Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menaburkan Garam Epsom pada Mawar, Ini Manfaatnya

KOMPAS.com - Mawar merupakan salah satu bunga paling populer di kalangan para pecinta bunga.

Bagaimana tidak, mawar memiliki bentuk cantik dan memiliki kesan timeless, yang sulit ditemukan pada jenis bunga hias lainnya.

Sayangnya di balik keindahannya, mawar memiliki reputasi kurang baik, yaitu sulit dirawat dan diobati jika terkena penyakit.

Namun untungnya, ada satu obat yang mampu menolong mawar dan menurunkan risiko terkena penyakit, meningkatkan asupan nutrisi, hingga meningkatkan kualitas mawar, yaitu garam epsom.

Garam jenis apa itu?

Dikutip dari Martha Stewart, rupanya meski disebut “garam,” garam epsom bukanlah jenis garam.

“Garam epsom secara teknis adalah magnesium sulfat,” kata Sandra Zazzara, support specialist di pusat perawatan mawar Witherspoon Rose di Durham, Inggris.

Magnesium sulfat sendiri terdiri dari unsur-unsur penting bagi tumbuhan, seperti magnesium, sulfat, dan oksigen, yang tentu akan memberi manfaat bagi mawar.

Manfaat garam epson bagi mawar

Untuk mengetahui lebih jelas soal manfaat garam epsom bagi mawar, simak paparan berikut ini.

Membantu meningkatkan asupan nutrisi mawar

Garam epsom dikenal dapat membantu meningkatkan asupan nutrisi pada mawar.

"Magnesium membantu penyerapan nutrisi penting, seperti nitrogen, fosfor, dan potasium," kata Wes Harvell, manajer untuk perawatan bunga mawar dari Jackson & Perkins.

Menurut Harvell, saat mawar memiliki kadar magnesium yang cukup, tanaman ini dapat memanfaatkannya untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan mawar.

Selain itu, kandungan belerang garam epsom juga membantu penyerapan nutrisi.

"Belerang membantu produksi asam amino, enzim, dan vitamin, serta berperan dalam pembentukan protein di dalam tanaman. Dengan memastikan pasokan belerang yang cukup, garam Epsom dapat membantu meningkatkan ketersediaan dan pemanfaatan nutrisi pada tanaman mawar," lanjutnya.

Meningkatkan kualitas bunga

Magnesium dalam garam epsom berperan penting dalam produksi klorofil yang menghasilkan warna hijau pada daun, sehingga dapat membuat daun lebih sehat.

Terlebih lagi, pasokan magnesium tambahan dapat menghasilkan bunga lebih banyak dan lebih besar, sekaligus mendukung pembentukan batang yang kuat.

Melindungi mawar dari penyakit

Garam epsom mengandung belerang, yang diyakini memiliki sifat fungisida sehingga dapat membantu mawar melawan penyakit tertentu, meski penelitian terkait hal ini masih terbatas.

Kendati demikian, Harvell mengatakan bahwa ada beberapa gardener yang mengklaim bahwa penggunaan garam epsom secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit seperti bintik hitam, embun tepung, dan karat pada mawar.

Namun perlu diingat, efeknya dapat bervariasi, tergantung pada penyakit dan kondisi lingkungan di sekeliling mawar.

Meningkatkan pH tanah

Belerang dalam garam epsom juga dapat membantu menurunkan tingkat pH jika pH tanah terlalu basa.

"Mawar umumnya lebih menyukai kondisi tanah yang sedikit asam hingga netral, dengan pH 6 hingga 7, sehingga mempertahankan kisaran pH yang sesuai dapat meningkatkan ketersediaan dan serapan nutrisi bagi tanaman," kata Harvell.

Tanda mawar membutuhkan garam epsom

Tidak semua mawar membutuhkan garam epsom. Untuk itu, Harvell menyarankan agar kita berdiskusi tentang pemberian garam epsom pada ahli hortikultura, spesialis mawar, atau pakar berkebun yang memahami kondisi tanah dan iklim di area tempat tinggal kita sebelum melakukannya.

Lalu selain itu, lakukan beberapa hal berikut ini.

Lakukan pengujian tanah

Untuk menentukan apakah mawar membutuhkan garam epsom atau tidak, mulailah dengan pengujian tanah guna mengetahui pH dan kadar nutrisi tanah, yang akan membantu kita melihat potensi ketidakseimbangan yang akan berdampak pada kesehatan mawar.

"Jika uji tanah mengindikasikan kurangnya magnesium atau pH basa, garam epsom bisa membantu,” kata Harvell.

Amati mawar

Berikutnya, amati mawar untuk melihat adanya tanda kekurangan magnesium, yang bisa dilihat dari menguningnya daun namun urat tetap hijau, terhambatnya pertumbuhan, hingga berkurangnya produksi bunga.

Lalu, perhatikan juga performa tanaman mawar.

Jika mawar nampak kurang kuat, memiliki daun pucat, atau tidak menghasilkan bunga yang memuaskan, aplikasikan garam epsom guna meningkatkan kesehatan dan penampilannya.

Cara mengaplikasikan garam epsom pada mawar

Cara termudah untuk mengaplikasikan garam epsom adalah mengaplikasikannya secara langsung ke tanah di sekitar mawar.

Gunakan saja 100-200 gram garam epsom per mawar, atau satu sendok teh garam epsom per 30cm tinggi mawar. Lalu lakukan hal berikut:

  • Taburkan garam epsom salt secara merata di sekitar dasar tanaman, dan jauhkan beberapa cm dari batang mawar guna menghindari kontak langsung.
  • Gunakan garu atau kultivator tangan guna memasukkan garam Epsom ke lapisan atas tanah.
  • Siram mawar secara menyeluruh setelah aplikasi guna membantu garam meluruh.

Lalu untuk pemakaian, sebaiknya aplikasikan garam epsom setiap empat hingga enam minggu selama musim tumbuh, yang akan membuat mawar bisa menyerap magnesium sambil tetap menghindari ketidakseimbangan nutrisi.

Selain itu, hindari menggunakan garam epsom saat panas terik atau kondisi kering.

"Suhu tinggi dan kondisi kering berpotensi membuat tanaman stres, dan pemberian garam dapat semakin memperburuk stres," kata Harvell.

Terakhir, kita juga harus menghindari penggunaan garam Epsom secara berlebihan, yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi di dalam tanah.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/06/22/080800420/menaburkan-garam-epsom-pada-mawar-ini-manfaatnya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke