Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Fakta Menarik Met Gala 2023, dari Tamu Undangan sampai Harga Tiket

KOMPAS.com - Met Gala merupakan perhelatan terbesar yang cukup dinantikan dalam dunia fashion.

Di ajang ini, tidak sedikit selebritas papan atas yang hadir dengan mengenakan busana mewah dan megah terbaiknya.

Apalagi ada aturan yang mewajibkan setiap undangannya untuk memakai busana sesuai tema yang telah ditentukan.

Met Gala 2023 mengusung tema "Karl Lagerfeld: A line of Beauty" yang artinya sebuah penghargaan untuk desainer legendaris tersebut yang telah berpulang pada tahun 2019.

Fakta menarik Met Gala 2023

Setiap tahunnya, sosok kenamaan di bidang musik, hiburan, fashion hingga perfilman kelas dunia diundang untuk menghadiri Met Gala.

Acara yang digelar untuk penggalangan dana ini merupakan gagasan Metropolitan Museum of Arts Costume Institute, New York, Amerika Serikat.

Lantas apa saja fakta menarik di gelaran Met Gala 2023? Melansir laman Popsugar, berikut ulasan selengkapnya.

Beberapa di antaranya meliputi Balmain, Patou, Chloe, Fendi hingga Chanel.

Bahkan di couturier terakhir, desainer kelahiran Jerman ini menjabat sebagai direktur kreatif Fendi serta Chanel pada tahun 1983 hingga kematiannya di tahun 2019.

Meski desain rancangannya bervariasi dan jumlahnya sudah tidak terhitung, tetapi Lagerfeld punya ciri yang khas dari setiap busana yang dibuat.

Dia benar-benar punya sentuhan khusus yang bisa menyatukan setiap busana dengan selebritas yang memakai rancangannya.

Sosok Lagerfeld juga sangat ikonik karena terkenal dengan tampilan rambut ponytail, kacamata hitam, sarung tangan dan busana kerah tinggi.

2. 150 busana rancangan Lagerfeld akan dipamerkan

Ekshibisi untuk menghormati mendiang Karl Lagerfeld bakal ditampilkan ke publik mulai 5 Mei hingga 16 Juli 2023.

Menurut Vogue, sekitar 150 busana yang dirancang Lagerfeld untuk berbagai rumah mode bakal dipajang di samping sketsa asli yang dia buat.

3. Dress code Met Gala 2023

Busana yang menjadi tema besar di acara Met Gala 2023 tentu saja yang berkaitan dengan penghormatan kepada Karl Lagerfeld.

Secara praktis, hal itu berarti setiap selebritas wajib memilih satu dari tiga pilihan busana yang direkomendasikan penyelenggara.

Beberapa tampilannya adalah tampilan bertema vintage yang dirancang Lagerfeld, seperti ansambel Chanel Willow Smith dari Met Gala 2016.

Kemudian ada pula tema busana dengan desain kontemporer seperti Fendi atau Chanel, dua rumah mode paling ikonik, tempat Lagerfeld menjabat sebagai direktur kreatif.

Lalu pilihan lainnya adalah memilih busana suit dan dasi hitam, sarung tangan atau kacamata hitam yang mirip seperti gaya khas Lagerfeld.

4. Tamu undangan eksklusif di Met Gala 2023

Mengingat tema besar Met Gala tahun ini adalah penghormatan untuk Karl Lagerfeld, beberapa tokoh yang sempat menjalin kerja sama dengan Lagerfeld diharapkan bakal hadir.

Salah satunya adalah keluarga Kardashian-Jenner seperti Kim yang telah mengumumkan kehadirannya melalui laman Instagram pada 26 April lalu.

Kendall Jenner yang menjadi sampul Vogue Mei 2023 juga menjadi indikasi model papan atas yang akan memeriahkan ajang Met Gala tahun ini.

Selain itu, Dua Lipa, Roger Federer, Penelope Cruz dan Michaela Coal terpilih menjadi co-host.

Debut Rose Blackpink di Met Gala tahun lalu juga menjadi pengingat bahwa member Blackpink tersebut merupakan salah satu bintang K-pop pertama yang hadir di Met Gala.

Sejauh ini Rose dan Jennie sudah terlihat berada di New York, hal itu pun memicu spekulasi bahwa keduanya bakal menghadiri Met Gala 2023.

Sejak tahun 1995, daftar tamu yang hadir juga harus mendapatkan persetujuan dari Anna Wintour, head of editor Vogue Amerika Serikat.

Selain selebritas papan atas, di antara tamu undangan yang beruntung bisa hadir di Met Gala 2023 adalah mereka yang dermawan alias suka memberikan donasi untuk Costume Institue.

5. Harga tiket Met Gala 2023

Melansir laman Yahoo Life, harga tiket Met Gala 2023 bisa mencapai 30.000 dolar AS atau sekitar Rp 430 juta.

Sedangkan untuk memesan open tablenya dihargai 75.000 dan 250.000 dolar AS atau Rp 1,09 miliar hingga Rp 3,6 miliar tergantung kedekatannya dengan majalah Vogue.

Hasil penjualan dari tiket ini akan disumbangkan ke Costume Institute yang merupakan satu-satunya lembaga Museum yang harus mendanai operasionalnya sendiri.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/05/02/045047720/5-fakta-menarik-met-gala-2023-dari-tamu-undangan-sampai-harga-tiket

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke