Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Bakar Lemak Wajah

KOMPAS.com - Lemak berlebih pada tubuh memang bisa mengganggu penampilan. Karena itu, tak mengherankan bila ada banyak orang yang ingin membakar lemak di tubuh, termasuk juga di wajah. Sebab, lemak di area wajah bisa membuat pipi terlihat chubby atau pun berdagu ganda (double chin).

Namun, bagaimana cara membakar lemak wajah? Dilansir dari Healthline, berikut delapan metode efektif untuk membakar lemak wajah dengan mudah.

Lakukan senam wajah

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk membakar lemak wajah adalah senam wajah, yang dapat membantu memperbaiki penampilan wajah, melawan penuaan, dan meningkatkan kekuatan otot.

Laporan anekdot mengklaim bahwa senam wajah ini juga dapat mengencangkan otot wajah, membuat wajah terlihat lebih ramping.

Adapun beberapa jenis senam wajah yang populer dilakukan adalah menggembungkan pipi dan mendorong udara dari satu sisi ke sisi lain, mengerutkan bibir secara bergantian, dan menahan senyum sambil mengatupkan gigi selama beberapa detik.

Menariknya, meski bukti masih terbatas, sebuah ulasan yang diterbitkan di Aesthetic Surgery Journal pun melaporkan bahwa senam wajah dapat mengencangkan otot di wajah, sementara studi lainnya menunjukkan bahwa melakukan olahraga otot wajah dua kali sehari selama delapan minggu dapat meningkatkan ketebalan otot dan meningkatkan peremajaan wajah.

Rutin olahraga kardio

Seringkali, kelebihan lemak di wajah merupakan hasil dari kelebihan lemak tubuh, sehingga menurunkan berat badan dan membakar lemak tubuh bisa jadi solusinya.

Latihan kardio atau aerobik yang meningkatkan detak jantung seperti berlari, menari, berjalan, bersepeda, dan berenang pun dianggap sebagai metode yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan karena dapat membantu membakar lemak.

Jadi, cobalah untuk melakukan olahraga sedang hingga berat selama 150–300 menit setiap minggu, yang berarti 20–40 menit latihan kardio per harinya.

Minum cukup air

Selain penting untuk kesehatan tubuh, minum kecukupan air juga penting jika kita ingin membakar lemak wajah.

Ada banyak studi yang menunjukkan bahwa air dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama dan meningkatkan penurunan berat badan.

Bahkan faktanya, sebuah studi kecil yang diterbitkan di Yonsei University, Wonju, Korea Selatan pun menemukan bahwa minum air putih sebelum makan secara signifikan menurunkan jumlah kalori yang dikonsumsi selama makan.

Sementara itu, penelitian lain menunjukkan bahwa air minum dapat meningkatkan metabolisme untuk sementara dan membakar kalori lebih banyak, yang dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan.

Batasi konsumsi alkohol

Menikmati segelas anggur sesekali dengan makan malam boleh-boleh saja, tetapi asupan alkohol yang berlebihan dapat menjadi salah satu penyumbang terbesar penumpukan lemak dan kembung.

Perlu diingat, mayoritas alkohol mengandung kalori kosong, alias tinggi kalori tetapi kurang nutrisi penting seperti vitamin dan mineral dan memiliki sifat diuretik atau meningkatkan produksi urin yang dapat menyebabkan dehidrasi dan retensi air.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa alkohol dapat memengaruhi kadar hormon tertentu yang memengaruhi rasa lapar dan nafsu makan, seperti menurunkan kadar leptin, hormon yang meningkatkan perasaan kenyang.

Terlebih lagi, penelitian yang diterbitkan di PubMed Central juga menunjukkan bahwa minuman keras dapat meningkatkan peradangan dan dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko penambahan berat badan, peningkatan lemak perut, dan obesitas.

Kurangi karbohidrat olahan

Makanan yang mengandung karbohidrat olahan, seperti camilan manis, cake, dan pasta berpengaruh pada naiknya berat badan dan peningkatan penyimpanan lemak.

Ini disebabkan karena karbohidrat olahan telah banyak diproses, yang menghilangkan nutrisi dan seratnya, serta hanya menyisakan sedikit gula dan kalori.

Akibatnya, tubuh pun mencernanya dengan cepat, yang menyebabkan lonjakan dan penurunan kadar gula darah, memicu makan berlebih.

Adapun sampai saat ini, tidak ada penelitian yang melihat langsung efek karbohidrat olahan pada lemak wajah. Kendati demikian, mengganti karbohidrat olahan dengan biji-bijian utuh dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan, yang juga dapat membantu membakar lemak wajah.

Tidur yang cukup

Tidur juga dapat membantu kita membakar lemak wajah lho. Kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan kadar hormon stres kortisol, yang dapat memicu penambahan berat badan.

Penelitian yang diterbitkan di PubMed Central pun menunjukkan bahwa kadar kortisol yang tinggi dapat meningkatkan nafsu makan dan mengubah metabolisme, yang mengakibatkan peningkatan penyimpanan lemak.

Untungnya, menambah waktu tidur dan memiliki kualitas tidur yang lebih baik dapat membantu kita menurunkan berat badan, yang dibuktikan dengan sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Behavioral Medicine.

Sebaliknya, penelitian juga menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan asupan makanan, penambahan berat badan, dan penurunan metabolisme.

Jadi idealnya, usahakan tidur setidaknya delapan jam per malam untuk membantu manajemen berat badan dan membakar lemak wajah.

Perhatikan asupan natrium

Salah satu gejala dari kelebihan asupan natrium (garam) adalah kembung, yang dapat menyebabkan bengkak, termasuk bengkak pada wajah.

Hal ini disebabkan karena natrium dapat menyebabkan tubuh menahan air ekstra atau retensi cairan.

Sayangnya, makanan olahan dapat menyumbang lebih dari 75 persen asupan natrium dalam diet rata-rata, jadi menghentikan konsumsi makanan cepat saji, camilan gurih, dan daging olahan dapat menjadi cara yang efektif untuk mengurangi asupan natrium dan membakar lemak wajah.

Makan lebih banyak serat

Hal terakhir yang bisa dilakukan untuk membakar lemak wajah adalah mengonsumsi lebih banyak serat yang sulit dicerna dan membuat kita merasa kenyang lebih lama.  Efeknya adalah meredam keinginan makan.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Nutrition, ditemukan bahwa asupan serat yang lebih tinggi dapat membantu penurunan berat badan, sementara studi lainnya menunjukkan bahwa makan lebih banyak serat larut dapat mengurangi berat badan dan lingkar pinggang.

Adapun serat larut sendiri adalah jenis serat yang membentuk gel bila dicampur dengan air dan biasa ditemukan dalam oatmeal, jelai, dan grain lainnya.

Jadi jika ingin membakar lemak wajah, setidaknya konsumsilah 25–38 gram serat per hari dari berbagai makanan di atas,

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/07/07/175054120/8-hal-yang-bisa-dilakukan-untuk-bakar-lemak-wajah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke