Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Ririn Ekawati Jadikan Bulan Ramadhan Lebih Bermakna

KOMPAS.com - Setiap keluarga pasti memiliki cara dan tradisi tersendiri ketika Bulan Suci Ramadhan. Termasuk bagi keluarga aktris sekaligus pembawa acara, Ririn Ekawati.

Sebagai seorang entertainer dan juga working mom, tentu Ririn memiliki segudang aktivitas padat yang mengharuskannya cerdik dalam membagi waktu.

Apalagi ketika bulan puasa tiba, pasti jadwalnya sehari-hari perlu diatur ulang agar tubuh tidak mudah lelah dan dapat berbuka bersama anak dan suami.

"Sebagai seorang ibu, menyeimbangkan aktivitas pribadi dan waktu luang bersama keluarga menjadi tantangan tersendiri," kata Ririn dikutip dari siaran ShopeePay Big Ramadan Deals, Senin (4/4/2022).

"Terlebih di bulan Ramadhan ini, di mana kebutuhan keluarga semakin banyak dan cukup berbeda dengan bulan-bulan lainnya."

Meski begitu, Ririn ternyata memiliki cara tersendiri agar bulan puasa yang penuh berkah ini tidak lewat begitu saja dan terasa bermakna.

Lantas, apa saja cara-cara yang dilakukan istri Ibnu Jamil tersebut untuk memaknai Bulan Suci Ramadhan?

  • Mengenalkan konsep berpuasa kepada anak

Sedari dini, anak perlu diberi pemahaman soal pentingnya dan cara berpuasa agar ketika tumbuh dewasa ia sudah terbiasa.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Ririn yang secara konsisten mengajari anak bungsunya, Cattleya, untuk menjalankan ibadah puasa bersama keluarga.

Ririn mengaku, putrinya tersebut sudah ia ajari tentang berpuasa ketika usianya menginjak empat tahun pada tahun lalu.

“Aku mulai dari konsep sederhana, seperti pentingnya kewajiban berpuasa serta bagaimana caranya menahan rasa lapar, haus, dan emosi," ujar Ririn.

Ririn mengatakan, mendidik anak memang tidak mudah, apalagi mengajarinya untuk berpuasa.

Terlebih ketika usia anak masih terlalu dini, ia pasti kesulitan untuk menahan godaan dan sering tergiur dengan makanan-minuman yang disukai.

"Jadi, aku mendorong anak untuk mulai berpuasa secara bertahap saja agar anakku tidak merasa berat dalam menjalaninya, toh masih dalam proses belajar juga,” ungkap Ririn.

  • Menyusun meal plan

Hal yang tidak kalah penting selama bulan puasa bagi Ririn adalah membuat daftar kebutuhan selama berpuasa dan untuk Lebaran sejak awal.

Seolah sudah menjadi "tradisi" tahunan di keluarganya, Ririn menyebut hal itu dilakukan agar dapat lebih mudah mengatur waktu di tengah kesibukan selama bulan Ramadhan.

Ririn bersama keluarga tercintanya biasa menyusun meal plan untuk sahur agar satu sama lain semakin hangat.

Dengan menyusun meal plan, ia mengutarakan anaknya menjadi semakin bersemangat untuk sahur.

Hal yang sama ternyata juga dilakukan Ririn ketika menjelang berbuka puasa dengan mengajak suami dan buah hatinya memilih makanan dari restoran favoritnya

Cara sederhana itu disebut Ririn dapat mengakomodir kebutuhan seluruh anggota keluarga, sekaligus menjadi momen family time di bulan Ramadhan.

  • Melakukan rutinitas baru

Ada berbagai tradisi tahunan yang dilakukan Ririn setiap bulan puasa, seperti berziarah, menunaikan tarawih di masjid terdekat, atau bukber bersama adiknya.

Kegiatan-kegiatan itu memang masih dilakukannya hingga saat ini, tapi Ririn juga menambahkan hal-hal baru dalma rutinitasnya bersama keluarga agar makin berwarna.

Misalnya dengan memperkenalkan makanan khas Ramadhan yang ia sukai sejak kecil kepada suami dan anak.

Seperti, menghidangkan kuliner khas berupa es pisang ijo atau palu butung sebagai variasi takjil keluarga saat berbuka

Hal itu dilakukannya sebab Ririn tumbuh dan besar di tengah keluarga Sulawesi.

Kegiatan lain yang dilakukannya untuk menambah keseruan selama bulan puasa adalah tradisi membuat buras dan Coto Makassar sebagai hidangan khas sambut hari raya.

  • Memanfaatkan teknologi 

Ririn memyadari bahwa puasa memang cukup menguras energi, apalagi jika ia melakukan banyak aktivitas berat selama seharian.

Daripada berpanas-panasan untuk belanja, membeli makanan, atau membeli obat, ia lebih memilih layanan yang sudah tersedia secara digital.

Dengan begitu, ia bisa memesan makanan dan melakukan konsultasi dengan fasilitas layanan kesehatan melalui ponsel pintarnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/05/023000020/cara-ririn-ekawati-jadikan-bulan-ramadhan-lebih-bermakna

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.