Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tren Dunia Kerja yang Dipopulerkan Gen Z, Utamakan Kesehatan Mental

Mereka adalah generasi yang amat menyadari pentingnya kesehatan mental dan kesejahteraan pribadinya.

Secara kolektif, kepribadian mereka berhasil mengguncang dunia profesional lewat cara-cara baru untuk mencapai kesuksesan dan kebahagiaan.

Belum lagi pengaruh media sosial dan kecanggihan teknologi yang amat berimbas pada keseharian mereka saat bekerja.

Misalnya dengan adanya konsep Working From Home (WFH), hybrid working, serta berbagai tren dunia kerja seperti quiet quitting.

Sepanjang tahun 2023 ini, ada sejumlah tren dunia kerja yang dipopulerkan oleh gen Z yang sempat viral di TikTok.

Apa saja?

Lazy girl jobs

Lazy girl jobs adalah istilah yang dipakai untuk mengacu pada pekerjaan yang memiliki sedikit tekanan tetapi tetap mendapatkan gaji yang bagus.

Pertama kali dipopulerkan oleh TikToker Gabrielle Judge pada Mei lalu, dengan memberikan contoh pekerjaan seperti account manager atau pekerjaan non-teknik di perusahaan teknologi.

“Ada banyak pekerjaan di luar sana yang bisa menghasilkan sekitar 60 hingga 80 ribu, jadi carilah gaji yang cukup nyaman, dan jangan melakukan banyak pekerjaan serta bekerja jarak jauh,” kata Judge.

“Saya benar-benar ingin orang-orang memahami bahwa waktu kita sangat berharga dan harus fokus pada upaya yang paling selaras dengan prioritas individu mereka, bukan perusahaan,” katanya.

Snail girl era

Tren ini adalah contoh perilaku Gen Z yang mengutamakan work-life balance dibandingkan hustle culture.

Contohnya, para perempyan yang memperlambar ritme kerjanya demi memprioritaskan perawatan diri dan kebahagiaan, bukannya mengejar kesuksesan tanpa henti.

Istilah snail girl dimunculkan oleh desainer Sienna Ludbey dalam konten Fashion Journal.

"Inner girlboss saya sudah mati dan era 'snail girl' saya telah dimulai," katanya.

Istilah tersebut langsung viral di TikTok dan ditonton lebih dari 33.000 kali sekaligus jadi inspirasi konten lainnya.

Warganet lalu mengaplikasikan snail girl era itu berupa rutinitas bersantai di pagi hari, berjalan-jalan, dan melakukan perawatan kulit.

Bare minimun monday

Content creator sekaligus founder startup, Marisa Jo Maye viral di TikTok setelah mengunggah konten "Bare Minimun Mondays".

Ia melakukannya dengan melakukan pekerjaan sesedikit mungkin pada hari pertama dalam seminggu untuk meminimalkan stres.

Dalam video yang ditonton lebih dari 170.000 kali itu, Marisa mengaku segalanya terasa berbeda setelah sebelumnya lebih sering stres di hari Senin akibat beban pekerjaan tidak realistis sehingga dirinya kelelahan.

"Ini benar-benar cara untuk memulai minggu ini dengan memprioritaskan diri Anda sebagai pribadi daripada diri Anda sebagai karyawan," katanya.

Tren dunia kerja ini membuktikan kecenderungan Generasi Z yang menolak menjadi karyawan ideal dan lebih fokus pada kesehatan mental serta kesejahteraan dirinya.

Managing up

Andy Molinsky, seorang profesor perilaku organisasi di Brandeis International Business School, mengatakan, managing up adalah tentang mengelola hubungan dengan atasan untuk membuat pekerjaan sesuai dengan kebutuhan kita.

Trik ini sudah lama ada di dunia kerja tapi kembali tren setelah viral di TikTok, menghasilkan 5,9 juta penayangan.

Para gen Z menerapkannya untuk mewujudkan working life balance dan memastikan tidak perlu ada lembur setelah jam kerja atau beban kerja di luar kewenangannya.

Boreout

Gen Z juga mempopulerkan tren Boreout yakni pemahaman jika pekerjaan yang mereka impikan sebelumnya rupanya adalah hal yang membosankan dan biasa saja.

Andrew Brodsky, seorang profesor manajemen di The University of Texas mengatakan kekecewaan tersebut memang banyak terjadi dunia profesional dan bisa sama berbahayanya dengan burnout.

Boreut terjadi saat seseorang tidak terstimulasi oleh pekerjaannya sehingga menciptakan perasaan negatif terhadap pekerjaan itu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/10/20/130402420/5-tren-dunia-kerja-yang-dipopulerkan-gen-z-utamakan-kesehatan-mental

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke