Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Memahami Warna Noise dan Manfaatnya bagi Tubuh serta Pikiran

KOMPAS.com - Tahukah kamu bahwa ‘noise’ atau kebisingan dapat berfungsi sebagai bentuk penyembuhan yang ampuh?

Meski terkadang mengganggu, suara tertentu yang dalam bidang multimedia biasa dikenal sebagai ‘noise’, bisa menawarkan berbagai manfaat, meningkatkan fokus, tidur, dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Setiap noise memiliki warna yang berbeda tergantung dari energi dan frekuensinya. Dan noise inilah yang bertindak sebagai pengalih dari suara-suara mengganggu lainnya sehingga berpotensi meningkatkan kualitas tidur dan meminimalkan gangguan.

Untuk mengetahui lebih jauh, mari kita simak pemaparan jenis warna noise dan wawasan tentang manfaatnya.

Terapi colored-sound

Terapi suara atau colored-sound therapy adalah pendekatan penyembuhan holistik yang melibatkan berbagai frekuensi suara untuk meningkatkan kesejahteraan fisik, emosional, dan spiritual.

Menurut Barbara Shinn-Cunningham, direktur Neuroscience Institute di Universitas Carnegie Mellon, suara-suara ini memiliki kualitas tertentu --bisa membosankan, bisa menenangkan-- bagi otak sehingga akan membuat suara-suara lain kurang terdengar.

Bila digunakan saat tidur, colored-sound atau suara berwarna dapat menutupi keributan yang mengganggu sehingga seseorang bisa istirahat lebih tenang.

Jenis-jenis ‘colored-noise’

White noise

Merupakan gabungan semua noise, white noise atau broadband noise terdengar dalam bentuk suara TV statis, ruang hampa, atau pengering rambut.

Mendengar white noise seperti mendengar semua suara yang berbeda sekaligus dan hal ini sangat bagus untuk memblokir suara yang tidak diinginkan seperti suara pertengkaran atau telepon berdering tanpa henti di sekitarmu.

Manfaat:

· Membantu tidur lebih nyenyak

Menurut penelitian, selama berabad-abad white noise telah membantu orang tertidur karena menghalangi suara apa pun. Bagi mereka yang menderita insomnia atau ADHD, white noise memberikan manfaat yang bagus.

· Menenangkan bayi

Rupanya, suara yang dihasilkan bayi di dalam rahim sangat mirip dengan suara yang dihasilkan mesin white sound itulah mengapa white noise telah terbukti mengurangi tangisan bayi serta mengurangi rasa sakit selama vaksinasi bayi.

· Mengobati tinitus (telinga berdenging)

Alat-alat white noise yang sering kali menghasilkan suara statis atau suara lingkungan seperti suara hujan atau gelombang laut, merupakan pengobatan yang efektif untuk tinitus.

Pink noise

Berbeda dengan white noise, pink noise terdengar lebih dalam dan lebih hangat daripada white noise. Suara ini adalah campuran frekuensi tinggi dan rendah yang serupa dengan suara gerimis, gemerisik dedaunan, atau detak jantung yang stabil.

Pink noise yang lebih dalam ini dapat membantu kita untuk rileks dan mengurangi stres dengan kemampuan pemblokiran suara, menghilangkan semua suara menggelegar yang dapat membangunkan kita dari tidur atau keadaan meditasi.

Manfaat:

· Meningkatkan produktivitas dan fokus

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di National Library of Medicine, para ahli berpendapat gelombang pink noise dapat memicu bagian otak yang disebut hipotalamus untuk mentransfer pesan ke dan dari otak lebih cepat sehingga membantu berfungsi lebih efektif

· Meningkatkan fungsi mental

Pink noise juga berhubungan langsung dengan penilaian dan kecepatan yang lebih baik dalam tes kinerja mental serta peningkatan efisiensi kerja, membantu meningkatkan retensi memori pada orang tua.

· Kualitas tidur yang lebih baik

Dengan mengurangi suara-suara yang tidak diinginkan seperti suara bantingan pintu, klakson mobil, dengkuran seseorang, dan banyak lagi, pink noise dapat membantu kita tertidur lebih cepat dan tertidur lelap lebih lama.

Brown/ red noise

Versi lebih dalam dari pink noise adalah brown/ red noise yang terdiri dari nada bass frekuensi rendah. Dengan suaranya yang dalam dan mantap, suara ini memberikan kepadatan yang jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan pink noise.

Bayangkan frekuensi menderu seperti guntur di kejauhan atau air terjun, itulah brown/ red noise.

Manfaat:

· Meningkatkan konsentrasi

Menurut sebuah penelitian di Applied Acoustics edisi tahun 2017, brown/ red noise mengurangi suara yang menghambat konsentrasi pekerja di kantor terbuka.

· Berguna untuk tidur nyenyak

Dengan kemampuannya meminimalkan rangsangan kebisingan eksternal di otak kita, brown/ red noise sangat membantu bagi penduduk kota yang tidak bisa tidur di tengah kekacauan di malam hari.

Green noise

Meskipun bukan warna resmi, green noise merupakan suara menyegarkan yang mewakili suasana alam dan dikenal sebagai salah satu suara paling menenangkan yang membantu dalam sesi tidur.

Untuk mendapatkan gambaran tentang suaranya, bayangkanlah hutan yang tenang atau suara riak lembut sungai. Menenangkan bukan?

Manfaat:

· Efek menenangkan

Green noise dapat memberikan efek menenangkan yang berpusat pada sistem saraf. Bagi seseorang yang dilanda pikiran tak terkontrol atau kecemasan di malam hari, green noise benar-benar bisa menenangkan suara di kepala.

Blue/ purple noise

Blue/ purple sounds memancarkan frekuensi sangat tinggi yang bisa sangat mengganggu, jadi kita mungkin tidak bisa (atau tidak boleh) menggunakannya di rumah.

Namun, ini tetap merupakan noise yang vital yang sering digunakan oleh teknisi audio untuk ‘dithering’ –sebuah proses di mana mereka dengan sengaja menambahkan noise ke dalam produksi (seperti remix lagu) untuk menghaluskan rekaman suara.

Cara terbaik untuk mendeskripsikan blue noise adalah suara desisan selang taman.

Manfaat: Bagi kamu yang kesulitan mendengar suara bernada tinggi, penggunaan blue noise dapat bermanfaat karena diketahui dapat menutupi atau meredam suara eksternal yang lebih keras sehingga membantu meminimalkan dampak suara mengganggu dari sekitar.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/11/22/085527520/memahami-warna-noise-dan-manfaatnya-bagi-tubuh-serta-pikiran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke