Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Fakta Unik Seputar Patung Piala Oscar yang Dihiasi Emas 24 Karat

KOMPAS.com - Academy Awards atau biasa disebut Oscar merupakan ajang penghargaan tertinggi bagi insan perfilman di Amerika Serikat.

Para pemenangnya akan menerima sebuah piala berbentuk patung manusia yang biasa disebut Piala Oscar.

Piala tersebut berlapis emas 24 karat dan mungkin masih banyak orang tidak tahu tentang fakta-fakta unik di balik piala Oscar yang sudah ada sejak penyelenggaraan pertamanya di tahun 1929.

Baru-baru ini, ajang penghargaan Academy Awards sudah memasuki tahun penyelenggaraan yang ke-95.

Sejak pertama kalinya digelar pada tahun 1929, sudah lebih dari 3.000 piala Oscar yang  dibagikan.

Piala tersebut menyimpan segudang fakta unik yang mungkin tidak banyak orang tahu termasuk soal penyebutan nama Academy yang disebut-sebut sebagai Oscar.

Melansir laman Parade, penyebutan Oscar dipelopori oleh Margaret Herrick, yang menjabat sebagai pustakawan pertama Academy of Motion Picture Arts and Science (dan akhirnya kini dia menjadi direktur eksekutifnya).

Di tahun 1930-an, dia mengatakan kalau patung itu mirip dengan pamannya yang bernama Oscar.

Pihaknya secara resmi mengadopsi nama lain Academy Awards dengan sebutan "Oscar" pada tahun 1939, tetapi nama teknis lengkap patung itu tetap "Academy Award of Merit."

Di samping itu, ada beberapa fakta unik dari piala Oscar yang tampaknya tidak boleh kita lewatkan. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Nilai piala Oscar

Menurut pihak Academy, piala Oscar apa pun yang diberikan sebelum tahun 1950 tidak dapat dijual oleh penerimanya atau ahli waris tanpa laporan dulu atau menjualnya ke pihak Academy seharga 1 dollar AS.

Jika aturan itu dilanggar, kemungkinan nama si pemenang juga langsung dicoret dari deretan pemenang Oscar.

2. Piala Oscar bisa dijual?

Piala Oscar yang dibagikan sebelum tahun 1950 terjual banyak sekali dan rata-rata harganya lebih dari satu dolar AS.

Sejauh ini, pesulap David Copperfield pernah membeli piala Oscar yang dimenangkan sutradara Casablanca, Michael Curtiz pada tahun 1940-an dengan harga 232.000 dolar AS atau sekitar Rp 3 miliar.

10 tahun kemudian piala Oscar itu dilelang lagi dan laku dengan harga lebih dari 2 juta dolar AS atau sekitar Rp 30,7 miliar.

Steven Spielberg juga memiliki kebiasaan membeli piasa Oscar lawas, lalu mengembalikannya ke pihak Academy sebagai caranya "melestarikan sejarah film".

Dia sempat merogoh 578.000 dollar AS pada lelang di tahun 2001 untuk membeli piala Oscar kategori Aktris Terbaik, Bette Davis untuk drama romantis 1938, Jezebel.

Lalu dia membeli piala Oscar lain yang dimenangkan Davis untuk Dangerous tahun 1935 pada tahun berikutnya.

Sutradara paling hits di Hollywood itu juga pernah membeli piala yang dimenangkan Clark Gable untuk It Happened One Night dan semuanya disumbangkan ke pihak Academy.

Dan salah satu piala Oscar berharga fantastis yang pernah dibeli adalah milik Michael Jackson.

Bintang pop yang juga penggemar film itu pernah membeli piala Oscar senilai 1,5 juta dolar AS untuk Film Terbaik Gone With the Wind pada tahun 1939 yang dimenangkan produser David O. Selznick.

Setelah kematian Jackson pada tahun 2016, tidak banyak yang tahu ke mana piala Oscar yang sempat dibeli Jackson dengan harga yang fantastis itu.

3. Pernah dijual di pasar ilegal

Forbes pernah memperkirakan bahwa sekitar 75 piala Oscar lawas keluaran di bawah tahun 1950 diduga telah dijual di pasar gelap.

4. Apakah piala Oscar terbuat dari emas asli?

Seperti kebanyakan hal tentang gemerlapnya kehidupan di Hollywood, kilau emas dari piala Oscar rupanya hanya cantik tampak dari luar.

Secara keseluruhannya, patung berbentuk manusia itu tidak terbuat utuh dari emas.

Menurut situs resmi Oscar, piala ini terbuat dari perunggu padat berlapis emas 24 karat.

Bahkan di masa lalu selama Perang Dunia II, piala Oscar sempat dibuat dari plester yang dicat karena pada saat itu AS tengah kekurangan logam.

5. Biaya untuk membuat piala Oscar dan produksinya

Mengulik biaya produksi dari patung Oscar ini yang terbuat dari perunggu, ternyata setiap patung hanya bernilai 400 dolar AS atau sekitar Rp 6,1 juta.

Patung emas ini dicetak oleh produsen produk seni rupa, UAP Polich Tallix di New York's Hudson Valley.

Polich Tallix terletak sekitar 70 mil atau di utara Kota New York di desa kecil Rock Tavern dengan populasi hanya 2.034 orang.

Namun, situs web UAP Polich Tallix mencatat bahwa mereka hanya bertugas membuat patung Oscar sejak tahun 2015.

Sebelum itu, patung emas legendaris ini diproduksi oleh perusahaan piala yang berbasis di Chicago, yang mana mereka juga mencetak emas dan logam.

Kemudian jauh di masa lalu, piala Oscar dibuat di kawasan California.

6. Berat dan tinggi piala Oscar

Menurut laman Oscars.org, berat dari piala berbalut emas 24 karat ini mencapai 3,85 kilogram. Sedangkan tingginya bisa mencapai 34,29 cm.

 

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/03/15/051619820/6-fakta-unik-seputar-patung-piala-oscar-yang-dihiasi-emas-24-karat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke