Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Susu Oat vs Susu Almond, Mana yang Lebih Sehat?

KOMPAS.com - Waktu kecil dulu, kita hanya mengenal susu sapi. Susu sapi inilah yang kita minum setiap hari, sebelum berangkat sekolah atau setelah bermain.

Namun saat ini, banyak alternatif susu lainnya, seperti susu kedelai dan susu kambing. Ada juga pelaku diet yang memilih susu oat dan susu almond.

Susu almond dianggap baik untuk individu yang berusaha menjaga berat badan dan mencari susu yang lebih sedikit kalori.

Sementara, susu oat disebut memiliki konsistensi yang lebih kental, serta lebih tinggi karbohidrat.

Pertanyaannya, di antara susu oat dan susu almond, mana yang lebih sehat?

Membandingkan susu oat dan susu almond

Bahan

Pada dasarnya, susu oat dan susu almond sama-sama merupakan susu nabati (non-dairy milk) yang sudah dicampur air dan disaring, kata ahli diet terdaftar Alex Caspero, MA, RD.

Menurut Caspero, susu nabati tidak jauh berbeda dari jus, di mana nutrisi dari bahan-bahan nabati --baik oat, biji-bijian, atau almond-- diekstrak kemudian dijadikan susu.

Banyak susu oat dan susu almond di pasaran yang mengandung tambahan gula, dan diperkaya vitamin dan mineral, terutama kalsium dan vitamin D, kata dia.

Dengan demikian, susu nabati dan susu sapi sebanding dalam hal nutrisi. Itu sebabnya, Caspero sering menganjurkan kliennya untuk memilih opsi susu nabati yang diperkaya nutrisi.

Sebagian perusahaan pembuat susu nabati terkadang menggunakan pengemulsi seperti gum agar vitamin tersebar merata di seluruh cairan susu.

Studi menujukkan, beberapa gum bertindak sebagai prebiotik, yakni serat yang tidak dapat dicerna yang merupakan makanan bagi bakteri usus.

Namun, tingkat toleransi tubuh setiap orang untuk prebiotik ini berbeda-beda.

Ada beberapa individu yang sensitif terhadap gum tersebut, sehingga mengalami gangguan sistem pencernaan.

Bagi yang memiliki usus sensitif, Caspero menyarankan untuk memilih susu oat dan susu almond yang tidak diperkaya pengemulsi tersebut.

Kandungan nutrisi

Susu almond cenderung lebih rendah kalori, apalagi jika tidak diberi pemanis. Sedangkan susu oat mengandung lebih banyak protein.

Beberapa merek susu terkadang menambahkan sedikit lemak dalam susu oat untuk menawarkan rasa yang lembut.

Berikut gambaran nutrisi dalam susu oat dan susu almond, berdasarkan produk yang ditemukan di pasaran:

Susu oat (Oatly Original Chilled Oatmilk)

120 kalori
5 gram lemak
16 gram karbohidrat
2 gram serat
7 gram gula
3 gram protein

Susu almond (Almond Breeze Original Almondmilk)

60 kalori
2,5 gram lemak
8 gram karbohidrat
1 gram serat
7 gram gula
1 gram protein

Rasa dan tekstur

Caspero menyebut, susu oat jauh lebih kental daripada susu almond yang cenderung encer dan memiliki tekstur mirip seperti susu sapi.

Profil rasa kedua susu juga berbeda. Ahli diet terdaftar Jerlyn Jones, MS, MPA, RDN, LD, CLT memaparkan, susu almond memiliki sedikit karakter rasa nutty atau pedas, sementara susu oat lebih manis.

Mana yang lebih ramah lingkungan?

Susu oat, di sisi lain, membutuhkan area tanah yang lebih luas untuk menanam biji gandum. Pohon almond tidak memerlukan lahan seluas itu.

Caspero mengatakan, jika dibandingkan antara susu oat dan susu almond, maka susu oat sedikit lebih ramah lingkungan.

Namun apabila dibandingkan dengan susu sapi, baik susu oat maupun susu almond adalah alternatif yang ramah lingkungan.

Kesimpulan

Caspero dan Jones sepakat, tidak ada perbedaan besar terkait kandungan nutrisi dalam susu oat dan susu almond. Namun semua itu kembali ke selera tiap individu.

Misalnya, jika menginginkan susu rendah kalori, pertimbangkan susu almond tanpa pemanis daripada susu oat yang penuh lemak.

Susu oat juga kaya karbohidrat (sekitar 16 gram per porsi), yang dapat meningkatkan kadar gula darah dan bukan pilihan terbaik bagi individu yang berusaha mengelola kadar gula darah, catat Jones.

Tetapi disarankan Caspero, bagi ibu hamil atau menyusui yang memerlukan nutrisi makro tambahan, dapat memilih susu oat yang lebih tinggi lemak dan protein daripada susu almond.

Masih bingung memilih susu nabati mana yang cocok bagi kita? Lakukan konsultasi dengan ahli diet untuk menentukan susu nabati berdasarkan kondisi kesehatan, biaya, dan alasan kita mengonsumsi alternatif susu sapi, jelas Jones.

Terakhir, pastikan susu nabati apa pun yang kita pilih --entah itu susu oat atau susu almond-- bebas dari tambahan pemanis.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/08/28/090457820/susu-oat-vs-susu-almond-mana-yang-lebih-sehat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke