Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Berhenti Overthinking demi Kesehatan Mental

Overthinking sering kali membuat kita terjebak dalam pikiran tanpa ada kesimpulan, yang bisa merusak suasana hati dan mencegah kita untuk menyelesaikan sesuatu yang lebih penting dalam hidup.

Memiliki rasa khawatir terkadang bisa menjadi mekanisme penanganan sementara yang alami untuk emosi kita.

Namun, kekhawatiran yang berlebihan akan menimbulkan overthinking, yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan mental dalam jangka panjang.

Cara berhenti dari overthinking

Untuk berhenti dan mengatasi overthinking, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Mengalihkan perhatian

Mengisi waktu dengan hobi dan hal-hal yang kita sukai, atau bahkan memilih hobi baru, dapat membantu meminimalkan overthinking.

Ini bisa berupa sesuatu yang cepat, seperti olahraga selama 15 menit, atau sesuatu yang lebih memakan waktu, seperti memasak makanan lengkap untuk memberi penghargaan kepada diri sendiri.

Namun, ketika kita terus-menerus diliputi oleh pikiran, mungkin sulit untuk melakukan hobi baru.

Pada saat-saat seperti itu, kembali ke kesenangan yang lebih sederhana seperti membaca buku, menonton film yang menenangkan, atau menyiram tanaman.

Semua itu mungkin dapat membantu mengalihkan perhatian kita dari pikiran-pikiran yang mengganggu.

2. Meditasi

Terkadang, hanya dengan mengatakan kepada otak untuk tidak overthinking justru akan membuat kita semakin khawatir.

Meditasi memungkinkan kita untuk berpikir secara bebas, dan ketika pikiran-pikiran itu muncul ke permukaan, kita belajar untuk mengakuinya.

Kemudian, kita membiarkannya pergi dari pikiran kita tanpa harus terlalu fokus pada pikiran tersebut.

Meditasi yang mindful juga dapat meringankan stres psikologis dan meningkatkan kesejahteraan mental kita, menjernihkan pikiran dan membatasi gangguan pikiran.


3. Membuat jurnal

Membuat atau menulis jurnal dapat membantu mengurangi pikiran-pikiran yang mengganggu.

Bahkan, penelitian menunjukkan, peserta yang menulis jurnal tentang peristiwa negatif mereka memiliki lebih sedikit pikiran yang mengganggu dan menunjukkan peningkatan yang cukup besar dalam memori kerja.

Di samping itu, membuat jurnal juga dapat membantu kita mengenali pikiran negatif otomatis, yang merupakan pikiran spontan yang biasanya melibatkan kemarahan.

Mengidentifikasi pola-pola ini dapat membantu kita mengetahui apa yang membuat kita merasa lebih baik dan mengurangi kekhawatiran.

4. Mengambil tindakan yang nyata

Overthinking adalah kondisi di mana kita terlalu banyak berpikir tentang suatu situasi karena kita belum mengambil tindakan apa pun untuk memperbaikinya.

Pikiran yang sama memenuhi pikiran kita berulang kali karena tidak ada keputusan konkret yang dibuat.

Kurangi dampaknya terhadap kesehatan mental dan mulailah mengambil keputusan untuk keluar dari zona nyaman.

5. Menerima ketakutan

Beberapa hal mungkin tampak sulit karena kita takut melakukannya. Ketakutan ini akan membuat kita overthinking tentang apa yang akan terjadi jika kita menghadapinya.

Ketakutan-ketakutan ini akan terus muncul setiap kali kita harus melakukan sesuatu yang mirip, dan setiap kali itu pula, kita akan merasa khawatir secara berlebihan dan memengaruhi kesehatan mental kita.

Meskipun menerima ketakutan bukanlah hal yang mudah, namun memecahnya menjadi peluang-peluang kecil dapat membantu kita untuk lebih mudah mengendalikannya.

Berbicara di depan umum bisa jadi menakutkan, namun dengan berbicara dalam rapat tim yang lebih kecil akan membuat kita lebih nyaman untuk berbicara di depan banyak orang di kemudian hari.

6. Mencari bantuan profesional

Jika kita mendapati diri terlalu overthinking dalam jangka waktu yang lama, mungkin merupakan pilihan yang baik untuk mencari bantuan profesional.

Hal ini dapat berarti ada gangguan mental lain yang mendasarinya, seperti mengalami stres atau gangguan kecemasan.

Terapis yang berkualifikasi mungkin dapat membantu kita mengelola pikiran-pikiran yang mengganggu tersebut.

Ini juga akan membantu kita mengembangkan alat baru untuk mengatasi kekhawatiran, dan bahkan bekerja sama dengan kita untuk membantu kita sembuh dari trauma masa lalu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/10/24/191708920/6-cara-berhenti-overthinking-demi-kesehatan-mental

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke