Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Hal yang Tidak Dilakukan Orang-orang Sukses di Senin Pagi

Bagi sebagian besar dari kita, hari Senin adalah awal dari minggu kerja yang baru. Itu berarti serangkaian tantangan, gangguan, dan rasa frustrasi yang baru bakal dihadapi.

Dan bahkan, jika kamu tidak merasa takut dengan hari Senin, kamu mungkin sadar bahwa jenis hari yang kamu alami di hari Senin dapat menentukan jenis minggu yang akan kamu jalani.

Penting untuk menyiapkan dirimu untuk sukses. Bagaimana kamu memulai minggu sangat penting untuk bagaimana kita akan melanjutkannya.

Terlepas dari apakah minggumu dimulai pada hari Senin pagi atau tidak, berikut ini adalah beberapa hal yang tidak pernah dilakukan oleh orang-orang sukses untuk memulai minggu yang produktif dan memuaskan.

1. Bangun terlambat

Jam waker pukul 4 pagi diikuti dengan mandi air dingin mungkin merupakan hal yang menyiksa bagi banyak orang.

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa orang-orang sukses jarang tidur larut malam.

Orang-orang sukses seperti Tim Cook dari Apple, pendiri Twitter Jack Dorsey, dan maestro media Oprah Winfrey, semuanya terbiasa bangun pagi hari.

Sebagian karena kebanyakan orang tidak melakukannya, sehingga mereka bisa mengurus urusan yang paling penting pada hari itu sejak pagi hari yang relatif tenang, ketika orang lain belum bangun.

Kamu mungkin tidak perlu melakukan hal ini. Tetapi penting untuk memastikan tidak tidur larut malam.

Beberapa penelitian menemukan, begadang di malam hari dan lantas bangun terlambat di pagi hari dapat menjadi prediktor gejala depresi, terlepas dari kualitas tidur yang dialami partisipan.

Tentu saja, bangun terlalu siang juga dapat membuat kamu terlambat ke tempat kerja, dan itu adalah cara yang membuat stres untuk memulai minggu.


2. Melewatkan sarapan

Pepatah lama yang mengatakan bahwa sarapan adalah waktu makan yang paling penting dalam sehari mungkin tidak sepenuhnya benar.

Namun, sarapan yang sehat adalah cara yang penting untuk meningkatkan tingkat energi ke tingkat yang seharusnya dan menjadi momen untuk meluangkan waktu sebelum menjalani "kekacauan" hari itu.

Apa yang dimakan untuk sarapan dan kapan memakannya terserah, pada masing-masing orang.

Austin Perlmutter merekomendasikan untuk mengganti sereal sarapan yang diproses dengan sereal manis dengan lemak, protein, dan serat yang sehat.

Sebab, pilihan ini memberikan energi yang diperlukan untuk memulai hari dan minggu dengan baik.

Austin Perlmutter adalah seorang pendidik yang diakui secara internasional dalam bidang neurobiologi suasana hati dan pengambilan keputusan, dan juga penulis buku laris di New York Times.

3. Hindari olahraga

"Saya akui, saya bukan orang yang suka bangun pagi. Saya perlu bersantai di pagi hari, dan hal terakhir yang saya butuhkan di pagi hari adalah olahraga berat."

Demikian kata Clifton Kopp, penulis di laman Ideapod yang menguraikan tentang pembahasasn ini.

Namun, sambung Clifton Kopp, memiliki tubuh yang sehat adalah bagian dari memiliki pikiran yang sehat.

Lalu, jika "bagian" ini tidak dapat berfungsi dengan baik, maka kita pun menjadi tidak bugar dan lelah sepanjang waktu.

Jadi, sangat penting untuk berolahraga setiap hari, dan bagi banyak orang sukses, pagi hari adalah waktu yang ideal untuk melakukannya.

Dengan lebih sedikit gangguan, kita bisa fokus pada latihan dan membuat diri bugar untuk seminggu ke depan.

4. Datang terlambat

Penulis buku pendidikan Alfie Kohn menunjukkan, orang yang sering terlambat datang ke tempat kerja akan terlihat sebagai orang yang tidak perhatian dan tidak sopan terhadap rekan kerjanya.

Ditambah lagi, terburu-buru berangkat kerja karena meninggalkan rumah terlalu siang adalah cara yang pasti untuk meningkatkan tingkat stres, bahkan sebelum sampai di kantor.

Datang terlambat adalah salah satu cara terburuk untuk memulai hari, dan ini adalah hal yang sangat dihindari oleh orang-orang sukses.


5. Mulai bekerja tanpa rencana

Apa hal pertama yang kamu lakukan saat tiba di tempat kerja di awal minggu?

Jika kamu langsung terjun ke tugas-tugas yang sudah menumpuk menunggu, ada kemungkinan besar kamu tidak memanfaatkan waktu kerja terbaik.

Orang-orang sukses memulai hari dengan melihat agenda, dan menentukan tugas apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

Hal ini memungkinkan mereka untuk merencanakan minggu, dan fokus pada bagian yang paling berpengaruh dalam pekerjaan mereka.

Seperti kata pepatah, gagal merencanakan berarti merencanakan kegagalan.

Jadi, buatlah rencana untuk minggu yang baru, di hari Senin pagi, dan kamu akan segera melihat manfaatnya dalam kualitas pekerjaan.

6. Mengharapkan semuanya berjalan dengan lancar

Beberapa orang membuat kesuksesan terlihat mudah. Namun kenyataannya, selalu ada rintangan di sepanjang jalan.

Yang benar-benar menentukan kesuksesan adalah seberapa baik kita menghadapinya.

Orang yang berkinerja tinggi merencanakan hari mereka, minggu mereka, dan bahkan bulan, tahun, atau seterusnya.

Namun mereka juga memahami bahwa sebuah rencana tidaklah sempurna.

Orang-orang sukses tahu bahwa segala sesuatunya akan berjalan tak sesuai -kadangkala. Oleh karena itu, mereka membuat rencana untuk itu.

Sisakan waktu dalam jadwalmu untuk tugas dan tantangan yang tidak terduga, dan kamu akan menemukan pekan yang berjalan lebih lancar.


7. Tanggapi setiap email yang masuk

Ini adalah jebakan yang mudah untuk dilakukan. Tapi ini adalah jebakan yang berbahaya.

Senin pagi bisa jadi akan ada banyak sekali email dan notifikasi lain yang masuk selama akhir pekan dan sepertinya harus segera ditangani.

Tetapi seperti yang ditunjukkan oleh penulis Alex Pang, menangani notifikasi saat semuanya masuk dapat menyebabkan konsentrasi dan kinerja yang lebih buruk di area lain.

Mungkin itu sebabnya orang-orang seperti Steve Newman, pendiri platform visibilitas Scaylr, menetapkan ekspektasi kepada rekan-rekannya untuk hanya akan menjawab email dan notifikasi lainnya pada waktu tertentu di siang hari, dan tidak akan selalu bisa dihubungi secara instan.

Jadi, jangan terjebak dalam upaya untuk selalu aktif.

Sebaliknya, kendalikan notifikasi sehingga merespons hanya menjadi bagian dari pekerjaan hari itu, bukan keseluruhannya.

8. Menunda-nunda

Selalu ada godaan untuk menghindari tugas yang tidak menyenangkan.

Jika kamu memiliki sesuatu di depan mata yang tidak ingin dilakukan, godaan untuk menunda-nunda dan kembali menundanya bisa sangat besar.

Tapi itu adalah sebuah kesalahan.

Eric Schmidt, Ketua Eksekutif Alphabet, bersikeras untuk melakukan sesuatu pada saat ia tahu bahwa hal itu perlu dilakukan.

Mirjam Stoffels, pendiri seven2success dan penulis Daily Little Secrets to Success, merekomendasikan untuk menghindari perfeksionisme dan menangani sesuatu saat itu juga, bukannya menunggu solusi yang ideal.

Senin pagi bisa jadi waktu yang ideal untuk menunda pekerjaan, karena kita akan merasa takut menghadapi satu minggu yang penuh dan menyibukkan.

Namun, selesaikanlah prioritas utama dengan segera, dan kamu akan mempersiapkan diri untuk memiliki minggu yang jauh lebih produktif dan lebih sedikit stres.


9. Katakan "ya" untuk semua hal

Pada saat yang sama, penting untuk diingat bahwa kamu bukanlah manusia super.

Kesuksesan membutuhkan kerja keras, namun bukan berarti kamu harus menjadi segalanya bagi semua orang.

Orang-orang sukses tahu bahwa hanya ada begitu banyak jam dalam sehari dan hanya ada begitu banyak hal yang dapat dilakukan oleh satu orang.

Hal ini terkadang berarti ingin mengatakan bahwa tidak pada permintaan orang lain.

Berkata tidak adalah cara kita menetapkan batasan, baik di tempat kerja maupun di luarnya.

Hal ini pun berlaku pada hari Senin pagi dan juga pada waktu lainnya dalam seminggu.

10. Khawatir tentang minggu depan

Perencanaan adalah hal yang sangat berbeda dengan kekhawatiran.

Setelah kamu membuat rencana untuk minggu depan - dan mungkin menuliskannya agar tetap bertanggung jawab - lepaskan saja.

Kamu harus sering memeriksa agenda untuk memastikan berada di jalur yang tepat dengan tugas-tugas yang disusun.

Namun jangan khawatir tentang hal-hal yang tidak dapat kamu kendalikan, yang mungkin muncul dalam beberapa hari ke depan.

Seperti yang ditulis oleh Dr. Fredric Neuman, "kekhawatiran adalah perencanaan yang gagal".

Dengan kata lain, kita khawatir tentang hal-hal yang tidak dapat kita rencanakan secara efektif.

Namun, meskipun perencanaan adalah cara yang berguna untuk membuat kita tetap berada di jalur yang benar dan menghadapi apa yang akan terjadi di masa depan, kekhawatiran justru bersifat kontraproduktif.

Kekhawatiran menciptakan stres dan kecemasan dan sebenarnya dapat merusak kinerja kita.

Membuat rencana terperinci tentang cara menghadapi tantangan adalah salah satu cara terbaik untuk menghentikan diri dari rasa khawatir.

Buatlah rencana, tetapi jangan khawatir.

Memulai minggu yang sukses

Tidak ada rahasia ajaib untuk hari Senin yang sempurna. Namun, ada serangkaian langkah kecil nan penting yang bisa kamu lakukan untuk menyiapkan diri untuk minggu kerja yang terbaik.

Langkah-langkah ini membutuhkan disiplin. Namun, seperti halnya segala sesuatu dalam hidup, apa yang kamu dapatkan kembali sering kali merupakan pertanyaan tentang seberapa besar usahamu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/10/02/071709920/10-hal-yang-tidak-dilakukan-orang-orang-sukses-di-senin-pagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke