Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Mudah Membedakan Sepatu KW dan Original

KOMPAS.com - Membedakan sepatu kw (kualitas kw atau tiruan) dan sepatu original bisa menjadi satu hal yang menyulitkan bagi orang awam.

Apalagi kehadiran sepatu palsu saat ini sudah semakin merajalela bahkan tak cuma terjadi pada merek luar negeri, brand lokal pun turut kena imbasnya.

Jika ditelaah lebih lanjut, barang yang ditirukan bukan cuma sepatu, tetapi berbagai apparels dan item fesyen lainnya pun sering kita temui di toko offline dan juga online.

Menurut Reynard Gozali, seorang sneaker enthusiast dan founder Boomboom.id, ada banyak faktor yang membuat sepatu kw marak di mana-mana.

"Pembeli sekaligus penikmat barang kw itu juga terbilang masih banyak, sebagian orang ada yang berpikir kalau beli barang kw, ngapain kita beli yang asli? Apalagi harganya lebih mahal," kata Reynard dalam keterangan persnya kepada Kompas.com.

Kemudian produsen sepatu tiruan seringkali mencoba meniru desain dan merek sepatu dengan sangat baik ditambah harga miring.

Hal-hal seperti itu yang sayangnya semakin membuat sepatu kw seolah lebih mudah diterima dan pasarnya melebar.

"Padahal terlihat jelas perbadaan barang asli dengan palsu sangat berbeda jauh dari segi material," tambahnya.

Meski pun banyak sepatu kw di pasaran, membeli sepatu palsu sama saja mendukung praktik bisnis ilegal.

Penting untuk diingat, membeli apa pun yang tidak original bisa membuat kita mendapatkan kualitas barang yang buruk hingga tidak ada dukungan konsumen yang sesuai.

Begitu pun sebaliknya, kata Reynard, jika kita sepatu original, secara langsung kita bisa mendukung produk lokal atau perusahaan untuk menyuguhkan kualitas terbaik.

Karena itu, berikut beberapa tips yang bisa dicoba saat membedakan antara sepatu kw dan original.

1. Perbedaan harga yang jomplang

Perbedaan harga sering menjadi indikator pertama yang dapat dicurigai. Jika harga terlalu murah untuk model atau merek tertentu, kemungkinan besar itu adalah sepatu kw.

Sepatu asli biasanya memiliki harga yang berimbang jika dibandingkan dengan toko sebelah.

Tapi melihat harga saat ini pun perlu lebih jeli. Penjual "nakal" tidak jarang memasang harga bersaing sehingga tidak jauh berbeda dengan sepatu original.

"Harga sepatu kw sekarang bisa di bilang cukup mahal dan hanya beda beberapa ratus ribu dengan yang asli-nya," lanjutnya.

Meski begitu, harga sepatu kw yang mirip-mirip aslinya itu seringkali diberi label "ori reject pabrik".

Kita sebagai pembeli harus lebih jeli memerhatikan beberapa faktor tersebut terkait dengan harganya.

2. Kualitas materialnya

Sepatu asli biasanya dibuat dengan material berkualitas dan terasa nyaman saat digunakan. Sedangkan sepatu kw lebih sering menggunakan bahan ala kadarnya. 

"Mungkin untuk orang awam tentang sepatu akan terlihat sulit karena mereka hanya melihat dengan apa yang mereka ketahui saja,"

"Berbeda dengan orang yang memang menyukai sepatu mereka pasti akan melihat dari segi jahitan, detail, material, logo, dan perbedaan-perbedaan yang berbeda dari barang asli dengan barang yang kw," tambah Reynard.

Untuk menyiasati hal ini, kita dapat riset lebih lanjut mengenai produk sepatu yang hendak dibeli untuk bisa melihatnya lebih detail dan memudahkan kita dalam membedakannya.

3. Periksa lagi desainnya

Terkadang, memerhatikan detail yang terlihat di logo, desain, warna hingga cetakannya dapat membantu kita saat membedakan antara sepatu ori dan kw.

Untuk membandingkannya, coba amati situs website resmi dari merek sepatunya, pastikan setiap detailnya sesuai seperti yang kita lihat atau sentuh. 

4. Cek nomor seri

Beberapa merek sneakers biasanya menyantumkan nomor seri atau UPC (universal product code) yang tertera pada bagian lidah atau bagian tertentu.

Jika ada waktu lebih coba cek dulu nomor seri itu, biasanya nomor seri yang tertera akan sama dengan box atau kardusnya. Kemudian cek lagi di situs website resmi dari merek yang akan dibeli.

5. Pilih toko yang terpercaya

Tempat kita saat membeli sepatu juga tak kalah penting. Tips ini juga merujuk untuk melihat reputasi penjual. 

Lebih baik beli dari toko resmi atau toko yang terpercaya merupakan salah satu cara terbaik untuk memastikan keaslian produk sebelum membeli sepatu.

"Bila perlu pilih toko yang menawarkan jaminan uang kembali jika terbukti sepatu yang dibeli itu kw," tutup Reynard.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/11/17/181906120/5-cara-mudah-membedakan-sepatu-kw-dan-original

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke