-anak jadi akan lebih banyak bergerak dan tidak terlalu terpaku pada gawai yang sudah digunakan saat bersekolah secara online.

• Membatasi penggunaan gawai

Dokter Cynthia mengatakan, hal ini sepertinya akan sulit dilakukan. Namun, orangtua harus tetap tegas membatasi penggunaan gawai pada anak-anak setiap harinya.

"Penggunaan gawai atau jadwal screen time bagi anak-anak itu paling maksimal 5-6 jam sehari," ungkapn dia.

Selain itu, sebisa mungkin orangtua juga memberi tahu anak-anak tentang dampak menggunakan gawai yang terlalu berlebihan, supaya mereka lebih menyadari makna dari pembatasan gawai.

"Selebihnya, orangtua bisa menciptakan kegiatan yang lebih menyenangkan di rumah seperti bermain bersama atau membuat ruangan tempat anak-anak bisa bermain dengan nyaman," kata dia.

• Mencontohkan anak perilaku yang baik

Setiap anak pasti akan mengikuti apa yang dilakukan oleh orangtuanya di rumah.

Untuk itu biasakan diri mencontohkan perilaku yang lebih baik agar anak-anak dapat meniru perilaku yang baik pula.

Menurut Dr Cynthia, kecanduan anak terhadap gawai juga tidak lepas dari perilaku orangtua yang selalu bermain gawai saat berada di rumah.

"Jadi, orangtua itu tidak bisa hanya melarang atau membatasi anak-anak saja untuk tidak bermain gawai, namun perlu mencontohkannya di depan anak-anak," kata dia.

Cynthia menambahkan, apabila orangtua memiliki gaya hidup yang lebih sehat dan perilaku yang lebih baik di dalam rumah, maka anak-anak dapat berkembang sesuai dengan apa yang mereka lihat sehari-hari.

"Kalau orangtua suka olahraga dan jarang menggunakan gawai, anak-anak dengan sendirinya akan mengikutinya," imbuh dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/12/17/224008020/3-tips-mencegah-anak-kecanduan-gawai-di-rumah

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.