Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seni Membangun Resiliensi di Tempat Kerja

Kemungkinannya adalah, seperti banyak orang yang Anda bayangkan bahwa kunci sukses di tempat kerja adalah kecerdasan atau melampaui ekspektasi perusahaan seperti bekerja lembur atau mengambil komitmen ekstra.

Namun, di tempat kerja modern yang "dihiasi" dengan pengurangan staf, tenggat waktu, persaingan, dan perubahan organisasi; kesuksesan bergantung pada kemampuan individu untuk mengatasi dan bahkan berkembang saat menghadapi stres.

Secara garis besar, resiliensi adalah kemampuan untuk ‘bangkit kembali’ saat menghadapi tantangan yang tak terelakkan. Tempat kerja menghadirkan berbagai stressor yang beragam kepada karyawan.

Saat ini, sebagian besar dari karyawan di negara mana pun melihat pekerjaan mereka sebagai penyebab stres nomor satu dalam hidup mereka.

Organisasi Kesehatan Dunia menggambarkan stres sebagai "epidemi kesehatan global abad ke-21."

Banyak dari kita sekarang bekerja dalam budaya kerja yang selalu terhubung, selalu aktif, dan sangat menuntut yang mana stres dan risiko kelelahan menjadi tak terelakkan.

Karena kecepatan dan intensitas budaya kerja kontemporer tidak mungkin berubah, semakin penting untuk membangun keterampilan resiliensi untuk menjalani kehidupan kerja kita secara efektif.

Selama bekerja di sejumlah perusahaan, saya telah melihat berulang kali bahwa individu dan tim bukanlah tim yang tidak pernah gagal; melainkan tim yang gagal, belajar dan berkembang karenanya.

Ditantang - terkadang dengan keras - adalah bagian dari apa yang mengaktifkan resiliensi sebagai rangkaian keterampilan.

Penelitian selama lebih dari lima dekade menunjukkan fakta bahwa resiliensi dibangun oleh sikap, perilaku, dan dukungan sosial yang dapat diadopsi dan dipupuk oleh siapa saja.

Faktor-faktor yang menyebabkan resiliensi meliputi optimisme; kemampuan untuk tetap seimbang dan mengelola emosi yang kuat atau sulit; rasa aman dan sistem dukungan sosial yang kuat.

Kabar baiknya adalah karena ada seperangkat perilaku dan keterampilan konkret yang terkait dengan resiliensi, kita bisa belajar menjadi lebih tangguh.

Namun, membangun keterampilan resiliensi dalam konteks kerja "zaman now" tidak terjadi dalam ruang hampa.

Penting untuk memahami dan mengelola beberapa faktor yang menyebabkan kita merasa sangat kewalahan dan stres di tempat kerja.

Budaya kerja kita saat ini merupakan cerminan langsung dari meningkatnya kompleksitas dan tuntutan yang dihadapi oleh bisnis secara global.

Dalam studi yang dilakukan oleh IBM Institute for Business Value pada akhir 2015, survei terhadap 5.247 eksekutif bisnis dari 21 industri di lebih dari 70 negara melaporkan bahwa “cakupan, skala, dan kecepatan” bisnis mereka meningkat dengan kecepatan yang dipercepat, terutama karena lanskap kompetitif menjadi semakin terganggu oleh teknologi dan model bisnis yang sangat berbeda. Hasilnya kadang-kadang cara kerja yang hingar-bingar.

Menjadi sangat terhubung dan responsif untuk bekerja kapan saja, di mana saja, bisa sangat melelahkan.

Dalam survei global Tren Sumber Daya Manusia tahun 2014 yang dilakukan oleh Deloitte, 57 persen responden mengatakan bahwa organisasi mereka “lemah” dalam hal membantu para pemimpin mengelola jadwal yang sulit dan membantu karyawan mengelola arus informasi, dan bahwa ada kebutuhan mendesak untuk mengatasi tantangan ini.

Jelas bahwa stres dan kelelahan terkait dengan peningkatan kecepatan dan intensitas pekerjaan sedang meningkat secara global.

Survei terhadap lebih dari 100.000 karyawan di Asia, Eropa, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan menemukan bahwa depresi, stres, dan kecemasan karyawan menyumbang 82,6 persen semua kasus kesehatan emosional tahun 2014, naik dari 55,2 persen pada 2012.

Selain itu, survei longitudinal skala besar baru-baru ini terhadap lebih dari 1,5 juta karyawan di 4.500 perusahaan di 185 negara yang dilakukan sebagai bagian dari Global Corporate Challenge menemukan bahwa sekitar 75 persen tenaga kerja mengalami tingkat stres sedang hingga tinggi.

Lebih khusus lagi, bahwa 36 persen karyawan melaporkan merasa stres atau sangat stres di tempat kerja, dengan 39 persen lainnya melaporkan tingkat stres di tempat kerja sedang.

Tingkat stres saat ini dan yang meningkat di tempat kerja begitu memprihatinkan, karena ada hubungan langsung dan merugikan antara stres negatif, kesehatan, dan produktivitas.

Satu perbedaan penting yang perlu diperhatikan adalah ada beberapa jenis stres yang mungkin juga berdampak positif pada kesejahteraan dan produktivitas kita.

"Stres yang baik", atau yang terkadang dikenal sebagai "stres eudaemonik", (berasal dari kata Yunani "eudaemonia", atau berkembang) menunjukkan bahwa beberapa jenis stres dapat membuat kita lebih sehat, memotivasi kita untuk menjadi yang terbaik dan membantu kita.

Cara yang berguna untuk memikirkannya adalah bahwa stres didistribusikan pada kurva berbentuk lonceng.

Setelah melewati puncak kinerja tinggi di mana stres memotivasi kita, kita mengalami efek tidak sehat dari stres yang, jika dipertahankan dari waktu ke waktu, tidak hanya menyebabkan kelelahan, tetapi juga penyakit kronis.

Selama dua belas tahun, S. Maddi dan D. Khoshaba mempelajari karyawan sebuah perusahaan telekomunikasi besar di Amerika Serikat ketika industri tersebut sedang dideregulasi.

Perusahaan terus berubah dan pekerjaan dipertaruhkan. Namun, apa yang ditunjukkan oleh penelitian itu sangat mengejutkan.

Selama periode dua belas tahun penelitian berlangsung, hampir 50 persen karyawan kehilangan pekerjaan dan dua pertiga lainnya mengalami peristiwa kehidupan yang penuh tekanan (termasuk perceraian, masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan, dan serangan jantung).

Meskipun demikian, sepertiga pekerja tidak hanya selamat dari tantangan luar biasa yang mereka hadapi, mereka benar-benar berkembang.

Dalam buku mereka yang berjudul 'Resilience at Work: How to Success No Matter What Life Throws on You' Maddi dan Khoshaba (2006) melaporkan bahwa dari individu yang mereka pelajari, karyawan yang mempertahankan posisinya terus mendapatkan promosi alias kariernya makin cemerlang, sementara mereka yang cukup disayangkan untuk kehilangan pekerjaan baik memulai perusahaan mereka sendiri atau mengambil pekerjaan 'penting secara strategis' di perusahaan lain.

Jadi bagaimana kita dapat mengembangkan resiliensi dan tetap termotivasi dalam menghadapi stres negatif kronis dan tuntutan, kompleksitas, dan perubahan yang terus meningkat?

Berikut adalah beberapa strategi, berdasarkan beberapa penelitian ilmu saraf, perilaku, dan organisasi kekinian.

Pertama, cari dukungan. Menjalin hubungan dengan orang-orang yang dapat memberikan dukungan sosial – dan mendengarkan kita – dapat membantu memperkuat resiliensi. Terima bantuan dan dukungan dari keluarga, teman, kolega, dan mentor.

Kedua, lihat kemunduran sebagai hal sementara. Hindari melihat krisis sebagai hal yang tidak dapat diatasi dan pertahankan pandangan jangka panjang ke masa depan.

Kita tidak dapat mengubah fakta jika ada peristiwa yang sangat menegangkan terjadi, tetapi kita dapat mengubah cara menafsirkan dan menanggapi peristiwa tersebut.

Cobalah melihat melampaui masa kini untuk bagaimana keadaan di masa depan mungkin sedikit lebih baik. Catat setiap kemajuan ketika Anda merasa lebih baik saat menghadapi situasi sulit.

Ketiga, rangkullah perubahan. Terimalah bahwa perubahan (dan kebutuhan untuk beradaptasi dengannya) adalah bagian dari kehidupan sehari-hari.

Tujuan tertentu mungkin tidak lagi dapat dicapai karena situasi yang merugikan. Menerima keadaan yang tidak dapat diubah dapat membantu kita berfokus pada keadaan yang dapat kita ubah.

Keempat, tetapkan tujuan yang realistis. Fokuslah pada langkah-langkah kecil dan tujuan realistis yang dapat dicapai secara teratur.

Ini dapat membantu kita untuk bergerak menuju tujuan kita. Alih-alih berfokus pada tugas yang tampaknya tidak dapat dicapai, tanyakan pada diri sendiri, "Satu hal apa yang saya tahu dapat saya selesaikan hari ini yang akan membantu saya bergerak ke arah yang ingin saya tuju?"

Kelima, budayakan bersyukur. Peliharalah pandangan positif tentang diri kita yang memungkinkan kita memercayai insting.

Sebelum tidur malam hari, buatlah daftar tentang segala sesuatu yang harus kita syukuri. Syukur adalah salah satu fondasi dasar kepuasan dan resiliensi terhadap stres.

Keenam, pertahankan perspektif. Bahkan ketika menghadapi peristiwa yang sangat sulit, cobalah untuk mempertimbangkan situasi stres dalam konteks yang lebih luas dan pertahankan perspektif jangka panjang.

Ketujuh, rawatlah diri sendiri. Perhatikan kebutuhan dan perasaan kita sendiri. Terlibatlah dalam aktivitas yang kita sukai dan temukan waktu untuk bersantai dan berolahraga secara teratur.

Merawat diri sendiri membantu menjaga pikiran dan tubuh kita tetap prima untuk menghadapi situasi yang membutuhkan resiliensi.

Kegiatan ini tidak hanya membantu kita rileks setelah hari yang penuh tekanan, tetapi juga membantu membuat kita lebih tahan terhadap stres pada masa mendatang.

Kedelapan, ambil tindakan. Ambil tindakan tegas daripada berharap masalah pergi. Jangan biarkan masalah melumpuhkan kita sampai pada titik inersia atau kelambanan. Ambil tindakan apa pun yang membuat kita maju meskipun itu hanya langkah kecil.

Kesembilan, bersikaplah fleksibel. Mulailah dengan mempelajari cara berkompromi dengan kolega kita.

Semakin cepat kita mengetahui bahwa cara kita bukanlah satu-satunya cara, semakin cepat kita akan melihat bagaimana melewati krisis yang penuh tekanan. Mungkin pemikiran tidak fleksibellah yang membawa kita ke dalam situasi stres sejak awal.

Kesepuluh, carilah peluang untuk penemuan jati diri. Orang sering belajar tentang diri mereka sendiri sebagai hasil dari pergumulan mereka dengan kehilangan.

Banyak orang yang pernah mengalami tragedi dan kesulitan telah melaporkan hubungan yang lebih baik, rasa kekuatan yang lebih besar, rasa harga diri yang meningkat, spiritualitas yang lebih berkembang, dan penghargaan yang lebih tinggi terhadap kehidupan.

Pada akhirnya, resiliensi sering kali tentang menerima situasi stres sebagai 'peluang' bagi kita untuk membangun karakter kita sendiri dan tumbuh sebagai pribadi yang baru. Stres juga melatih kemampuan pemecahan masalah kita.

Melihat stres sebagai peluang, dan kemudian mempelajari cara mengatasi dan mengelolanya, akan membuat kita lebih menghargai hidup, menikmati tantangan, dan mengatasi rintangan yang hanya menghalangi jalan kita untuk sementara waktu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/06/02/134615520/seni-membangun-resiliensi-di-tempat-kerja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke