Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bebas Stres dan Umur Panjang, 3 Alasan Punya Hobi Itu Penting

KOMPAS.com - Sesibuk apapun rutinitas atau kegiatan yang dijalani, setidaknya kita perlu meluangkan waktu untuk melakukan hobi.

Hobi adalah kegiatan atau aktivitas rekreasi yang kita senang dan umumnya dilakukan pada waktu luang.

Manfaat hobi bukan sekadar memberikan kesenangan saja, lebih dari itu, hobi bisa membuat kesehatan mental kita terjaga hingga mencegah stres.

Memiliki hobi yang kita jalani di luar pekerjaan merupakan satu hal penting. Hal itupun diakui oleh miliarder dan penguasa asal Amerika Serikat, Warren Buffett. 

Pria yang pernah menjadi orang orang terkaya nomor 3 sedunia versi Forbes 2015 ini sangat menyukai permainan kartu untuk sekadar bersantai dan menjaga daya pikirnya tetap terasah.

Selain itu, dia juga gemar memainkan gitar kecil atau biasa disebut ukulele yang sudah dimainkannya sejak puluhan tahun lalu.

Buffett mengatakan bahwa memiliki hobi dapat menjadi kunci sukses sekaligus menyeimbangkan kehidupan pribadi dan pekerjaan.

Hobi juga mengarah pada kehidupan yang lebih bahagia dan sukses. Melansir laman Inc, berikut tiga alasan memiliki hobi di luar pekerjaan itu penting.

1. Memaksimalkan produktivitas

Studi terhadap 400 karyawan yang diterbitkan Journal of Occupational and Organizational Psychology menemukan perbedaan paling signifikan antara orang yang punya hobi dan tidak.

Mereka yang rutin melakukan hobi di luar pekerjaannya memiliki pemecahan masalah secara kreatif dalam berbagai proyek serta memiliki sikap yang lebih baik dalam pekerjaan.

Penelitian lain juga menemukan bahwa pekerja yang punya hobi juga merasa lebih puas dengan pekerjaannya dan membuatnya tetap produktif dibandingkan yang tidak.

2. Menurunkan stres

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Annals Behavioral Medicine, karyawan yang berpartisipasi dalam melakukan hobi memiliki suasana hati yang lebih positif.

Mereka juga menunjukkan lebih banyak minat terarah, lebih sedikit stres dan detak jantung yang lebih rendah saat beraktivitas.

Studi tersebut mengungkap bagaimana hobi daat menghilangkan stres dan memberikan manfaat lebih seperti peningkatan fokus, lebih banyak kebahagiaan dan umur panjang.

Salah satunya terbukti melalui studi lain yang melibatkan 1.400 orang dengan menemukan korelasi antara aktivitas menyenangkan dan kesehatan fisik.

Sejumlah kegiatan rekreasional seperti membuat kerajinan tangan, merajut, memasak, hingga memainkan alat musik berkaitan dengan tekanan darah lebih stabil dan menunjang kesehatan fisik.

Sementara itu, beberapa kegiatan seni seperti melukis atau menggambar memiliki manfaat dalam menghilangkan stres.

3. Meningkatkan kesejahteraan

Hobi yang paling berdampak positif untuk kesejahteraan mental adalah membuat jurnal.

Banyak penelitian yang menyebutkan kalau membuat jurnal yang dipraktikkan dengan rasa syukur dapat membantu menyeimbangkan emosi negatif.

Saat kita mengungkapkan rasa terima kasih, kedua hormon perasaan senang seperti dopamin dan serotonin dilepaskan di otak untuk membuat kita merasa lebih bahagia.

Bahkan mengungkapkan rasa bersyukur bisa dilakukan dengan cara yang sederhana.

Seperti meluangkan dua menit sehari unutk menuliskan tiga hal baru setiap hari yang kita syukuri atau bisa juga menuliskan ringkas hal-hal positif yang kita alami selama 24 jam terakhir.

Meski pada awalnya menjalani hobi terlihat seperti membuang-buang waktu, namun sebenarnya hobi adalah investasi yang bagus untuk kesejahteraan dan umur panjang kita.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/03/20/110336220/bebas-stres-dan-umur-panjang-3-alasan-punya-hobi-itu-penting

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke