Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Minuman Terbaik Perkuat Imun agar Tidak Gampang Sakit

Di musim-musim seperti inilah kita rentan terkena penyakit, sehingga kita harus menjaga imunitas atau kekebalan tubuh dengan baik.

Sistem imun merupakan pertahanan alami tubuh yang terdiri dari sel, jaringan, dan organ yang membantu melindungi tubuh dari bakteri, virus, jamur, dan zat-zat berbahaya lainnya.

Selain itu, sistem imun juga menyediakan penghalang untuk membantu kita melawan penyakit.

Dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi asupan makanan dan minuman bernutrisi, serta tidur yang cukup, maka itu dapat meningkatkan sistem imun kita.

Minuman terbaik perkuat sistem imun

Beberapa minuman juga diketahui dapat secara alami meningkatkan imun tubuh kita agar terhindar dari penyakit.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak daftar minuman penambah imun, seperti dilansir dari laman Eat This Not That berikut ini.

1. Air putih

Karena tubuh kita terdiri dari sekitar 60-70 persen air, dan setiap fungsi tubuh membutuhkan air, maka minum air putih dalam jumlah yang cukup merupakan langkah awal yang baik untuk menjaga sistem imun tetap berfungsi.

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, hal ini dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri dan virus.

Itulah mengapa sangat penting untuk memastikan kita minum air dalam jumlah yang optimal untuk kebutuhan tubuh setiap hari.

Aturan praktis yang baik untuk menentukan berapa banyak air yang harus diminum adalah setengah dari berat badan. Jika berat badan kita 68 kg, maka kebutuhan air yang kita minum adalah sekitar 2,2 liter per hari.

Ada pun air putih dapat mendukung sistem imun dengan membantu penyerapan nutrisi dan menjaga selaput lendir di hidung, mulut, maupun tenggorokan yang sering kali menjadi garis pertahanan pertama melawan patogen dan penghalang alami terhadap infeksi.

Air juga merupakan komponen penting dari cairan limfatik, yang menyalurkan sel darah putih yang membantu melawan infeksi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Medical Hypotheses melaporkan bahwa individu yang tercatat mengalami dehidrasi sebelum tertular Covid-19 memiliki risiko lebih tinggi untuk meninggal akibat penyakit tersebut.

Para peneliti kemudian merekomendasikan agar orang-orang minum lebih banyak air untuk membantu mencegah dan mendapatkan hasil yang lebih baik dalam memerangi Covid-19.

2. Teh hijau

Teh hijau adalah minuman lain yang bagus untuk dinikmati untuk meningkatkan pertahanan alami tubuh.

Teh hijau kaya akan flavonoid polifenol yang memberikan banyak sekali manfaat kesehatan, mulai dari mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker tertentu hingga mengatasi peradangan sistemik.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Molecules, teh hijau memperkuat kekebalan tubuh melalui antioksidannya yang membantu melindungi sel dari oksidasi dan spesies oksigen reaktif.

Teh hijau dianggap dapat melindungi dari penyakit dan infeksi melalui kapasitas antioksidannya, serta banyak jalur lain yang diusulkan.

Selain itu, teh hijau juga bebas kalori dan memiliki sejarah panjang untuk dinikmati karena berbagai manfaatnya yang meningkatkan kesehatan.

3. Kefir

Kefir adalah minuman fermentasi seperti yogurt yang dibuat dari berbagai jenis susu, seperti sapi hingga kambing.

Seperti halnya yogurt, kefir kaya akan berbagai probiotik bermanfaat yang membantu menjaga keseimbangan mikrobiota saluran pencernaan kita.

Bakteri menguntungkan utama kefir adalah Lactobacillus kefiri, sedangkan probiotik utama yogurt tradisional adalah Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus.

Sebuah ulasan yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients melaporkan bahwa kefir memberikan antioksidan, antimikroba, antiinflamasi, penyembuhan luka, dan banyak manfaat kesehatan lainnya.

4. Teh jahe lemon

Baik kita membuat sendiri atau membeli merek teh jahe lemon di supermarket, teh herbal ini merupakan pilihan tepat untuk membantu menjaga kekebalan tubuh.

Teh ini dibuat dengan menggabungkan parutan jahe segar dan jus lemon dalam air panas.

Teh jahe lemon kaya akan vitamin C, antioksidan yang dikenal untuk membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Antioxidants, vitamin C juga memberikan sifat anti-inflamasi dan membantu menurunkan respons kekebalan tubuh yang negatif.

Di samping itu, jahe memiliki lebih dari 100 senyawa bioaktif yang membantu menangkis rasa mual, mengurangi risiko kanker tertentu, meningkatkan lipid darah, mengurangi peradangan, dan banyak lagi.

5. Jus jeruk asli

Jus jeruk sering dipromosikan sebagai minuman pilihan jika kita mencoba melawan virus pilek atau flu, dan ada dukungan ilmiah yang signifikan untuk meminum jus jeruk untuk meningkatkan sistem imun.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Frontiers in Immunology, vitamin C dan folat dalam jus jeruk menjaga integritas penghalang kekebalan tubuh dan melindungi berbagai jenis sel kekebalan tubuh, termasuk sel pembunuh alami dan sel-T.

Terlebih lagi, senyawa bioaktif dalam jeruk memiliki efek antiinflamasi untuk mendukung kekebalan tubuh.

Tapi, pastikan saat membeli jus jeruk benar-benar 100 persen dari buah asli, karena itu diperkaya dengan vitamin A, C, dan, D serta folat yang penting untuk kekebalan tubuh yang sehat.

6. Jus tomat

Seperti buah jeruk, tomat kaya akan vitamin C serta likopen, karotenoid antioksidan bermanfaat yang memiliki banyak khasiat yang meningkatkan kesehatan dan dikenal untuk membantu mengurangi peradangan sistemik.

Sup tomat sering direkomendasikan saat kita terserang flu atau pilek karena kandungan vitamin C-nya.

Tetapi, jus tomat yang menyegarkan juga memberikan jumlah vitamin C yang sama.

Minum jus tomat tanpa tambahan gula bisa memberikan kita hampir 100 persen vitamin C yang dibutuhkan dalam sehari. Untuk menjaga kadar natrium, carilah jus tomat yang lebih rendah natrium.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/11/18/195250220/6-minuman-terbaik-perkuat-imun-agar-tidak-gampang-sakit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke