Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Amazfit GTR 4 dan GTS 4, Fiturnya Lebih Lengkap dan Akurat

KOMPAS.com – Saat ini smartwatch semakin banyak dipakai berbagai kalangan, terutama mereka yang ingin memantau kesehatan dan yang gemar berolahraga.

Selain itu, smartwatch juga dilirik mereka yang ingin tampil kekinian sekaligus menginginkan hal-hal yang praktis.

Tak heran bila pertumbuhan alat penunjuk waktu ini makin pesat, dengan hadirnya banyak merek dan jenis yang makin lama makin canggih.

Salah satu merek yang patut dilirik adalah Amazfit. Alasannya, brand ini menghadirkan smartwatch dengan berbagai fitur menarik dengan harga yang relatif terjangkau.

Baru-baru ini Amazfit --yang dimiliki oleh Zepp, sebuah perusahaan teknologi kesehatan-- kembali meluncurkan dua smartwatch seri lifestyle terbaru yakni Amazfit GTR 4 dan Amazfit GTS 4.

Seri ini dilengkapi antena GPS terpolarisasi sirkuler dual-band pertama, 150 mode olahraga bawaan, dan kemampuan untuk mengenali banyak latihan kekuatan secara otomatis.

Seiring dengan fungsi kesehatan 24/7 yang mudah digunakan, GTR 4 dan GTS 4 juga dibarengi aplikasi Zepp OS 2.0 yang ditingkatkan, untuk pengalaman pengguna yang optimal.

Evan Angganantika, General Manager Amazfit Indonesia menjelaskan bahwa kedua smartwatch ini cocok dikenakan untuk berbagai acara, mulai kegiatan resmi, jalan-jalan, hingga olahraga.

"Amazfit GTR 4 (yang bentuknya bulat) cocok untuk kegiatan formal hingga olahraga, sedangkan GTS 4 (berbentuk kotak) cocok untuk aktivitas yang lebih kasual atau fesyen,” kata Evan, dalam acara Amazfit Media Briefing yang digelar secara online.

Penentuan posisi GPS akurat

Seperti disebutkan di atas, Amazfit GTR 4 dan GTS 4 dibuat dengan teknologi antena GPS terpolarisasi sirkular pita ganda.

Kemajuan teknologi ini memungkinkan smartwatch memberikan posisi yang tepat, tanpa gangguan lingkungan atau multi-jalur.

Amazfit GTR 4 dan GTS 4 juga mendukung lima sistem penentuan posisi satelit (dengan yang keenam ditambahkan dalam pembaruan firmware yang akan datang), dan dapat digunakan untuk melacak pergerakan GPS real-time pengguna.

Di masa depan, pengguna juga akan dapat mengimpor file rute dan navigasikan secara real-time, langsung di layar.

Nah, lewat smartwatch ini, pengguna dapat memilih dari lebih dari 150 mode olahraga, termasuk berbagai jenis mode berjalan, berlari, bersepeda, dan berenang.

Amazfit GTR 4 dan GTS 4 bahkan dapat mengenali 15 latihan kekuatan secara otomatis, bersama dengan delapan gerakan olahraga.

"Jadi smartwatch ini akan mengenali jenis olahraga yang sedang dilakukan melalui gerakan penggunanya," tutur Evan.

Pengenalan cerdas terhadap latihan kekuatan ini juga memungkinkan jam tangan menghitung repetisi, set, dan waktu istirahat pengguna secara otomatis.

Template yang dipersonalisasi untuk pelatihan interval 10 olahraga yang berbeda dapat dibuat langsung di tampilan jam tangan, dan algoritma status latihan PeakBeats akan memberikan data seperti VO2 Max setelah latihan selesai.

Penyimpanan musik

Berkat speaker internal, kedua jam tangan pintar dapat menyimpan musik untuk pemutaran independen, serta digunakan untuk mengontrol musik di ponsel pengguna melalui Bluetooth.

Amazfit GTR 4 dan GTS 4 juga dapat menyiarkan data mode olahraga real-time seperti detak jantung, durasi dan jarak latihan, dan bahkan pengingat hidrasi melalui speaker atau headphone Bluetooth pengguna, sehingga kita tidak perlu mengangkat pergelangan tangan.

Ditingkatkan menjadi 2LED, sensor baru ini mengumpulkan data 33% lebih banyak daripada generasi sebelumnya, dan - bila dikombinasikan dengan algoritma pelacakan detak jantung pada jam tangan - sangat mengurangi potensi gangguan sinyal yang disebabkan oleh gerakan lengan selama berolahraga.

Seperti seri sebelumnya, Amazfit GTR 4 dan GTS 4 juga memiliki fitur pemantauan oksigen darah, detak jantung, dan tingkat stres 24/7, serta fungsi pengukuran yang merangkum ketiga metrik ini, ditambah laju pernapasan, secara bersamaan.

Pengguna juga dapat merasakan peningkatan pada pemantauan tidur, dengan kemampuan baru untuk membuat Jadwal Tidur khusus yang dapat diatur untuk secara otomatis mengenali tidur pada malam atau siang hari sebagai "tidur utama" pengguna.

Zepp OS 2.0 yang ditingkatkan

Untuk melengkapi smartwatch baru ini, sistem operasi Zepp OS Amazfit ikut ditingkatkan. Pengguna kini dapat memilih salah satu dari dua gaya tata letak menu aplikasi, dan skema warna yang lebih alami atau cerah.

Pengguna juga dapat menambahkan "Baby Records", yang memungkinkan mereka merekam waktu tidur dan menyusui bayi mereka, ditambah dua game baru yang dapat diunduh, bersama dengan aplikasi pihak ketiga GoPro dan Home Connect.

Personal Assistance

Asisten online Amazon Alexa juga telah disertakan ke dalam Amazfit GTR 4 dan GTS 4, dan ditampilkan sebagai widget akses cepat di salah satu tampilan jam yang dapat diunduh.

Jam tangan pintar ini juga dilengkapi asisten suara offline, yang dapat digunakan untuk tugas-tugas seperti membuka mode olahraga melalui kontrol suara.

Pengguna bahkan dapat menerima dan menjawab panggilan telepon Bluetooth menggunakan mikrofon dan speaker internal.

Jam tangan pintar ini dibuat dengan bingkai metalik dan hadir dalam tiga warna, termasuk Superspeed Black dan Racetrack Grey. Mahkota (crown) setiap model juga menampilkan detail merah dan tekstur seperti tapak ban, menambahkan sentuhan petualangan.

Sedangkan Amazfit GTS 4 memiliki layar AMOLED HD 1,75", yang dapat menyala dengan 150+
pilihan tampilan jam.

Dengan berat 27 gram tanpa tali, jam tangan ini tampak ramping, dan tersedia dalam empat warna cerah termasuk Infinite Black, Misty White, Autumn Brown, dan Rosebud Pink, dilengkapi mahkota bergaya batu permata.

Daya tahan baterai

Baterai Amazfit GTR 4 dapat bertahan selama 14 hari dengan penggunaan biasa. Sementara baterai Amazfit GTS 4 dapat bertahan lebih dari satu minggu penuh dengan penggunaan biasa.

Daya tahan baterai ini akan lebih lama bila kita menyalakan Mode Penghemat Baterai di mana beberapa fitur tidak digunakan.

Uniknya, kedua smartwatch memiliki fungsi Pembaruan Pagi, yang merangkum informasi seperti ramalan cuaca, acara kalender, dan data kesehatan bagi penggunanya.

Jam tangan pintar ini juga dapat diatur untuk memberikan peringatan yang tidak normal: detak jantung tinggi atau rendah, tingkat SpO? rendah dan tingkat stres tinggi (yang akan menghasilkan prompt untuk melakukan latihan pernapasan guna mengurangi stres).

Harga

GTR 4 dan GTS 4 dapat dibeli di official e-commerce store AMAZFIT di tokopedia
dan shopee dengan harga Rp 2.799.000.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/11/10/144528020/amazfit-gtr-4-dan-gts-4-fiturnya-lebih-lengkap-dan-akurat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke