Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Membasmi Laba-laba dari Rumah Tanpa Racun, Apa Saja?

KOMPAS.com - Sebagian besar spesies laba-laba di dunia -termasuk yang kerap bersarang di rumah- sebenarnya tidak membahayakan.

Hanya 30 spesies laba-laba yang racunnya dapat menyebabkan sakit hingga kematian dari 43.000 spesies laba-laba yang ditemukan di dunia.

Tapi, tidak sedikit orang yang takut dengan keberadaan hewan berkaki delapan tersebut karena bentuknya yang menyeramkan.

Di samping itu, laba-laba sering kali membuat orang kesal karena mereka suka berkeliaran di dinding dan membuat jaring di banyak tempat.

Tidak mengherankan apabila sebagian orang ingin membasmi laba-laba yang telanjur bersarang di rumah mereka.

Cara membasmi laba-laba tanpa racun

Kehadiran laba-laba di dalam rumah sebenarnya memiliki dampak positif bagi penghuninya.

Hewan berkaki delapan tersebut dapat mengendalikan populasi serangga yang sering berkeliaran di rumah, seperti kecoak, nyamuk, termasuk kutu busuk.

Namun, kalau keberadaan laba-laba di rumah terasa mengganggu, hewan ini dapat dibasmi dengan cara-cara yang berikut ini.

1. Hilangkan sumber makanan laba-laba

Ada alasan kuat mengapa laba-laba datang ke rumah, menurut Kari Warberg selaku CEO EarthKind -perusahaan pembuat bahan pengusir hama alami.

Ia mengatakan, laba-laba dapat memasuki rumah karena mereka menemukan sumber makanan.

Jadi, langkah awal untuk membasmi hewan adalah dengan menghilangkan sumber makanan yang disukai arthropoda ini, antara lain dengan membasmi serangga lain.

2. Singkirkan kacang kastanye

Belum banyak orang yang mengetahui kalau kacang kastanye memiliki aroma yang membuat laba-laba betah berlama-lama di rumah.

Karena alasan itu makanan ini perlu disimpan dalam wadah tertutup dan jangan biarkan tercecer karena laba-laba menyukainya.

3. Gunakan semprotan cuka

Supaya laba-laba tidak membuat jaring-jaring di belakang lemari, rak buku, atau tempat lain, gunakan campuran cuka, dua sendok sabun cuci piring, dan 20 tetes minyak thyme sebagai semprotan pembasmi alami.

Bahan-bahan tersebut dapat dimasukkan ke dalam botol semprot lalu disemprotkan ke titik-titik yang sering disambangi laba-laba.

Aroma yang kuat dari cuka, minyak thyme, dan sabun cuci piring dapat mencegah laba-laba menempelkan jaring-jaringnya pada permukaan perabot, dinding, atau atap.

Perlu diketahui juga kalau sabun cuci piring -khususnya yang beraroma jeruk atau lemon- dapat mengganggu siklus telur laba-laba dan serangga lainnya.

4. Nyalakan musik

Terdengar tidak masuk akal namun laba-laba dapat dibasmi dari rumah dengan menyalakan musik.

Hal itu bisa dilakukan karena hewan tersebut tidak memiliki penglihatan yang bagus sehingga mereka mengandalkan getaran untuk mendeteksi sumber makanan.

Nah, getaran yang dihasilkan dari dentuman musik akan mengganggu kemampuan laba-laba untuk berpindah sarang.

5. Bersihkan rumah

Jangan malas untuk membersihkan rumah karena kebiasaan baik ini berguna untuk menyingkirkan laba-laba -termasuk tikus, kecoak, dan lalat.

Bagian-bagian rumah yang sebaiknya dibersihkan, antara lain sudut dan belakang perabot supaya laba-laba tidak membuat jaring-jaring.

Yang tidak kalah pentingnya adalah menutup retakan atau celah apa pun di rumah supaya laba-laba tidak mondar-mandir ke rumah.

6. Oleskan minyak peppermint

Aroma yang menenangkan dari minyak peppermint terbukti dapat menyingkirkan laba-laba dari rumah.

Minyak peppermint dapat dimasukkan ke dalam botol semprot berisi air lalu disemprotkan ke bawah perabot, lemari, atau tempat-tempat lain di rumah.

Dalam hal ini, orang cukup menggunakan 10-15 tetes minyak peppermint untuk membuat "ramuan ajaib" ini.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah meneteskan minyak peppermint ke bola-bola kapas dan ditempatkan yang biasa didatangi laba-laba.

 

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/11/24/100045420/6-cara-membasmi-laba-laba-dari-rumah-tanpa-racun-apa-saja

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.