Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ide Dekorasi Rumah yang Justru Menguras Kantong

KOMPAS.com - Mengikuti tren dekorasi rumah terkini terasa menyenangkan. Apalagi, jika kita menginginkan suasana baru di dalam rumah.

Sayangnya tidak semua ide dekorasi bisa diterapkan. Sebaiknya, kita menyesuaikan dengan kondisi rumah dan dana yang dimiliki.

Kesalahan mendekorasi rumah bisa menyebabkan tampilan rumah menjadi berantakan.

Berikut ini sejumlah kesalahan umum saat mendekor rumah:

1. Interior serba hitam

Desainer interior Pamela O'Brien mengatakan, tren lemari dan dinding hitam tidak mudah dipadukan. Kita pun membutuhkan banyak usaha untuk mengganti warna hitam dengan warna lain.

"Meskipun lemari dan dinding hitam memberikan efek dramatis, nuansa hitam dan kegelapan bisa menimbulkan tekanan," catat O'Brien.

Warna hitam biasanya sulit untuk disamarkan, sehingga kita harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk mengganti lemari hitam jika lemari itu tampak kurang bagus.

2. Perabotan berwarna-warni

O'Brien mengingatkan, perabotan berwarna-warni tidak selalu menjadi investasi yang tepat.

"Perabotan berwarna-warni menyenangkan untuk dilihat, tetapi ketahuilah kulkas berwarna hijau mint atau merah muda dapat menentukan sisa dekorasi dapur kita," sebut sang desainer.

Di samping itu, perabotan yang berwarna-warni cenderung lebih mahal ketimbang perabotan biasa.

3. Rak terbuka

Menempatkan setiap ornamen di rak terbuka membutuhkan disiplin yang tinggi dan perawatan rutin.

"Jika kita bersedia mengatur benda-benda dengan hati-hati setiap hari, rak terbuka bisa menjadi tampilan yang bagus," kata O'Brien.

"Tetapi jika kita perlu menyimpan berbagai macam barang yang kurang sedap dipandang, lemari biasa adalah pilihan yang lebih baik."

Ditambahkan O'Brien, rak terbuka umumnya tidak dapat menampung barang sebanyak lemari biasa, sehingga kita membutuhkan ruang lebih untuk menyimpan barang.

Susann Goerg, desainer interior dan pendiri Happy Homes menuturkan, swag lighting atau lampu dengan kabel yang menggantung akan membuat ruangan terkesan berantakan.

"Seringkali, swag lighting menyebabkan tampilan dan nuansa ruangan seolah belum selesai ditata," papar Goerg.

Ia justru menyarankan untuk mencoba lampu yang digantung di tembok (swing-arm wall sconce) atau lampu lantai dengan tiang melengkung.

5. Membawa tanaman masuk ke dalam rumah

Menempatkan tanaman ke dalam rumah merupakan cara mudah untuk membuat ruangan terasa nyaman dan segar. Namun, cara ini juga memakan banyak biaya.

"Bagi mayoritas orang, menghabiskan banyak uang untuk tanaman eksotis adalah hal yang tidak masuk akal," catat O'Brien.

"Ditambah, tanaman hijau membutuhkan banyak perawatan dan bisa menjadi sarang hama."

Jika banyak tanaman diletakkan di dalam ruangan --terutama ruang minim ventilasi udara, tanaman berisiko terkena serangan hama dan masalah jamur karena kelembapan ruangan yang tinggi.

6. Menempatkan perabotan tanpa mengutamakan kenyamanan

Perabotan seperti sofa berbentuk melengkung atau kursi gantung akan menambahkan efek dramatis dalam ruangan, namun belum tentu nyaman.

"Setiap perabotan harus fungsional dan memberikan kenyamanan, bukan hanya penampilan," kata Goerg.

"Pastikan sofa melengkung itu cocok diletakkan di ruangan kita dan benar-benar nyaman."

Memasang ubin atau backsplash (dinding yang terdapat di dapur) merupakan investasi jangka panjang.

Maka dari itu, Goerg menyarankan untuk memilih ubin dengan motif geometri atau vintage yang bernuansa cerah.

"Ubin dengan motif yang terlihat kuno dapat memengaruhi nilai properti kita," jelas Goerg.

"Pikirkan apakah kita masih akan menyukai pola itu dalam enam atau delapan tahun ke depan, dan apakah pola tersebut meningkatkan tampilan rumah atau tidak."

Alih-alih menggunakan ubin bermotif kuno, cobalah memilih ubin dalam warna solid atau bermotif subway, herringbone, dan penny.

8. Pegangan laci berbahan kulit

Pegangan berbahan kulit di kabinet atau laci akan memberikan karakter pada sebuah ruangan. Tetapi, model pegangan seperti ini tidak terlalu praktis dan tidak awet.

"Bahan kulit menyerap noda dengan mudah saat terkena tangan yang basah, jari lengket, riasan, minyak, dan sisa makanan," tutur Goerg.

"Bahan ini juga cenderung mengendur seiring waktu, jadi pada akhirnya kita mungkin akan mengganti itu dengan alternatif yang lebih tahan lama."

Apabila tertarik dengan pegangan berbahan kulit, pasanglah di perabotan kamar tidur, bukan di lemari dapur atau kamar mandi.

Gambar atau motif pada dinding yang memiliki aksen berbeda dari perabotan lain dalam sebuah ruangan dapat membuat ruangan itu terlihat kacau.

"Aksen dinding yang acak dan tidak seimbang dalam pola atau warna yang kontras akan membuat tampilan ruangan seolah tidak fokus," saran Goerg.

Sebagai gantinya, Goerg menganjurkan untuk menyesuaikan dinding dengan cat atau memasang wallpaper.

10. Menambahkan dekorasi anyaman rotan

Desainer interior Luciana Fragali, owner Design Solutions menyebut, furnitur berbahan rotan biasanya memiliki harga mahal.

"Tren anyaman rotan muncul kembali setiap dekade atau lebih, tetapi ketika tidak menjadi tren, dekorasi yang mahal itu menjadi perusak pemandangan," ujar Fragali.

Perabotan anyaman rotan bisa dimanfaatkan untuk mendekorasi teras atau halaman rumah, asalkan perabotan tersebut sudah ditutup (sealed) dan dilapisi kain khusus agar tahan terhadap segala cuaca.

11. Memasang mural di dinding

Jika kita berencana untuk pindah rumah dalam waktu dekat, sebaiknya tidak memasang mural di dinding.

"Ketika menjual rumah, mural dinding menjadi satu-satunya fokus pembeli," kata Fragali.

"Mural bisa tampak seperti dekorasi yang bagus saat itu, tetapi akan terlihat kuno dalam waktu cepat."

12. Dekorasi serba putih

Interior minimalis dengan perabotan serba putih sudah menjadi tren selama bertahun-tahun, tetapi gaya ini sulit dipertahankan.

"Dekorasi serba putih tidak praktis, terutama di rumah dengan anak-anak dan hewan peliharaan," sebut Fragali.

"Dekorasi ini bisa sulit untuk dijaga kebersihannya."

Memilih aksesori dan perabotan berwarna netral dapat membantu kita mendapatkan estetika yang hampir sama seperti tampilan serba putih tanpa menguras banyak biaya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/07/05/100231020/ide-dekorasi-rumah-yang-justru-menguras-kantong

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke