Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Manfaat Black Garlic, Bawang Putih Hitam yang Populer di Korea

KOMPAS.com - Black garlic atau bawang putih hitam telah lama digunakan dalam masakan Asia, terutama di Korea.

Bawang putih yang difermentasi sampai warnanya menghitam ini sering digunakan dalam bumbu masakan, saus hingga sup.

Seiring waktu manfaat black garlic pun terus diuji klinis dan ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan.

Manfaat black garlic, bawang putih hitam untuk kesehatan

Black garlic merupakan bawang putih biasa yang melalui proses fermentasi panjang dengan suhu dan kelembapan yang diatur sedemikian rupa.

Hasil fermentasi itu membuat warna bawang putih menjadi hitam, teksturnya lembut dan memiliki aroma yang lebih kuat.

Selama proses fermentasi, bawang putih mengalami reaksi kimia yang disebut reaksi Maillard, yang mana gula alami pada bawang putih mengalami karamelisasi dan menghasilkan senyawa baru yang baik untuk kesehatan.

Melansir laman Healthline, berikut sejumlah manfaat dari black garlic alias bawang putih hitam.

1. Membantu mengatur kadar gula darah

Pada studi di tahun 2019, peneliti menguji manfaat bawang putih hitam pada tikus yang diberi pakan tinggi lemak dan gula.

Dalam pengujian tersebut, tikus-tikus itu juga diberikan suplemen berupa ekstrak bawang putih hitam. Studi menunjukkan bahwa black garlic bisa mendukung perbaikan metabolisme seperti penurunan kolesterol, peradangan dan mengatur nafsu makan.

Pada studi sebelumnya, tikus yang mengalami diabetes juga diberikan dosis antioksidan yang terkandung pada bawang putih hitam.

Hasil riset menunjukkan bahwa bawang putih hitam itu bisa membantu melindungi tikus dari komplikasi yang sering diakibatkan oleh gula darah tinggi.

Studi lain yang melibatkan 226 wanita berisiko diabetes gestasional menyebutkan bahwa bawang putih hitam memiliki antioksidan yang diproses dari fermentasi bakteri Lactobacillus bulgaricus dan bisa mencegah perkembangan diabetes gestasional.

2. Melindungi kerusakan sel dan penyakit

Proses fermentasi pada bawang putih hitam membuat kandungan antioksidannya lebih tinggi daripada bawang putih biasa.

Proses itu bisa memecah allicin, senyawa yang terkandung di dalamnya berubah menjadi alkaloid dan flavonoid.

Kandungan antioksidan tinggi ini bisa membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan oksidatif, yang menyebabkan berbagai penyakit.

Satu studi di tahun 2014 menyebutkan bahwa aktivitas antioksidan yang tinggi secara signifikan bisa mencegah kerusakan sel tubuh dan mencegah banyak penyakit.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih hitam dapat mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam darah dan trigliserida.

Jumlah konsumsi black garlic secara rutin juga dikatakan dapat melancarkan sirkulasi darah sekaligus melindungi jantung dari kerusakan.

4. Melindungi kesehatan otak

Black garlic juga dapat membantu mencegah peradangan yang dapat mengganggu daya ingat dan fungsi otak dari waktu ke waktu.

Sebagian besar manfaat itu diperoleh karena tingginya kadar antioksidan yang dapat menegah pembentukan stres oksidatif di otak.

Satu penelitian pada tikus menemukan bahwa bawang putih hitam bisa mengurangi tingkat peradangan otak yang disebabkan oleh beta amiloid (senyawa pemicu peradangan di otak dan menyebabkan penyakit Alzheimer).

5. Melawan sel kanker

Beberapa penelitian menunjukkan efektivitas bawang putih hitam dalam melawan sel kanker.

Pada studi tabung reaksi, darah 21 relawan diberikan ekstrak black garlic untuk menunjukkan aktivitas stimulasi kekebalan, antioksidan dan manfaatnya dalam melawan sel kanker.

Hasil studi itu menyebut bahwa laruan ekstrak black garlic dapat menjadi racun bagi sel kanker di banyak organ seperti paru-paru, payudara, kanker dan organ hati dalam waktu 72 jam.

Dalam hal ini, bawang putih hitam telah menunjukkan aktivitas peningkatan kekebalan, antioksidan, dan antikanker yang lebih kuat daripada bawang putih mentah dalam sejumlah penelitian terkait kanker.

6. Melindungi organ hati

Bawang putih hitam dapat membantu melindungi hati dari kerusakan yang terjadi akibat paparan bahan kimia, obat-obatan, alkohol hingga kuman.

Khasiat itu telah teruji secara klinis melalui studi pada tikus yang diberikan ekstrak black garlic.

Kemudian studi riset menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih hitam bisa memberikan efek perlindungan pada cedera organ hati, hingga mencegah kerusakan lebih lanjut.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/07/04/160000420/6-manfaat-black-garlic-bawang-putih-hitam-yang-populer-di-korea

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke